Desember 01, 2022

Pengaruh Hak Cipta Pada Keberlangsungan Bisnis


Abstrak

Adanya hak cipta atau hak kekayaan intelektual sangat penting bagi eksistensi sebuah bisnis, hak cipta bagi sebuah senjata pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Hak cipta akan memengaruhi semua aktivitas perusahaan dalam mencari profit. Bisnis yang baik adalah bisnis yang mengelola proses pendaftar hak cipta hingga proses penjagaan dan penggunaan hak cipta. Semua orang harus memahami arti penting hak cipta dan dampaknya, pemahaman ini harus dimiliki semua orang tidak hanya pebisnis saja.

Kata Kunci : hak cipta, hak cipta dalam bisnis


Pendahuluan

Perkembangan IPTEK selalu menciptakan terobosan, ide-ide, serta karya baru dalam memajukan kehidupan manusia. Dewasa ini, merambaknya bisnis start up di Indonesia menjadi semakin popular akhir-akhir ini. dengan banyaknya bermunculan bisnis baru ini, maka pengetahuan dan pemahaman mengenai hak kekayaan intelektual atau hak cipta sangat diperlukan bagi para pebisnis. Dengan adanya hak cipta ini, para wirausahawan bisa memproduksi karya cipta pada barang dan jasa tanpa mesti merugikan atau dirugikan oleh orang lain. Adanya hak cipta sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan suatu bisnis yang dijalankan, hak cipta dapat melindungi produk perusahaan secara hukum.


Pembahasan

  • Hak cipta atau Kekayaan Intelektual

Hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) didefinisikan sebagai hak yang timbul dari hasil pemikiran seseorang yang pada akhirnya mampu menghasilkan produk atau manfaat lain yang berguna dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Dapat dipersempit lagi, HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari adanya suatu kreativitas Intelektual manusia.

  • Ruang Lingkup Hak Cipta Terhadap Suatu Bisnis

Terdapat 2 ruang lingkup dalam eksistensi perlindungan hak cipta, di antaranya adalah ruang lingkup ekonomi atau hak ekonomi di mana di dalamnya berkaitan erat dengan dampak langsung kondisi ekonomi perusahaan seperti hak distribusi, hak penyiaran, hak pinjaman masyarakat, hak pengadaan serta hak pertunjukan. Ruang lingkup yang ke-2 mencakup ha katas ciptaan yang mana hal ini menjurus langsung ke subjek ciptaannya seperti: pemrograman computer, fotografi, database, dan buku. Semua hak cipta yang ada dilandaskan dan dilindungi oleh hukum. Hak cipta dimiliki oleh para pencipta yang mendaftarkan hasil karyanya, di mana pemilik hak cipta akan memiliki hak eksklusif untuk mempublikasikan dan memperbanyak hasil ciptanya. Selain memberikan keuntungan eksklusif untuk memperbanyak hasil ciptanya dari sang pemilik hak cipta, adanya hak cipta sangat berdampak besar bagi perusahaan untuk melindungi produknya jadi adanya plagiarisme seperti adanya hak paten dan hak merek.

  • Bisnis dan Analisisnya

Bisnis secara umum dapat didefinisikan sebagai kegiatan komersial yang melibatkan produsen dan konsumen yang dilakukan secara berkelanjutan di mana di dalamnya bertujuan mendapatkan profit keuntungan baik secara material maupun immaterial. Untuk memulai suatu bisnis dilakukan analisis peluang melalui pengamatan secara mendalam dan komperhensif terhadap adanya kemungkinan-kemungkinan yang dapat diwujudkan untuk bertahan lama. Keberhasilan suatu bisnis tergantung pada kemampuan dalam mengamati dan analisis prospek kerja bisnis ke depannya. Hasil dari analisis peluang akan dijadikan bahan acuan untuk mengolah dan membawa bisnis ke arah yang lebih stabil dan meningkat. Prospek bisnis dikatakan sebagai gambaran kecenderungan bisnis berdasarkan potensi untuk keberlanjutan dan ke suksesan bisnis di masa depan.


Daftar Pustaka

Priambada, A. (2015). Arti Hak Kekayaan Intelektual Bagi Startup dan Usaha Kecil Menengah. Diakses pada 19 November 2022 pukul 02.04 dari https://dailysocial.id/amp/post/hki-startup-ukm

Trial. (2021). Definisi dan Panduan Lengkap Tentang HAKI. Diakses pada 19 November 2022 pukul 14:35 dari https://izin.co.id/indonesia-business-tips/2021/01/22/haki-adalah/amp/Zulfikarijah, F. (2019). Analisis Prospek Bisnis. 

Universitas Muhammadiyah Malang (2019) Diakses pada 19 November 2022 pukul 15:02 dari https://izin.co.id/indonesia-business-tips/2021/01/22/haki-adalah/amp/

Adminlp2m. (2021). Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) :Pengertian dan Jenisnya. Diakses pada 19 November 2022 pukul 15:05 dari https://lp2m.uma.ac.id/2021/11/25/hak-atas-kekayaan-intelektual-haki-pengertian-dan-jenisnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.