Maret 14, 2023

AWAL MULA JIKA INGIN SUKSES DALAM BERBISNIS

 




Oleh: Mesha Rani Azzahra (@AB13-Mesha)



Dalam arti luas, konsep bisnis adalah sebuah istilah umum yang mengambarkan semua kegiatan dan Lembaga yang menghasilkan barang dan jasa kehidupan sehari-hari. Bisnis merupakan sekumpulan usaha yang dijalankan oleh individu atau kelompok dengan menawarkan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis tidak dapat dipisahkan dari kegiatan memproduksi, membeli, menjual atau menukar barang atau jasa, melibatkan orang dan perusahaan. Kegiatan dalam bisnis pada umumnya menghasilkan keuntungan untuk bertahan hidup dan mengumpulkan cukup sarana untuk melakukan kegiatan pelaku atau bisnisman. 


Secara umum, bisnis adalah aktivitas apapun yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang berorganisasi untuk menghasilkan keunutungan dengan menawarkan produk yang dibutukan oleh masyarakat. Penelitian yang dilakukan oleh George W. England, terhadap pimpinan perusahaan di AS mengungkap bahwa, dari 1072 pemimpin perusahaan yang diteliti, memiliki tujuan bisnis yaitu

- Menghasilkan keuntungan ( Profitability )

- Menghasilkan produk dengan kualitas atau jumlah tertentu ( Productivity )

- Tumbuh dan berkembang ( Growth )

- Membuka peluang lapangan kerjan ( Employee )

- Memenuhi kebutuhan masyarakat ( Community interest )

Untuk mempertimbangkan beberapa tujuan diatas, kemampuan seorang pengusaha untuk menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan pasar sangatlah penting. Setiap ingin berbisnis pastinya anda ingin meraih kesuksesan, Kesuksesan  adalah  keinginan   semua  orang. Salah satu cara  banyak  orang  mencapai   ini  adalah dengan memulai bisnis.  Ide  menjadi pengusaha  sedang   trending  di  segala   bidang,   terutama   di  kalangan  anak  muda. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang  berhasil  menjadi pengusaha  sejak  usia muda. Hal ini  tidak  mengherankan  karena banyak orang  merasa lelah dan terbatas  hanya  karena   mereka   adalah   karyawan.   Menjalankan  bisnis  yang  sukses  tidak selalu  mulus.   Membutuhkan   beberapa   keterampilan   dan   langkah-langkah   yang  diperlukan  untuk   melakukannya  dengan benar. Bahkan ada  anggapan  bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Scott Gerber memiliki 6 cara menjadi suskes memulai bisnis untuk pemula, yaitu :

- Fokus pada satu peluang bisnis

Dengan  berkembangnya dunia maya,  segala   sesuatu   seakan  menjadi peluang bisnis. Dengan begitu  banyak  peluang  untuk   diraih,   bisa   jadi   membingungkan   saat  memilih  mana  yang akan  tumbuh.   Sebaliknya,   begitu  banyak orang yang  mencoba  mengembangkan banyak  kemungkinan   pada   saat  yang bersamaan.


- Lakukan hal yang disukai

Ketika   Anda  melakukan  apa yang  Anda   sukai,   lakukanlah  dengan sepenuh hati.  Tidak   dipaksakan   dan  bisa  dimaksimalkan.   Melakukan   segala   sesuatu  dengan sepenuh hati akan  memberikan  hasil yang  terbaik.   Karena   ini  banyak  pekerjaan  yang tidak umum  hari  ini.  Tetapi   jika   Anda   ingin  menjadi  seorang  pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena  menghasilkan   keuntungan   besar   atau  terlihat  keren  atau  Anda   diberitahu.   Memulai   bisnis   berdasarkan   hobi   biasanya   merupakan  hal yang  baik.  Jika  memasak   adalah  hobi  Anda,   Anda  bisa mulai menjual masakan anda  Maka  hobi  Anda   akan  terpuaskan dan  impian   wirausaha   Anda   akan   terwujud.


- Kuasai segalanya tentan bisnis yang akan anda buat

Saat   mendirikan   perusahaan,   investor  jarang  berani  menginvestasikan   uang   di   dalamnya.  Namun  peluang   ini  bisa  muncul   kapan   saja,   sehingga   pelaku   bisnis  harus  fasih   dalam   segala   hal  dan selalu siap  menjelaskannya   sejelas   mungkin.   Dengan   cara   ini,   investor  dapat  ditipu   untuk   percaya  bahwa  mereka  menaruh  uang   mereka  di tangan yang  tepat.   Andalah yang paling tahu  bisnis ini.


- Selalu mau belajar dari orang lain

Setiap memiliki kelebihan dan  kekurangan.  Tidak ada  yang  tahu   segalanya,   jadi  terbuka  terhadap   pendapat   dan  pemikiran orang  lain   sangatlah   penting.   Berbicara  dengan orang  lain—mentor,   teman,   orang   sukses   lainnya—dapat   membantu   Anda   mempelajari   pelajaran   dari   apa   yang   telah   mereka   lakukan.   Pilih  mentor, teman, atau orang sukses  sebagai   penasihat   Anda   dan   diskusikan  apa yang  diperlukan  untuk menjadi  sukses.


- Hiduplah dengan sederhan

Lupakan  indahnya  menjadi pengusaha. Mobil mewah,  makanan  mewah, rumah besar,  apa   pun  yang  Anda   kaitkan   dengan  kemewahan. Hiduplah dengan  gagasan  bahwa  Anda  adalah  seorang  pemula  dan   Anda  membutuhkan uang untuk  berhasil.   Maka   Anda  akan lebih menikmati proses  kesuksesan  dan  semua  yang  Anda  impikan  akan  terwujud  pada  waktu   yang   tepat


- Belajar dari kegagalan

Tidak  ada  sesuatu   pun  di dunia  ini   yang   aman.   Hal   yang   sama   berlaku   di  dunia bisnis. Ada  dua   keputusan  dalam hidup kita yang menentukan  kesuksesan   kita.  Jika  Anda  ingin  sukses,   Anda  harus  bersedia  menghadapi kegagalan. Karena tidak semua yang kamu rencanakan  akan  selalu berjalan  sesuai  rencana.   Kegagalan  harus terjadi  justru  untuk  mengajari   Anda  dan mempersiapkan  Anda  menjadi orang yang sukses  di   kemudian   hari



Jenis-Jenis Bisnis

Ada banyak jenis bisnis dan sebagai hasilnya, bisnis dapat dikelompokan dengan berbagai cara. Salah satu dari banyak metode yang dapat anda gunakan adalah mengekelompokan perusahaan berdasarkan aktivitas menguntungkan mereka. Contoh jenis bisnis yaitu,

- Perusahaan Keuangan

- Bisnis Informal

- Bisnis Real Estat

- Perusahaan angkutan

- E-commerce

- Pertanian 

- Perusahaan Industri

- Perdagangan

- Bidang jasa

- Pertambangan

- Usahan pariwisata



Manfaat Bisnis

Pasti ada beberapa manfaat memiliki bisnis yang didirikan oleh individu atau perkelompok, yaitu :

- Menjadi pemimpin 

Dengan menciptakan dan berkembang, kita bisa menjadi pemimpin. Aapalagi jika perusahaan yang kita dirikan milik sendiri dan bukan milik kelompok. Sebagai pimpinan, bisa berpolitik sesuka hati. Namun arah itu akan lebih baik diberikan melalui keputusan Bersama para karyawan perusahaan. Dalam hal itu, komunikasi antar karyawan dan manajer dapat berkembang dengan baik. 


- Mengelola waktu dengan baik

Berikut dari menjalankan bisnis adalah menjalankannya dengan baik, yang artinya kita bisa memutuskan kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat. Namun, masalah seperti itu lebih sering terjadi pada perusahaan yang didirikan oleh individu daripada kelompok. Jika perusahaan anda terdiri dari beberapa kelompok, sebaiknya koordinasikan waktu dengan anggota grup.


- Meningkatkan rasa percaya diri

Membangun rasa percaya diri sangatlah penting dalam kehidupan. Pada dasarnya, ada banyak cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya adalah dengan memulai sebuah perusahaan. Berdagang dapat meningkatkan kepercayaan diri anda karena anda yakin produk dapat dijual dipasar dalam bentuk barang atau jasa. Semakin percaya diri anda, semakin banyak ide pengembangan bisnis yang akan dimiliki. Oleh karena itu, keuntungan perusahaan harus dimaksimalkan sebaik mungkin.


- Menerima imbalan

Seseorang yang berbisnis secara kelompok atau perorangan dapat menerima keuntungan dalam bentuk hadiah. Penghargaan dapat diberikan kepada perusahaan atau perorangan. Semakin banyak penghargaan yang dimenangkan individu, semakin besar kepercayaan konsumen terhadap perusahaan atau individu tersebut.


- Mendorong Berwirausaha

Kewiraushaan sangat penting dalam membangun dan mengembangkan usaha. Tanpa jiwa kewirausahaan, membangun bisnis sangatlah sulit. Kita perlu membangun perusahaan sekarang karena kita dapat menciptakan lapangan kerja.



- Memperoleh pengalaman dan pemahaman

Manfaat akhir memulai bisnis adalah mendapatkan pengalaman hidup yang anda miliki, semakin banyak solusi yang dapat anda temukan untuk menyelesaikan masalah. Demikian pula, ketika memulai sebuah perusahaan, semakin banyak pengalaman yang anda miliki sebagai pengusaha, semakin mudah bagi anda untuk menyelesaikan masalah kewirausahaan.





Kelebihan  dan Kekurangan  Bisnis

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan sebagai pekerja, kelebihannya diantara lain :

- Memeroleh keuntungan yang lebih besar

- Memaksimalkan potensi dalam diri

- Mengatur segalanya sendiri

Kekurangannya antara lain:

- Persaingan yang ketat

- Kondisi pasar yang tidak menentu

- Harus serba bisa





Daftar Pustaka


(2021). Strategi Mengenali Potensi Usaha Pelaku Usaha.

M. Fuad, C. H. (2000). Pengantar Bisnis.

Rahmadi, N. (2020). 10 Cara Sukses Memulai Bisnis Untuk Pemula.

Ristika, A. (2022). Inspirasi Bisnis. Kerja atau usaha? Simak Kelebihan dan kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar