Maret 13, 2023

KUNCI KESUKSESAN DAN KEUNTUNGAN BERBISNIS DI ERA DIGITAL

Nurul Qolbi

44222010074

@AA13-Nurul


KUNCI KESUKSESAN DAN KEUNTUNGAN BERBISNIS DI ERA DIGITAL

 

 

Pendahuluan.

 




Bisnis menurut kasmir dan jafar , merupakan sebuah usaha yang di jalankan dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan.

Pada saat ini di ketahui Indonesia bahwa di dominasi digitalization dari bisnis ofline ke online. Banyak perusahaan yang suka dalam bisnis digital , dan sukses melakukan penjualan melalui bisnis digital. Banyak yang memanfaatkan media sosial sebagai pusat pemasaran,apalagi pada zaman teknologi canggih saat ini khalangan muda banyak yang menggunakan sosial media bahkan hamper setiap jam mereka memainkan sosial media mereka.

Manfaat teknologi informasi banyak sekali yang sudah dinikmati seperti dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan yang dapat membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya dan tentunya meningkatkan kualitas hidupnya.



 

Esensinya adalah penerapan teknologi informasi akan memudahkan dan memfasilitasi perkembangan bisnis sehingga pengadaan sarana pendukung teknologi informasi menjadi tantangan bagi para pelaku usaha. Salah satu pemanfaatannya, yaitu dalam dunia perdagangan.

Pada saat ini yang di ketahui bahwa Indonesia sedang di terjang dengan wabah penyakit virus Covid-19 , pada dasarnnya para pembisnis banyak yang mengeluarkan kerugian akan adannya wabah covid pada perkerjannya. Dengan adannya media digital para pembisnis tidak lagi akan khawatir dengan bisnis nya, mereka memlalui bisnis online yang akhirnnya membuat bisnis mereka menguntungkan kembali menutupi kerugian pada awalnnya mereka berbisnis. Contohnnya melalui media sosial yang sukses dan mencangkup besar , banyak yang berbisnis melalui instagram,tik-tok,shoppe dan lain-lain.

Teknologi informasi saat ini dimanfaatkan untuk melakukan perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekadar perniagaan, tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan lain sebagainya.

 

Berikut keuntungan berbisnis dalam online yaitu :

1.      Pendapatan yang tidak terbatas

2.      Fleksibel

3.      Modal yang minim

4.      Jangkauan pasar lebih luas

5.      Meminimalisir biaya


Adapun dalam berbisnis online terdapat kekurangan yaitu , tidak dapat bekerja tanpa bantuan koneksi internet, barang tidak sampai ke tangan pembeli,rawan di bohongi atau di tipu.

Kunci keberhasilan usaha di era digital.

Kunci keberhasilan di era digital dalam menjalankan bisnis,pemasaran adalah salah satu langka penting yang bisa memengaruhi perkembangan bisnis. Pemasaran di perlukan untuk memperkenalkan produk dan jasa di tawarkan kepada masyarakat luas. Berbeda dengan yang dulu,di era digital ini semuannya juga harus di lakukan secara digital. Strategi bisnis di era digital yang dapat di terapkan oleh wirausaha sebagai berikut :

1.      Meningkatkan customer engagement dengan mengoptimalkan teknologi.

2.      Memahami perilaku konsumen melalui forum situs atau media sosial.

3.      Mematangkan strategi digital itu tersendiri.

4.      Membekali SDM dengan pengetahuan digital.

5.      Tidak takut mengambil resiko.

6.      Marketing melalui media sosial.

 

 

Sebenarnnya apa sih yang temen-temen harus tau apa kunci kesuksesan agar transformasi bisnis bisa berjalan dengan mulus dan efektif ? berikut 3 ulasan kunci sukses transformasi bisnis sebagai berikut :

1.      Adaptasi , adaah kunci kesusesan pertama yang harus di miliki oleh setiap pelaku usaha untuk sukses dalam transformasi bisnis adalah sikap adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Sebagaimana disampaikan oleh Charles Darwin: bukan yang terkuat, terbesar, atau terpandai, melainkan yang paling adaptif menghadapi perubahan yang akan dapat bertahan.

2.      Kolaborasi , kunci sukses kedua adalah kolaborasi bisnis adalah sikap kolaborasi. Saat ini pelaku usaha sangat disarankan untuk memilih jalan kolaborasi daripada berjuang melawan gelombang disrupsi.

3.      Berbagi , setiap pelaku usaha harus memiliki sikap untuk selalu berbagi dalam menghadapi era digital yang serba terbuka seperti saat ini. Berbagi bukan hanya soal materi, namun juga soal pengalaman dan pengetahuan. Berbagi juga bukan hanya dalam ruang lingkup media sosial, namun juga pertemuan dan tatap muka langsung.


Daftar Pustaka

 

 

https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrPrg4apA5kW1oVI1vLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9 zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1678709915/RO=10/RU=https%3a%2f%2fpustak a.ut.ac.id%2flib%2fwp-content%2fuploads%2fpdfmk%2fMKWI4203- M1.pdf/RK=2/RS=KS79AfuASeDXxoZWJlHrKbODMew-

 

https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1VTNLpA5kGFoUiyPLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEc G9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1678709963/RO=10/RU=https%3a%2f%2fww w.idntimes.com%2fbusiness%2feconomy%2fyogama-wisnu-oktyandito%2fpengertian- bisnis-menurut-para-ahli-terlengkap/RK=2/RS=IHIFD.ZJeYxU304h2omz21loDSA-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar