Maret 18, 2023

Membuat Dan Mengelola Website Sekolah Di Aplikasi MYSCH.id

 Rachma Nurfikha Dewi

 @AB26-Rachma


Membuat Dan Mengelola Website Sekolah Di Aplikasi MYSCH.id






Abstrak

            Aplikasi mysch memberikan layanan termudah untuk kantor sekolah dalam pengembangan web dan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Misi Mysch.id adalah menyediakan layanan pembuatan situs web yang andal, tercepat, dan termudah untuk sekolah profesional meskipun pengguna belum pernah memiliki pengalaman membuat situs web. Sama pentingnya bagi sekolah, website saat ini memegang peranan penting. Menurut data APJII tahun 2017, 75,6% pengguna internet di Indonesia berusia antara 13 hingga 18 tahun, yang merupakan usia sekolah. Oleh karena itu, sekolah harus selangkah lebih maju dengan menggunakan website sekolah. Manfaat pertama website bagi sekolah adalah supaya sekolah dikenal oleh masyarakat. Tahap pengenalan sekolah merupakan tahap awal dari calon murid dan orang tua mempertimbangkan keputusan memilih sekolah. Dengan keberadaan website, harapannya calon murid lebih mudah mengenal sekolah. Penggunaan website juga dinilai lebih mendekati karakter generasi sekarang, yang lebih cenderung mencari informasi dari internet. Oleh karena itu, ini merupakan peluang besar sekolah untuk ditemukan calon murid.Bagi anda yang memiliki kemampuan khusus untuk mengelola website, tentu saja tidak harus membuat website melalui layanan pembuatan website. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dari nol hingga menjadi sebuah website profesional, namun anda harus menyediakan waktu khusus, tenaga dan pikiran untuk mengerjakan itu semua di luar tugas utama anda di sekolah.

 

Pengertian

            Mysch.id adalah program layanan pembuatan website sekolah PT. Bumi Techno Indonesia. Aplikasi mysch memberikan layanan termudah untuk kantor sekolah dalam pengembangan web dan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Misi Mysch.id adalah menyediakan layanan pembuatan situs web yang andal, tercepat, dan termudah untuk sekolah profesional meskipun pengguna belum pernah memiliki pengalaman membuat situs web. 

            Seiring dengan kebutuhan zaman, khususnya di dunia pendidikan, tidak hanya jasa pembuatan website sekolah, mysch.id kini berkembang menjadi layanan sistem manajemen pembelajaran pendidikan. Tuntutan akan peran teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar terus berkembang. Apalagi di masa pandemi Covid-19, kebutuhan akan pembelajaran daring semakin meningkat. Oleh karena itu, mysch.id telah menambahkan produk dan layanan untuk memudahkan pelanggan belajar online 

Manfaat membuat website sekolah

            Sama pentingnya bagi sekolah, website saat ini memegang peranan penting. Menurut data APJII tahun 2017, 75,6% pengguna internet di Indonesia berusia antara 13 hingga 18 tahun, yang merupakan usia sekolah. Oleh karena itu, sekolah harus selangkah lebih maju dengan menggunakan website sekolah. Kelebihan website sekolah adalah :

a.     Mengenalkan sekolah kepada khalayak

Manfaat pertama website bagi sekolah adalah supaya sekolah dikenal oleh masyarakat. Tahap pengenalan sekolah merupakan tahap awal dari calon murid dan orang tua mempertimbangkan keputusan memilih sekolah. Dengan keberadaan website, harapannya calon murid lebih mudah mengenal sekolah. Penggunaan website juga dinilai lebih mendekati karakter generasi sekarang, yang lebih cenderung mencari informasi dari internet. Oleh karena itu, ini merupakan peluang besar sekolah untuk ditemukan calon murid.

b.     Sarana komunikasi dengan wali murid

Wali murid dapat melihat perkembangan berita terbaru dari sekolah tempat anaknya belajar.

Sekolah yang lebih rajin memperbarui beritanya akan lebih dipercaya di mata para wali murid. Apalagi jika jarak antara wali murid dengan sekolah anaknya cukup jauh, misalnya sekolah boarding. Penggunaan website dan sistem informasi berbasis web akan memudahkan hal itu.

c.   Sarana pendukung kegiatan belajar

Pada zaman modern ini kegiatan belajar sudah berkembang. Salah satunya adalah aktivitas jarak jauh. Selain situasi darurat seperti pandemi, pembelajaran jarak jauh diperkenalkan pada awal tahun 2010 dan diterima dengan baik. Dengan bantuan website dan sistem manajemen yang mendukungnya, sekolah mampu menyelenggarakan belajar mengajar secara daring. Unduh bahan dan perangkat pembelajaran. Dan membuat laporan hasil belajar.

d.   Mendukung kebijakan pemerintah 

Belakangan ini pemerintah menetapkan suatu kebijaksanaan bahwa sekolah wajib memiliki website sendiri, meskipun sekedar website gratis. Oleh karena itu, mysch.id membantu pihak sekolah menyediakan website sekolah yang profesional namun dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah.

  

Langkah-langkah membuat website sekolah 

1.     Tentukan nama domain 

Untuk penentuan nama domain website sekolah sebaiknya langsung saja menggunakan nama sekolah anda diiringi dengan ekstensi .sch.id. Contoh jika sekolah anda bernama SD Negeri 1 Sukamaju, maka nama domain yang disarankan adalah sdn1sukamaju.sch.id.  

2.     Pilih paket dan domain 

Setelah menentukan nama domain website sekolah, langkah berikutnya adalah memilih paket sesuai dengan budget dan kebutuhan sekolah anda. Di mysch.id ada 3 pilihan paket yang disediakan, yaitu: 

1. Free trial, bagi anda yang ingin mencoba tampilan website dan fitur-fitur umum saja. Dengan paket Free trial ini website sekolah anda akan berekstensi .mysch.id, belum bisa menggunakan ekstensi .sch.id karena harus melengkapi persyaratan tertentu dan melakukan pembelian domain tersebut. 

2. Paket basic, untuk anda yang memiliki budget terbatas namun berkeinginan memiliki website sekolah yang profesional. Mulai dari paket ini, website sekolah anda sudah berekstensi sch.id sehingga lebih mudah dikenali orang sebagai website yang berafiliasi dengan dunia pendidikan. 

3. Paket profesional, untuk anda yang sudah yakin ingin menjadikan website sekolah sebagai salah satu sarana pendukung kegiatan sekolah secara profesional. Paket ini juga memberikan anda fitur PPDB online dan Sistem Pengumuman UN Online (SIMPEN). 

3.     Mengisi data-data sekolah 

4.     Pilih tema website 

Pemilihan tema ini bisa disesuaikan dengan karakter sekolah anda. Klik pada tema yang dikehendaki, ini akan otomatis menginstal template website sekolah anda, dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Jika dirasa tema ini kurang sesuai dengan keinginan, anda tetap bisa menggantinya di bagian pengaturan setelah website sekolah anda diproses. 

5.     Lakukan order domain dan hosting

6.     Mengedit konten website sekolah

Setelah website anda diproses, maka langkah terakhir tinggal mengedit website anda dengan konten yang menggambarkan profil sekolah anda. Tambahkan sambutan kepala sekolah, dan update berita sekolah anda. Jika pada proses ini anda mengalami kesulitan, tim customer service mysch.id akan selalu siap mambantu anda.

  

Cara mengelola website sekolah 

1.     Pastikan website bisa diakses 

Hal mendasar yang harus sering dilakukan adalah memastikan bahwa website sekolah selalu dapat diakses oleh siapapun. Jika anda mengecek dengan mengetikkan url website sekolah anda pada web browser maka hasilnya hanya akan berlaku untuk diri anda sendiri. Jika website ternyata bisa dibuka oleh anda maka belum tentu bagi orang lain.  

Untuk mengetahui apakah suatu website dapat diakses oleh banyak orang, anda bisa menggunakan tool online seperti Down for Everyone or Just Me. Lalu ketikkan url website sekolah anda pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol or just me?. 

2.     Pastikan semua link aktif 

Untuk mempermudah pekerjaan pengecekan broken link, anda bisa gunakan tool online gratis seperti Free Broken Link Checker. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengetikkan url website sekolah anda pada kolom Free Check for broken links kemudian klik Find broken links. 

3.     Update Konten Blog/Artikel Secara Berkala 

Tips berikutnya agar website lebih menarik untuk dikunjungi adalah hendaknya konten blog atau artikel diupdate secara berkala, yaitu dengan membuat post berita atau artikel baru. Kiriman artikel atau berita dapat dilakukan setiap minggu atau setiap hari, akan tetapi google lebih menyukai website yang dilakukan perbaruan setiap hari untuk menunjukkan bahwa suatu website terlihat aktif. 

4.     Lakukan Pembaruan Informasi Dan Tampilan 

Terkadang bagian tertentu dari situs web sekolah yang berisi halaman statis perlu diperbarui dengan konten. Misalnya, bagian berbicara kepala sekolah tidak selalu konten statis yang berlangsung selama bertahun-tahun. Pidato kepala sekolah dapat digunakan sebagai publikasi sekolah dan siaran pers. Misalnya, pidato kepala sekolah yang diperbarui untuk memberi selamat kepada siswa yang berhasil mencapai prestasi tertentu. Bisa juga sebagai ungkapan belasungkawa kepada orang lain yang terkena musibah. Pembaruan tampilan harus dilakukan dalam waktu 3-5 tahun sebagai perombakan situs web agar terlihat lebih segar dengan tema baru. Karena jika website sering berganti tema, kemungkinan akan banyak perubahan tampilan website, sehingga akan memakan banyak waktu dan tenaga untuk memperbaikinya. 

5.      Gunakan CMS Yang Cocok Untuk Website Sekolah 

Untuk memudahkan perbaruan konten, pada umumnya pengelola website menggunakan CMS wordpress karena banyak tutorial cara menggunakannya. Namun perlu dipahami bahwa CMS wordpress tidak dibuat khusus untuk website sekolah. Sehingga untuk menerapkannya anda masih harus mengaturnya sendiri terutama jika ingin menampilkan fitur website sekolah yang profesional. 

Salah satu contoh CMS khusus website sekolah adalah CMS mysch yang terdapat fitur SIMPEN dan PPDB Online. Dengan CMS ini pengelola website dimudahkan dalam mengatur tampilan serta waktu tayang SIMPEN dan PPDB meskipun anda tidak pernah membuat website sebelumnya. Namun, penggunaan CMS ini hanya diperuntukkan bagi sekolah yang membuat website sekolah melalui layanan mysch.id.  

Bagi anda yang memiliki kemampuan khusus untuk mengelola website, tentu saja tidak harus membuat website melalui layanan pembuatan website. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dari nol hingga menjadi sebuah website profesional, namun anda harus menyediakan waktu khusus, tenaga dan pikiran untuk mengerjakan itu semua di luar tugas utama anda di sekolah.

  

DAFTAR PUSTAKA 

Mysch.id https://www.mysch.id/tentang-kami (diakses pada tanggal 18 maret 2023, pukul 20.40)

Mysch.id Manfaat Website Bagi Sekolah, Masyarakat Dan Kalangan Lainnya (mysch.id) (diakses pada tanggal 18 maret 2023, pukul 20.41)

Mysch.id https://www.mysch.id/blog/detail/58/cara-membuat-website-sekolah-profesional-langsung-jadi#C2 (diakses pada tanggal 18 maret 2023, pukul 20.42)

Mysch.id https://www.mysch.id/blog/detail/65/cara-mengelola-website-sekolah-secara-efektif-agar-betah-dikunjungi (diakses pada tanggal 18 maret 2023, pukul 20.43)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar