Maret 14, 2023

Nama: Hanifa Zelia

NIM: 46122010026

@AB20-Hanifa

KONSEP KEWIRAUSAHAAN DAN MEMAHAMI KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN


1. Pengertian kewirausahaan dan wirausaha

Tahukah anda bahwa kewirausahaan memiliki peran penting dalam memajukan ekonomi negara. Kegiatan bisnis yang diciptakan oleh wirausaha dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satunya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, dan mengurangi pengangguran. Kewirausahaan adalah suatu usaha untuk menentukan, mengembangkan, dan menggabungkan ide serta kreativitas yang dimiliki untuk membangun bisnis atau suatu usaha, sedangkan wirausahawan dianggap sebagai orang yang berwirausaha dengan tujuan meningkatkan finansial dan merencanakan sesuatu dengan ide dan inovasi baru.


Schumpeter (1939) menyatakan wirausaha adalah orang yang mampu mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi yang baru atau mengolah bahan baku. Tidak hanya itu, seorang wirausaha harus bisa menjadi orang yang teladan dan bijaksana, sehingga masyarakat dapat terinspirasi menjadi seorang wirausaha. Menjadi seorang wirausaha memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, tetapi kita bisa memulai dari hal yang paling sederhana yaitu adanya niat di dalam diri kita. Kemudian, mencari ide dan peluang. 


Oleh karena itu, untuk menjadi wirausahawan yang sukses syarat yang paling utama adalah memiliki jiwa dan kepribadian wirausaha. Inisiatif dan kepribadian dipengaruhi oleh bakat, keterampilan, atau kemampuan. Kompetensi itu sendiri didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman praktis. Seperti disebutkan di atas, wirausaha adalah orang yang memiliki semangat dan kemampuan tertentu untuk berkreasi dan berinovasi. Ini adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan yang baru dan berbeda atau kemampuan untuk menciptakan dan berinovasi. Kemampuan berkreasi dan berinovasi ini benar-benar tercermin dari kemampuan dan kemauan memulai usaha (start-up), kemampuan melakukan hal baru (creative), kemauan dan kemampuan mencari peluang (opportunity), kemampuan dan keberanian Kemampuan untuk mengambil risiko, mengembangkan ide dan mengumpulkan sumber daya.


2. Tujuan 

Berikut beberapa tujuan dari kewirausahaan, yaitu:

a. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas.

b. Tercapainya kemampuan dan stabilitas wirausaha untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

c. Mengembangkan jiwa, sikap, perilaku, dan semangat prakarsa menjadi insan yang cakap, andal, dan unggul


3. Ciri-ciri dan karakteristik wirausaha

a. Percaya diri

b. Memiliki jiwa kepemimpinan

c. Orientasi masa depan yang jelas

d. Memiliki komitmen yang tinggi

e. Berani mengambil resiko

f. Tidak takut gagal

g. Memiliki motivasi yang tinggi

h. Dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi


4. Faktor 

Ada dua faktor penting dalam berwirausaha, yaitu skill dan pola pikir kewirausahaan. Pola pikir kita dibentuk oleh sikap mental dari pendidikan, pengalaman, dan juga prasangka. Dalam memiliki pola pikir yang baik dan benar diperlukan suatu kebiasaan yang harus diasah dan dikembangkan secara terus-menerus dengan penguasaan ilmu pengetahuan yang kita miliki.


5. Mindset seorang entrepreneur

1) Mindset, seorang wirausaha dalam menjalankan usaha atau bisnisnya diperlukan suatu kerja keras dan juga etos kerja yang tinggi .

2) Hobi membaca, hal yang perlu kita pertahankan adalah dengan membaca buku sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, kita dapat memperkarya diri kita dan mengupgrade diri kita dengan baik. Hal tersebut merupakan kunci dari kesuksesan di era globalisasi ini.


6. Manfaat 

Kegiatan kewirausahaan dapat membantu meningkatkan perekonomian. Menurut Zimmerer et al. (2008), manfaat berwirausaha adalah: 

 1. Kemampuan untuk menentukan nasib sendiri Memiliki usaha atau bisnis sendiri memberikan kebebasan dan kesempatan kepada wirausahawan untuk mencapai hal-hal yang berarti bagi mereka. 

 2. Peluang untuk melakukan perubahan semakin banyak. Perusahaan yang memulai aktivitasnya karena dapat memanfaatkan peluang untuk melakukan berbagai perubahan yang mereka anggap penting. Barangkali dengan menyediakan perumahan yang sederhana, sehat dan bermanfaat serta melestarikan sumber daya alam yang terbatas dengan memperkenalkan daur ulang limbah, perusahaan kini menemukan cara untuk memadukan keprihatinan mereka tentang berbagai masalah ekonomi dan sosial dengan harapan mereka akan kehidupan yang lebih baik. 

 3. Kesempatan untuk mengembangkan seluruh potensi. Banyak orang merasa bahwa bekerja di perusahaan seringkali membosankan, tidak memotivasi, dan tidak menarik. Hal ini tentunya tidak berlaku bagi pengusaha yang tidak banyak perbedaan antara bekerja, hobi atau bermain, keduanya sama saja. Bisnis milik pengusaha adalah kendaraan untuk realisasi diri. Kesuksesan Anda bergantung pada kreativitas, antusiasme, inovasi, dan visi Anda. Memiliki bisnis atau bisnis sendiri memberi mereka kekuatan, kebangkitan spiritual, dan kemampuan untuk mengejar hasrat atau minat mereka. 

4. Peluang menghasilkan uang, meskipun uang bukanlah daya tarik utama dalam tahap awal memulai usaha, pendapatan usaha merupakan motivator penting untuk memulai usaha. Hasilkan uang dan terus menjadi kaya. Sekitar 75% dari Daftar Orang Kaya (majalah Forbes) adalah pengusaha generasi pertama. 

 5. Kesempatan untuk berperan aktif dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan. Pengusaha atau pemilik usaha kecil seringkali merupakan anggota masyarakat yang paling dihormati dan dipercaya. Bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling menghormati adalah ciri khas pemilik usaha kecil. Pemilik menyukai kepercayaan dan penghargaan yang mereka terima dari pelanggan yang telah mereka layani dengan setia selama bertahun-tahun.


DAFTAR PUSTAKA 

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=4Ks_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=kewirausahaan+secara+"umum+wirausaha"&ots=5wf1ukEHaV&sig=Z-rLdco8zaRhuCejZSumxp0KhXQ&redir_esc=y#v=onepage&q=kewirausahaan 

https://ojs.pseb.or.id/index.php/pkm/article/view/215

http://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/view/422

http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/3495/KEWIRAUSAHAAN.pdf?sequence

Tidak ada komentar:

Posting Komentar