Maret 13, 2023

Tips Berbisnis Martabak

Nama              : Ronald Yustinov

Nim                 : 44122010048

Mata Kuliah    : Kewirausahaan

Pendahuluan

Banyak dikalangan anak muda yang nampaknya kerja kantoran bukan impian utama. Beberapa dari anak muda keluar dan memulai bisnis, seperti menjual martabak.

Kerja kantoran , bahkan PNS mungkin terlihat lebih bergengsi, tapi tidak semua kalangan anak muda punya tujuan menjadi pekerjaan tersebut. Para anak muda justru memilih untuk bisnis sendiri.

Bisnis yang dilakukan beragam, anak muda generasi milenial banyak yang berbisnis di bidang kuliner. Salah satu nya adalah Jerome Polin seorang youtuber yang mulai mencoba bisnis kuliner yang sudah di dirikan Bisnis Minuman Kekinian dan Ramen.

Untuk membekali para pemula dalam mengembangkan Tips Bisnis Martabak pada kesempatan kali ini akan saya informasikan agar bisnis martabak bisa laris

1.     Siapkan Modal Usaha

Langkah pertama dalam memulai usaha martabak adalah menyiapkan modal yang cukup. Ketika Anda ingin mengembangkan bisnis martabak Anda, kekurangan modal dapat menghambat Anda selama menjalankan bisnis Anda, seperti meningkatkan kapasitas produksi, menambah peralatan produksi, dan biaya operasional lainnya.

2.     Pertimbangkan Lokasi Usaha

Lokasi paling strategis untuk memulai usaha martabak adalah memastikan gerobak Anda berada di tempat yang sering dikunjungi atau dilewati orang dan mudah ditemukan.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan lingkungan tempat usaha martabak Anda berada. Area kampus, kantor atau lingkungan yang tidak jauh dari kawasan wisata akan sangat menguntungkan bisnis Anda karena selalu ramai dengan orang yang datang dan pergi.

3.     Perkirakan Modal Awal

Setelah mendapatkan lokasi usaha martabak yang cocok, strategis dan mudah ditemukan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghitung perkiraan modal awal untuk memulai usaha ini. Untuk menghitung perkiraan modal awal, ada banyak hal yang harus dimasukkan dalam perhitungan.

Termasuk aset yang akan digunakan dalam jangka waktu lama, hingga bahan baku pembuatan martabak yang disediakan secara berkala.

4.     Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi saat ingin memulai usaha martabak ini. Hidup di era digital berarti Anda sebagai pengusaha juga harus bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut. GoBiz Gojek adalah teknologi yang dapat membantu bisnis anda , selain itu juga ada beberapa teknologi yang dapat membantu bisnis anda seperti Grab Teknologi Indonesia, PT Shopee International Indonesia

Perangkat checkout yang canggih juga terintegrasi dengan layanan pesan antar Gojek, (GoFood), Grab (Grab Food), Shopee (Shopee Food). Rekam catatan tentang pembayaran, promosi, dan diskon untuk bisnis martabak Anda dan Anda dapat mengakses laporan penjualan harian menggunakan aplikasi GoBiz, GrabMerchant, ShopeePartner . Menghemat waktu dan memudahkan Anda berbisnis tanpa khawatir melakukan kesalahan saat menghitung angka penjualan. 

5.     Inovatif

Dalam bisnis kuliner, karakteristik ini sangat penting bagi setiap pebisnis. Cari tahu mengapa orang harus membeli martabak Anda. Apa keunikan dan keunggulan martabak Anda dibandingkan dengan usaha martabak lainnya.

Karakteristik inilah yang akan menjadi identitas dan alasan konsumen untuk membeli produk martabak yang Anda tawarkan. Berikan bisnis martabak  anda tampilan modern. Misalnya membuat kemasan dengan gaya kekinian, memberi rasa atau isian yang lebih banyak.

DAFTAR PUSTAKA

https://goukm.id/tips-memulai-dan-mengembangkan-bisnis-martabak/

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/usaha-martabak/

https://www.bfi.co.id/id/blog/peluang-usaha-martabak-dan-estimasi-keuntungannya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar