Maret 12, 2023

Pendidikan Kewirausahaan Sebuah Alternatif Mengurangi Pengangguran

Rachma Nurfikha Dewi

@AB26-Rachma


Pendidikan Kewirausahaan Sebuah Alternatif Mengurangi Pengangguran


            Dalam bahasa Perancis, kata wirausaha adalah entrepreneur. Entre berarti antara, prendre berarti mengambil. Kata ini pada dasarnya digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang berani mengambil resiko dan memulai sesuatu yang baru. Kewirausahaan adalah proses dalam mengerjakan sesuatu, mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kretivitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi orang lain. proses kewirausahaan meliputi semua kegiatan fungsi dan tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi.

           Tujuan seseorang menjadi wirausahawan umumnya adalah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Seseorang dapat menjadi wirausahawan karena sebab-sebab sebagai berikut:

(1). Bakat atau keahlian yang dimiliki

(2). Lingkungan

(3). Keturunan

(4). Keadaan yang memaksa

(5) Tanggung jawab estafet dalam kepemimpinan usaha.

       Studi tentang kewirausahaan bermanfaat bagi siswa dan pelajar dari latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda karena mengajarkan orang untuk mengembangkan keterampilan unik dan berpikir di luar kotak. Selain itu, menciptakan peluang, menciptakan kepercayaan, memastikan keadilan sosial dan meningkatkan ekonomi. Ada beberapa karakteristik kewirausahaan yang meliputi hal-hal sebagai berikut:

1.   Kreatif dan inovatif

    Kemampuan untuk meningkatkan kinerja usaha. Seorang wirausaha tidak akan pernah puas akan sesuatu yang telah dicapai, seorang wirausahawan selalu mengembangkan pola pikir baru, karena mereka melihat banyak peluang besar tentunya akan melakukan modifikasi, pengembangan penyempurnaan-penyempurnaan agar lebih menarik konsumen.

2.   Percaya diri

    Kepercayaan diri adalah sikap dan keyakinan seseorang dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugasnya. Orang yang percaya diri memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sistematis, berencana, efektif dan efisien. Kepercayaan diri juga selalu ditunjukkan oleh ketenangan, ketekunan, kegairahan dan kemantapan dalam melakukan setiap pekerjaan. Kepercayaan diri juga berpengaruh pada gagasan, karsa, inisiatif, kreatifitas, ketekunan, semangat kerja keras dan kegairahan berkarya.

3.  Mempunyai visi

    Pengusaha sukses adalah orang yang memiliki visi dan bayangan atau gambaran masa depan untuk diwujudkan. Dia bisa membuat gambar akan seperti apa masa depan. Berdasarkan visi tersebut dilakukan, ia dapat mengembangkan rencana dan strategi untuk mencapainya. Dan lakukan dengan tekun dan konsisten, walaupun banyak halangan, kesulitan, halangan atau orang lain meragukannya.

4.  Aktif, enerjik, dan menghargai waktu

    Seorang entrepreneur sejati biasanya tidak mau tinggal diam dan cepat puas dengan yang ada, apabila menjalankan usahanya, seorang wirausahawan tidak cepat puas kalau tidak menggunakan waktu sebaik mungkin

5.   Bertanggung jawab

    Seorang wirausahawan sejati, apabila kurang atau belum berhasil mencapai tujuan usahanya, maka ia tidak begitu mudah menyalahkan faktor-faktor diluar dirinya, seperti orang lain yang bersalah, mesin, kebijakan pemerintah yang kaku dan sebagainya.

          Kewirausahaan adalah salah satu cara untuk menumbuh kembangkan suasana akademik berkaitan dengan pembentukan kepribadian mahasiswa dan mahasiswa pascasarjana. Pembentukan karakter ini melalui usaha menanamkan nilai-nilai kejujuran, kepemimpinan, dan rasa tanggung jawab, serta semangat untuk bekerja. Pendidikan ini bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru yang merupakan salah satu jawaban atas masalah pengangguran tingkat tinggi.

          Dalam Pendidikan kewirausahaan ada banyak yang dipelajari mulai dari pembentukan mindset, untuk berkarya tanpa mengandalkan ide orang lain keterlampilan berfikir strategis, persiapan aktivitas awal dalam berusaha seperti cara memperoleh modal, pemasaran, dan sebagainya. Pendidikan kewirausahaan menjadi landasan terpenting terbentuknya peluang dalam menciptakan pekerjaan melalui proses kreatif dan inovasi.

 

Daftar Pustaka

anang, f. (2019). kewirausahaan (dasar dan konsep). jawa timur: qiara media.

rusydi, a. (2016). pengantar kewirausahaan. medan: perdana mulya sarana.

Zimmerer, Thomas W dan Norman M. Scarborough. 2005. Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta: Penerbit Indeks

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar