Maret 14, 2023

Perlu Diketahui Cara Mengembangkan Kewirausahaan Yang Baik Dan Benar

 


Oleh : Dini Fitri Anggrelayni ( @AB21-Dini )

Arti dari wirausaha yaitu seseorang yang mempunyai keahlian dalam membangun usaha atau bisnis untuk memperoleh keuntungan. Wirausaha memiliki gabungan dari dua kata yaitu berasal dari kata wira dan usaha. Wira artinya utama, gagah, luhur, berani, teladan atau pejuang. Dan usaha artinya adalah aktivitas yang dilakukan secara terus menerus untuk mencapai sesuatu yang diinginkan dan mendapatkan keuntungan. 

Untuk mendapatkan nilai yang lebih, kita harus membangun suatu usaha yang kreatif dan berbeda dari yang lainnya serta bermanfaat untuk orang lain. Kewirausahaan mendorong kreativitas dan masyarakat dapat lebih mandiri untuk bisa membangun usaha dan meningkatkan daya asing antar negara.

 Wirausaha memiliki 5 konsep dasar adalah sebagai berikut : 

1. Kelincahan 

Kelincahan dapat membentuk seseorang dengan cepat dan tepat waktu yang memiliki kinerja untuk mengubah arah tujuan seseorang agar bisa beradaptasi dengan berkembangnya zaman dan bergerak tanpa kehilangan arah. Kelincahan berhubungan dengan kecepatan dan kemampuan pembelajaran terhadap hal yang baru ditemukan.

2. Daya Tahan

Daya tahan mengungkapkan kejadian yang membuat tertekan pada kapasitas kinerja secara berulang ulang. Daya tahan sangat berdampak dengan kelancaran produksi dan penjualan. Seperti masa masa pandemi kemarin, jika usaha yang dibangun tidak dibutuhkan lagi maka penjualan tidak ada pemasukan. Dan hanya seseorang yang memiliki daya tahan yang tinggi akan bertahan dan lolos dari ujian.

3. Kecepatan 

Dengan kecepatan dalam berwirausaha seseorang dapat melakukan kinerja dalam waktu yang sesingkat singkatnya. Seorang wirausaha wajib memiliki kecepatan dalam memikirkan kreativitas untuk berkembang.

4. Kelenturan 

Seseorang yang bisa menyesuaikan tingkah laku di mana pun berada. Kelenturan menjadi salah satu aspek yang diperlukan dalam berwirausaha. Seseorang wirausahawan diwajibkan memiliki kemampuan orientasi yang baik. Untuk melangsungkan proses usaha yang baik, wirausahawan tidak boleh mengeluh bagaimanapun kondisi tempatnya. 

5. Kekuatan 

Yaitu kondisi fisik dan batin yang diperlukan untuk menjadi wirausahawan agar proses usaha yang baik berjalan dengan lancar. Kekuatan menjadi salah satu unsur fisik yang sangat penting dalam memproses suatu kegiatan kewirausahaan, karena dapat membantu mengembangkan fungsi elemen elemen seperti kelincahan, kecepatan, ketepatan. Jika usaha yang dikembangkan ingin lebih berkembang dan mampu bertahan kewirausahaan harus memiliki semua unsur tersebut.

Wirausaha membangun usaha dari kecil sampai dikembangkan hingga besar, memanfaatkan kesempatan yang ada dan berani mengambil risiko.

Tahapan Tahapan Kewirausahaan

1. Tahap awal 

Sebelum mengembangkan usaha, kewirausahaan memulainya dengan niat dan segala sesuatu yang dibutuhkan. Yang pertama adalah mencari peluang bisnis baru, yang kedua menentukan jenis bisnis yang akan dikembangkan

2. Tahap pengembangan bisnis

Ditahap ini pengusaha memproses semua bagian yang berkaitan dengan bisnis. Di antaranya adalah menyusun keuangan, sumber daya manusia, menentukan kepemilikan, mengikuti organisasi yang berkaitan usaha yang akan dikembangkan. 

3. Menjaga usaha 

Wirausahawan mengelola hasil yang telah didapatkan dan menciptakan kreativitas untuk berkembangnya suatu usaha yang lebih maju sesuai dengan berkembangnya zaman.

4. Pengembangan bisnis

Jika bisnis yang dikembangkan memperoleh hal yang positif dan mengalami kemajuan maka perkembangan bisnis berada ditahap opsional. 

Kewirausahaan mempunyai manfaat bagi seseorang yang memiliki sifat berusaha dan senang dalam berbisnis. Berikut adalah beberapa manfaat kewirausahaan :

A. Terbukanya lapangan pekerjaan

Perkembangan kewirausahaan di dalam diri ataupun kelompok akan muncul usaha baru pada orang lain. Dengan adanya usaha ini, akan membutuhkan pekerja sehingga terbukanya lapangan pekerjaan.

B. Membantu perkembangan ekonomi negara

Kewirausahaan akan mendorong terciptanya usaha bisnis baru sehingga mampu menambahkan pendapatan negara.

C. Tercapainya keinginan dan usaha yang disenangi 

Sifat kewirausahaan memperoleh perkembangan bisnis sesuai dengan keahlian yang disukai dan diminati.

D. Dapat menyaksikan berbagai kesempatan yang bermanfaat

Kewirausahaan disarankan untuk melakukan penelitian tentang hal yang menarik agar dapat diterima oleh masyarakat. Karena pada penelitian pasar akan mengetahui tentang hal yang menjadi tren di kalangan masyarakat. 

Sifat dan karakteristik kewirausahaan

          Seorang wirausahawan mempunyai banyak sifat tertentu, sehingga usaha yang dikembangkan oleh kewirausahaan dapat berjalan dengan lancar dan berkembang. Seorang ahli dalam bidang ekonomi yaitu McClelland berpendapat bahwa karakteristik dan sifat sangan penting dalam kewirausahaan Berikut ini adalah sifat kewirausahaan menurut McClelland.

1. Keinginan untuk Mencapai Prestasi

2. Antisipasi Risiko

3. Optimisme dan Kepercayaan Diri yang Tinggi

4. Memiliki Semangat Tinggi

5. Menerima Kritik dengan Baik

6. Orientasi pada Masa Depan

7. Memiliki Keterampilan dalam Mengelola Sumber Daya

8. Manajemen Keuangan yang Baik

9. Tinggi Keinginan untuk Bertanggung jawab

DAFTAR PUSTAKA

(ahmad, 2018) “PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN KONSEP,TUJUAN,SIFAT,JENIS” https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kewirausahaan/ diakses pada 12 Maret 2023 pukul 19.03

Iftitah,nurul laily. 2022 “Kewirausahaan: Pengertian, Karakteristik, Tujuan, Tahapan, dan Modal

https://katadata.co.id/safrezi/berita/61e779fd97802/kewirausahaan-pengertian-karakteristik-tujuan-tahapan-dan-modal diakses pada 12 maret 2023 pukul 20.28

Nandang,Ary Pangesti - 28 August 2022 “Pengertian Kewirausahaan: Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Ide Usaha” https://dailysocial.id/post/pengertian-kewirausahaan diakses pada 13 maret 2023 pukul 19.23


.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar