Maret 20, 2023

START UP ALODOKTER

Nama : Ronald Yustinov
Nim : 44122010048

MIND MAP

ABSTRAK

Platform Kesehatan Terpercaya No. 1 di Indonesia

ALODOKTER adalah platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap bulannya, serta lebih dari 80 ribu dokter yang bergabung. Sejak tahun 2014, ALODOKTER telah unggul dalam menyediakan informasi kesehatan yang akurat, mudah dipahami, dan dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Semua informasi kesehatan yang tersedia di ALODOKTER disusun dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti dan ditinjau oleh tim dokter yang kompeten.

PEMBAHASAN

Alodokter merupakan aplikasi konsultasi kesehatan Dokter Gratis via Ponsel. Ponsel berbasis Android dan IOS menjadi barang yang sangat dibutuhkan sehari-hari. Hal ini bukan tanpa alasan, berbagai macam aplikasi yang diperlukan dalam keseharian dapat dengan mudah diunduh dan digunakan masyarakat. Jadi, Alodokter yaitu aplikasi konsultasi (tanya jawab) dokter gratis yang secara online dapat diunduh dan diaplikasikan melalui smartphone bertujuan untuk melayani kesehatan masyarakat.

Layanan Kesehatan Terlengkap di Setiap Langkah Perjalanan Medis Pengguna

Sebagai platform kesehatan terlengkap dengan pertumbuhan tercepat se-Asia Tenggara, ALODOKTER menyediakan 5 fitur utama yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan terbaik terkait kesehatan, baik secara pribadi maupun keluarga, yaitu: chat bersama dokter, buat janji konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan, artikel kesehatan terlengkap dalam bahasa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Proteksi ALODOKTER, serta kemudahan untuk berbelanja kebutuhan kesehatan. ALODOKTER juga memiliki platform ALOMEDIKA yang dibuat khusus untuk dokter guna mendukung perputaran informasi medis yang berkelanjutan bagi sesama tenaga medis, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Akses Mudah dan Cepat Demi Masa Depan Kesehatan Indonesia yang Berkualitas

Seluruh fitur ALODOKTER tersedia dalam versi web dan mobile app yang mudah diakses melalui perangkat komputer maupun ponsel pintar oleh seluruh masyarakat Indonesia, kapan saja, di mana saja. Nikmati kemudahan mencari informasi kesehatan terlengkap dengan respons cepat, serta layanan dokter umum maupun spesialis berpengalaman yang tersebar di seluruh Indonesia. ALODOKTER membantu masyarakat Indonesia dalam membuat keputusan terbaik terkait kesehatan diri dan keluarga tercinta.

Cara Kerja dan Fitur Aplikasi

• Download aplikasi Alodokter via Play Store (Android) dan App Store (iOS)

• Masuk menggunakan nomor ponsel Anda

• Nantinya Anda akan menerima kode verifikasi yang dikirim otomatis lewat SMS di nomor ponsel yang telah didaftarkan

• Masukkan tanggal lahir Masukkan kota domisili tempat tinggal

• Centang kolom “Perlindungan Data” selanjutnya klik “Selanjutnya”

• Selesai kini akun Anda siap digunakan untuk konsultasi kesehatan online via Alodokter

Konten Alodokter

Aplikasi Alodokter memiliki beberapa konten yang terdiri dari:

1. home atau tampilan utama,

2. konsultasi aplikasi chat dokter gratis, dan

3. info.

1) Home (tampilan utama) Home yang terdiri dari chat bersama dokter, chat dokter spesialis, cari dokter, proteksi Alodokter, cari rumah sakit, rekam media, serta penggilan darurat.

2) Konsultasi Aplikasi Chat Dokter Gratis Aplikasi Alodokter memiliki konsultasi chat dokter gratis dengan hanya mengklik “tanya” pada kolom atas yang tertera pada aplikasi. Konsultasi aplikasi cahat dokter gratis. Konsultasi layanan yang diberikan melalui aplikasi alodokter ini terbatas pada penyakit ringan dan umum yang tidak membutuhkan penanganan secara kritis atau darurat, masyarakatnya dapat dengan mudah menanyakan tentang penyakit, gejala, pencegahan, keluarga, dan kesejahteraan dan pihak dokter akan berusaha dengan sebaik mungkin untuk memberikan nasihat yang mudah dipahami.

3) Info

Bagian ini berisikan informasi daftar penyakit dan daftar obat dan istilahistilah kedokteran. Anda dengan mudahnya menemukan penyakit dan obat dari 30 berbagai istilah-istilah kedokteran. Istilah ini untuk memudahkan pengguna mengetahui informasi seputar penyakit dan obat dalam istilah medis.

Manfaat Alodokter bagi Masyarakat

Aplikasi kesehatan Alodokter memberikan informasi yang akurat, mudah dipahami, dan dapat diakses dari mana saja (Alodokter.com, 2020). Aplikasi Halodoc memberikan pilihan kepada pengguna untuk memilih dari ribuan dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis.

Manfaat Aplikasi Alodokter

Aplikasi Alodokter dapat memberikan manfaat bagi penggunanya sebagai berikut:

 Dapat dengan mudah diunduh melalui playstore.

 Dapat berkonsultasi dengan dokter gratis melalui aplikasi tanpa ribet.

 Dapat menyimpan chatan kita dengan dokter tanpa takut terhapus.

 Sebagai refrensi dalam mencari informasi tentang berbagai kesehatan.

 Hemat dan tidak memerlukan biaya seperti transportasi dll.

Keterbatasan Aplikasi Alodokter

Aplikasi Alodokter juga memiliki keterbatasan bagi penggunanya sebagai berikut:

 Diunduh harus menggunakan smartphone dan kuota.

 Diagnosa penyakit kita tidak bisa langsung ditangani oleh dokter karena hanya menggunakan chatan aplikasi saja.

 Harus sering online jika ingin mengetahui seputar kesehatan.

 Tidak bisa menentukan obat yang akan dikonsumsi karena hanya bersifat konsultasi melalui chatan bukan konsultasi secara langsung.

Kesadaran Hidup Sehat

Kesadaran hidup sehat berhubungan dengan perilaku sehat seseorang. Jika seseorang memiliki kesadaran hidup sehat maka hal tersebut akan mendorongnya untuk berperilaku sehat.

Perilaku Hidup Sehat

Perilaku hidup sehat adalah sebuah perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seseorang untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatannya. Adapun perilaku yang mencangkup perilaku hidup sehat antara lain:

 Olahraga teratur

 Tidak merokok

 Tidak mengkonsumsi minuman keras/narkoba

 Istirahat cukup

 Perilaku hidup yang positif

Dampak Perilaku Hidup Sehat

Dampak hidup sehat terbagi menjadi 2 yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari perilaku hidup sehat sebagai berikut:

1. Pola makan sehat dan gizi seimbang dapat menghindari dari segala penyakit.

2. Rajin berolahraga teratur dapat membuat badan menjadi lebih sehat dan berenergi.

3. Tidak merokok dan meminum-minuman keras dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

Dampak negatif dari perilaku hidup sehat sebagai berikut:

1. Pola makan tidak sehat dan gizi tidak seimbang dapat menyebabkan penyakit seperti muntah-muntah, diare, susah buang air besar maupun penyakit berbahaya lainnya.

2. Tidak berolahraga secara teratur dapat membuat badan menjadi lemas dan kurang berstamina/berenergi.

3. Merokok dan meminum-minuman keras dapat menganggu kesehatan jantung dan paru-paru

DAFTAR PUSTAKA

Soffya Ranti (08/005/2022). Cara Konsultasi Kesehatan Online Via Aplikasi Alodokter. https://tekno.kompas.com/read/2022/05/08/07580067/cara-konsultasi-kesehatan-online-via-aplikasi-alodokter

Kusdwiratri Setiono, Johan S, Masjihur, Anna Alisyahbana, ed. Manusia: Kesehatan dan Lingkungan, (Bandung: Alumni), h. 97. 3 http://www.scribd.com/doc/konsep-sehat,

C Cyntia .2019 Aplikasi Alodokter

http://repository.radenfatah.ac.id/9994/3/3.%20BAB%20II.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar