Maret 21, 2023

START UP JENIUS

 Nama : Anisa Tri Yanuaty

Nim : 46122010048





ABSTRAK

Tabungan Jenius merupakan tabungan digital yang dirilis oleh BTPN. Secara sekilas, kamu bisa melihat persamaannya dengan e-money. Namun, tabungan jenius tetap memiliki kartu fisik seperti layaknya kartu debit.

Tujuan diciptakannya, yaitu untuk mengatur life finance kamu. Dengan memakai Jenius, kamu memiliki kendali penuh untuk mengatur keuangan hanya dengan menggunakan smartphone.

Kamu bisa menabung dan bertransaksi hanya lewat sebuah aplikasi. Sangat kekinian dan pas untuk masyarakat urban.

Memang, tabungan digital dinilai canggih dan modern. Namun, segala sesuatu pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Jadi, jika tertarik untuk memiliki tabungan digital Jenius, kamu harus mengetahuinya baik-baik.


PEMBAHASAN

 

Kelebihan Tabungan Jenius

Kekurangan Tabungan Jenius

Di samping kelebihannya, tabungan ini memiliki kekurangan dan akses yang berbeda dibandingkan dengan bank lainnya, yaitu:

 

#1 Keterbatasan Jangkauan

Pengguna tabungan digital ini masih belum merata di seluruh Indonesia. Hanya ada di beberapa kota besar saja. Sebetulnya, pendaftaran pembukaan tabungan ini dapat dilakukan secara online.

Awalnya, untuk melakukan aktivasi, kamu harus mengunjungi BTPN terdekat. Sedangkan lokasi kantor cabang BTPN masih terbatas.

Tapi sekarang ini tidak lagi berlaku, karena Jenius sudah menyediakan fasilitas aktivasi akun lewat video call dengan Jenius Crew.

Untuk melakukan aktivasi ini, kamu hanya perlu koneksi internet yang stabil dan menyiapkan KTP sebagai tanda bukti identitas.

 

#2 Cara Mendapatkan Kartu Fisik Berbeda

Saat pertama kali muncul, selain melakukan aktivasi, Jenius mengharuskan kamu untuk mendatangi kantor cabang BTPN agar bisa mendapatkan kartu fisik.

Tapi sekarang Jenius sudah memunculkan solusi dengan mengirimkan kartu fisik ini langsung ke alamat rumahmu yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Jenius juga mengingatkan kamu untuk menghubungi Jenius Help di 1500 365 jika kartumu tidak datang juga datang lebih dari 3 hari kerja (Untuk Jabodetabek), dan 7 hari kerja (untuk luar Jabodetabek) sejak pertama kali kamu mengajukan permintaan pembuatan kartu.

 

Apa Tabungan Jenius BTPN Bisa Menjadi Pilihan?

Memang, segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Jenius BTPN pun memiliki kekurangannya sendiri seperti yang disebutkan di atas. Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa zaman sekarang membutuhkan hal yang serba digital. Hal ini untuk memberikan kemudahan.

Tabungan digital pun bisa mengurangi tindak kriminalitas yang biasa terjadi jika kita memiliki kartu fisik.

Kamu tak perlu repot mencari uang pas atau menerima uang kembalian recehan yang memberatkan dompetmu.

Beberapa fitur yang dimiliki Jenius BTPN dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Hanya satu akun, kamu bisa memiliki 3 jenis fitur sekaligus.

Ini membuat Jenius termasuk tabungan yang simple, praktis, dan multifungsi. Pasalnya, kamu hanya perlu mengingat satu password saja untuk log in.


PENUTUP

Praktis dan mudah, itulah salah satu daya tariknya. Masyarakat urban masa kini memang membutuhkan sesuatu yang cepat dan dapat menghemat waktu dan tenaga.

Hanya bermodalkan smartphone, kamu bisa bertransaksi. Cocok untuk digunakan siapa saja dan oleh berbagai umur.


DAFTAR PUSTAKA

https://www.finansialku.com/jenius/#Apa_Tabungan_Jenius_BTPN_Bisa_Menjadi_Pilihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar