Maret 19, 2023

Start Up - Shopback

 

Oleh : Fauziah Alma Syafira  (@AA35-Fauziah )
NIM : 46122010042







 

Abstrak

 

Apa itu ShopBack?

 

ShopBack adalah situs Cashback terkemuka di APAC yang membuat pengguna dapat berbelanja dengan lebih hemat dan cerdas. Di ShopBack kita akan mendapatkan informasi mengenai penawaran eksklusif berupa Voucher dan kode promo dari berbagai toko online dalam satu platform.

 

Aplikasi ini bertindak sebagai gerbang bagi para pedagang online, di mana akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan. Komisi yang diterima akan diberikan kembali kepada pelanggan dalam bentuk cashback.

Di dalam situ ini, dapat dengan mudah mendapatkan penawaran eksklusif berupa voucher dan kode promo dari berbagai merchant

 

 

 

Pendahuluan

 

Shopback Didirikan pada tahun 2014, ShopBack bertumbuh seiring berjalannya waktu dengan perkembangan yang luar biasa dan meraih Penghargaan Emas untuk Start-up Terbaik pada tahun 2015 serta penghargaan dari Emerging Enterprise Award dan Global Mobile Challenge pada tahun 2017. Sejak 2014, ShopBack telah memberikan Cashback lebih dari $ 30M ke komunitas penggunanya.

 

ShopBack bertindak sebagai gerbang bagi pedagang online, dimana ShopBack akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian yang anda lakukan melalui ShopBack, dan sebagian dari komisi yang diterima akan diberikan kembali kepada pelanggan kami dalam bentuk Cashback.

 

ShopBack juga menyediakan kupon diskon, kode voucher, dan bahkan fitur perbandingan untuk belanja online, pemesanan perjalanan, dan pengiriman makanan. ShopBack saat ini bermitra dengan lebih dari 100 toko online di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan berbelanja melalui ShopBack.

 

 

Pembahasan

 

Terdapat beberapa Fitur menarik yang ada di dalam Shopback :

 

1.              Info Promo Belanja

Shopback menyediakan informasi promo belanja online dari berbagai marketplace dan merchants di satu tempat. Jadi, sebelum berbelanja, sebaiknya cek dulu apakah ada promo yang tersedia di toko online tersebut dengan buka aplikasi Shopback.

 

2.              Earn More

Earn more Ini adalah fitur terbaru dari Shopback yang memungkinkan pengguna untuk raih lebih banyak saldo cashback dengan cara menyelesaikan misi yang tersedia. Mulai dari misi belanja online di merchant tertentu, misi log in aplikasi, hingga misi ajak teman.

 

 

·                  Cara Menggunakan aplikasi Shopback

1)             Buat akun Shopback terlebih dulu, kamu bisa mendaftar di sini (via website)

2)             Pilih salah satu marketplace atau toko online di Shopback yang akan kamu pakai untuk melakukan transaksi pembelian secara online. Misal, jika kamu pilih Tokopedia, otomatis kamu akan langsung diarahkan ke web/aplikasi Tokopedia.

3)             Berikutnya, cek ketentuan cashback yang berlaku pada saat itu; apakah dia menggunakan fixed atau percentage cashback. Jika kamu mengakses Shopback via aplikasi, maka informasi ini terletak di bagian bawah sebelah kanan.

4)             Pilih produk (fisik/digital) yang dijual di marketplace online pilihan kamu sebelumnya. Beli, kemudian selesaikan pembayaran.

5)             Tunggu beberapa saat sampai cashback kamu berhasil di ­track dan divalidasi oleh Shopback.

6)             Jika sudah, tunggu beberapa hari, minggu, atau bulan sampai cashback bisa kamu cairkan.

 

 

 

Kelebihan

-         terutama ketika melakukan transaksi online.

-         cashback atau potongan belanja. Cashback yang diberikan juga besar sehingga membuat pengguna menjadi lebih hemat dalam melakukan belanja.

-         Penggunaan yang Mudah. dapat dilakukan dengan dua cara menggunakan shopback yang mudah. Cara pertama adalah dengan menekan merchant belanja yang akan dibeli, memilih barang mana yang akan dibeli.Melakukan check out dan pembayaran, kemudian menunggu validasi cashback yang telah ditentukan oleh merchant yang telah dipilih. Cara kedua yaitu dengan membuka akun merchant yang akan dibeli terlebih terlebih dahulu, mencari produk dan memasukkan ke keranjang belanja.

-         Kerjasama dengan Banyak Merchant. Banyaknya kerjasama yang dilakukan oleh aplikasi ini, membuat pengguna menjadi lebih leluasa. Dengan lebih banyak pilihan yang ditawarkan dalam melakukan transaksi dan pembelian barang. Kelebihan inilah yang sangat diminati oleh penggunanya.

-         Kelebihan yang Tidak Dimiliki oleh Aplikasi Lain Kelebihan utama yang dimiliki aplikasi ini adalah memberi cashback yang beragam dan memiliki nilai yang cukup besar.

 

Kekurangan

-         Kendala yang sering dijumpai pengguna pada saat menggunakan aplikasi shopback adalah proses pada saat cashback cukup lama sehingga membutuhkan waktu. Walaupun ada yang cepat namun proses ini juga memungkinkan untuk membutuhkan waktu yang lama.

-         perlu membuka aplikasi terlebih dahulu untuk mendapatkan cashback. Yang artinya tidak dapat mendapatkan cashback secara langsung pada merchant yang telah kita pilih.

 

 

 

 

Kesimpulan

 

ShopBack adalah aplikasi pemberi cashback yang dapat kamu gunakan untuk belanja online di berbagai e-commerce. Aplikasi ini bertindak sebagai gerbang bagi para pedagang online, di mana akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan. Komisi yang diterima akan diberikan kembali kepada pelanggan dalam bentuk cashback.

 

 

Daftar pustaka

 

  https://www.zaipad.com/review-aplikasi-shopback-indonesia/  

Diperbarui 4 Oktober, 2022 



Shopback Indonesia, 2020.“ Begini Cara Menggunakan ShopBack, Supaya Belanja Dapat Cashback”

https://www.shopback.co.id/katashopback/cara-menggunakan-shopback

 

 

 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar