Maret 13, 2023

STRATEGI BISNIS KULINER DI SOSIAL MEDIA

ARBIYU SANDY PRATAMA (44122010098)




 

Yang Dimaksud Strategi Pemasaran Media Sosial

Strategi pemasaran media sosial adalah kumpulan rencana yang berisi target KPI marketing ingin Anda capai di media sosial. Strategi ini akan menjadi panduan atas semua aktivitas pemasaran yang akan Anda lakukan, termasuk untuk mengukur apakah marketing Anda berhasil atau gagal. Semakin spesifik strategi pemasaran media sosial yang dibuat, maka semakin efektif pula eksekusi yang bisa Anda lakukan. Misalnya meliputi platform media sosial (Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya) apa saja yang Anda gunakan untuk aktivitas promosi. Sertakan juga konten yang akan Anda gunakan misalnya dalam bentuk gambar, infografik, atau video. Pastikan konten yang dipasarkan melalui media sosial ini berhubungan dengan produk yang akan dijual. Strategi pemasaran media sosial sangat penting bagi Anda yang menjalankan digital marketing. Tanpa strategi media sosial, aktivitas digital marketing Anda tidak akan mendapatkan hasil optimal.

3 strategi pemasaran media sosial yang bisa bisnis Anda terapkan sebagai berikut:

1.     Tentukan Target KPI Yang Jelas

Strategi pemasaran media sosial harus memiliki target yang ingin dicapai. Apakah untuk membangun brand awareness, mendatangkan prospek, support service, atau meningkatkan penjualan?. Untuk mempermudah Anda untuk mengukur pencapaian target, berilah angka dan kerangka waktu untuk setiap matriks atau (Key Performance Indicator). Cobalah mengadopsi filosofi SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) untuk menentukan tujuan dan metrik Anda.

2.     Buatlah konten marketing

Sosial media berperan untuk mendistribusikan konten marketing yang Anda buat ke hadapan penggunanya. Untuk menarik prospek, Anda harus membuat konten yang dapat menghibur, mengedukasi, melibatkan, dan membujuk target pasar Anda. Pahami Algoritma sosial media yang Anda gunakan untuk memperluas jangkauan. Misalnya konten video memiliki jangkau lebih baik di Instagram dibandingkan dengan teks, tautan, atau posting gambar.Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan konten marketing dengan WhatsApp blast untuk menjangkau pelanggan potensial Anda secara mudah dengan hanya satu klik saja.

3.     Menjalin komunikasi secara personal

Menjalin komunikasi sangat penting untuk kesuksesan sebuah strategi pemasaran. Coba kirimkan direct message, tweet atau wall post secara personal ke prospek, sehingga mereka lebih mengenal produk Anda. Cara ini efektif untuk membuat prospek dihargai, bahkan sebagian dari mereka akan membagikannya ke kolega lainnya.

 

Strategi Kosumen Yaitu:

Strategi Konsumen adalah suatu cara yang terencana dan testruktur untuk menarik konsumen. Apapun bisnis yang Anda jalani, memiliki strategi marketing yang tepat tentunya akan membantu Anda terus-menerus mendapatkan pelanggan. Nah, artikel ini akan membahas apa itu strategi pemasaran, fungsinya, dan tentu saja contoh strategi pemasaran yang efektif untuk diterapkan di bisnis Anda. Strategi pemasaran adalah rencana yang dibangun suatu bisnis untuk bisa menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen. Dalam sebuah strategi pemasaran atau strategi marketing terdapat info tentang value proposition produk, branding bisnis , hingga segmentasi pasar yang jelas. Itu artinya, Anda tidak bisa memasarkan produk atau layanan kepada semua orang. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan dan cara berkomunikasi yang berbeda. Itu kenapa antara satu segmen konsumen dan yang lain, strategi marketingnya juga bisa berbeda. Nanti Anda akan tahu praktiknya di bagian contoh strategi pemasaran. Oh ya, selain untuk memudahkan promosi ke target konsumen tertentu, strategi pemasaran juga dapat memudahkan koordinasi Anda dengan tim. Karena menurut ilmu pemasaran, eksekusi promosinya jadi lebih fokus dan terarah.

 

Strategi Tempat Pemasaran

Salah satu elemen Tempat (place) yang masuk dalam 7P Marketing mix bukan hanya diartikan sebagai tempat dimana usaha dijalankan. Namun lebih luas lagi dimana “place” tersebut merupakan segala kegiatan penyaluran produk berupa barang ataupun jasa dari produsen ke konsumen (distribusi). Menurut Philip Kotler distribusi adalah : “The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer”. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Sedangkan Boom dan Bitner (dalam Dias & Shah, 2009:318). Mereka menyebutkan bahwa lokasi pemasaran, terdapat beberapa pemain yang terlibat di dalamnya. Yaitu marketing intermediarychannel of distribution, agen atau brokerwholesaler dan retailer, serta logistik dan transportasi. JIka mengacu dari kedua pendapat diatas, fungsi distribusi disini tak lain adalah untuk memastikan ketersediaan barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen pada waktu dan tempat yang tepat. Berbagai saluran distribusi ini merupakan sebuah perangkat yang saling terkait satu sama lainnya dalam proses penyediaan produk/pelayanan untuk digunakan atau dikonsumsi. Dalam saluran distribusi, semakin banyak perangkat yang digunakan biasanya akan mampu menjangkau populasi yang lebih luas. Semakin mudah produk didapatkan berarti proses distribusi semakin baik, dan penjualan produk berpeluang besar untuk meningkat. Untuk itulah saluran distribusi penting direncanakan dengan matang oleh pemasar.

Strategi Target Pemasaran

Dalam menentukan target pasar, kamu perlu menentukan dahulu strategi apa yang ingin kamu gunakan untuk mengetahuinya. Namun, sebenarnya, apa itu strategi targeting pasar? Strategi target pasar adalah sebuah rancangan perencanaan bisnis untuk dapat menetapkan target market yang dirasa paling sesuai atau berpotensi untuk mendatangkan berbagai value bagi bisnis yang kamu jalankan. Dalam menentukan target market yang benar-benar sesuai, tentunya tidak mudah. Bahkan, rasanya mustahil kalau kamu bisa mengetahuinya hanya dalam sekali coba. Oleh karena itu, sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia bisnis, kamu memerlukan karakteristik seorang pengusaha yang tahan banting karena pasti akan ada banyak sekali trial and error dalam fase ini. Namun,kemungkinan tersebut dapat dikurangi apabila kamu mengetahui berbagai faktor yang dibutuhkan untuk menentukan target pasar. Faktor-faktor tersebut, yakni:

·       Sumber daya perusahaan;

·       Analisis situasi;

·       Ukuran segmen;

·       Dana perusahaan;

·       Perkembangan segmen pasar.

 

DAFTAR PUSTAKA

Afrianto, R., Restuhadi, F., & Zalfiatri, Y. (2017). Analisis Pemetaan Kesukaan Pelanggan pada Produk Bolu Kemojo di Kalangan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau. Skripsi, Universitas Riau. Athia, I., Saraswati, E., & Normaladewi, A. (2018). Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 2(1), 66-75. Ayu, P. R. (2016). Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Jalanan di Kota Semarang Melalui Program Pendidikan Nonformal. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. Badan Pusat Statistik Riau. (2020). Provinsi Riau Dalam Angka 2020. Riau: Badan Pusat Statistik. Bahri, S. (2018). Usulan Strategi Pemasaran Perumahan Graha Bintang Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Bank Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar