Maret 13, 2023

Ternyata Wirausahawan dan Pebisnis Beda loh! Simak selengkapnya disini.

 

Artikel Kewirausahaan I

 

KRISNINA MAHARANI ABIDIN _ @AA10-Krisnina

Ditulis pada Minggu, 12 Maret 2023 pukul 22.31

 

 

Ternyata Wirausahawan dan Pebisnis Beda loh! Simak selengkapnya disini.

 

Walaupun sering di anggap suatu hal yang sama, ternyata wirausaha dan bisnis merupakan hal yang berbeda loh! Walaupun sama sama memiliki tujuan yang sama, yaitu memperoleh keuntungan atau laba, tetapi ternyata wirausaha dan bisnis merupakan hal yang berbeda mulai dari pengertian, tingkat risiko yang dijalani hingga karakteristik antara mereka berbeda.

 


Pertama mari kita ulas lebih dalam mengenai Wirausaha terlebih dahulu.

Menurut Filion, dalam Suryana, Yayan dan Kartib Bayu (2010 : 16) wirausaha adalah orang yang imajinatif, yang ditandai oleh kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu.

Menurut Kasmir, dalam Harmaizar (2009 : 12) wirausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil risiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dengan fungsinya sebagai pelaku inovasi atau pencipta kreasi-kreasi baru.

Sedangkan kata “Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha. Menurut kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti; pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti; bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.

Menurut Robbin & Coulter (2002) dalam Razanah Mahdi M., Eko Sakapurnama (2019: 212) “Entrepreneurship is the process whereby an individual or a group of individuals uses organized efforts and means to pursue opportunities to create value and grow by fulfilling wants and need through innovation and uniqueness, no matter what resources are currently controlled”. Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mencari peluang untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang saat ini dikendalikan.

Menurut Peter F Drucker (1996: 93) kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).

Dari pendapat beberapa ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa seorang wirausahan merupakan orang yang kreatif serta siap mengambil risiko dalam menjalankan usahanya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu memperoleh laba atau keuntungan. Sedangkan kewirausahaan sendiri adalah skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya untuk mencapai tujuan yaitu memperoleh keuntungan atau laba dengan cara yang kreatif serta unik seperti menciptakan hal baru atau mengubah susunan suatu struktur masyarakat untuk membentuk struktur baru dalam suatu masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.



Setelah mengetahui arti dari wirausaha, kita beralih ke bisnis. Sebenarnya apa itu bisnis ?

Menurut Bukhori Alma (1993:2), bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, usaha jasa dan pemerintah, yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa kepada konsumen.

Menurut Louis E. Boone (2007:5), bisnis (bussines) terdiri dari seluruh aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian, beberapa bisnis memproduksi barang berwujud sedangkan yang lain memberikan jasa.

Bersumber dari buku Pengantar Bisnis: Etika, Hukum & Bisnis Internasional, kata “bisnis” berasal dari kata “busy” dalam bahasa Inggris yang berarti sibuk. Artinya, bisnis adalah aktivitas atau pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

Dari pendapat beberapa ahli diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis adalah kegiatan berupa upaya untuk mendapatkan keuntungan melalui transaksi, baik barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh target pasarnya atau masyarakat.

 

Setelah mengetahui definisi dari wirausaha dan bisnis, selanjutnya adalah perbedaan tingkat risiko hingga perbedsan karakteristik antara wirausaha dan bisnis.

Jika pebisnis lebih memilih melakukan suatu usaha yang tingkat risikonya sudah diperkirakan, terukur melalui perhitungan yang panjang dan matang serta dikelola dengan baik. Maka wirausahawan lebih memilih untuk membuat inovasi baru walaupun risiko yang ditanggung lebih besar, seorang wirausahawan dituntut untuk lebih berani dalam menghadapi risiko yang besar dikarenakan seorang wirausahawan memiliki kemampuan kreatif dan inovatif yang digunakan sebagi bekal dalam mengambil hingga menghitung keputusan yang akan ia tentukan

 

Jika pebisnis biasanya melakukan kegiatan jual beli atau transaksi barang dan jasa sesuai dengan struktur yang sudah ada atau hanya melanjutkan bisnis yang sudah ada dan berkembang sebelumnya, seperti franchise. Berbeda dengan wirausahawan, seorang wirausahawan cenderung memilih untuk membuat kegiatan dengan inovasi baru yang masih jarang ditemui atau bahkan masih belum ada di struktur masyarakat, sehingga tidak jarang wirausahawan tersebut mengubah struktur tatanan masyarakat menjadi struktur yang baru karena seorang wirausaha akan memanfaatkan peluang yang ada.

 

Demikianlah artikel kewirausahaan 1 mengenai beberapa perbedaan antara wirausaha dan bisnis oleh Krisnina Maharani Abidin_44222010011.


 

Daftar Pustaka

 

Yudi. 2018. “BAB II. - Elibrary Unikom”, https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3608/8/11.%20UNIKOM_Yudi%20S_Bab%20-II.pdf, diakses pada 12 Maret 2023 pukul 22.46.

BAB II LANDASAN TEORI A. Deskripsi Teori 1. Bisnis”, https://eprints.uny.ac.id/7990/3/BAB%202-05404241009.pdf , diakses pada 12 Maret 2023 pukul 22.53.

2019. apakah enterpreneurship (kewirausahaan)?”, https://kewirausahaan.umaha.ac.id/site/enterpreneurship#:~:text=Kata%20%E2%80%9CKewirausahaan%E2%80%9D%20berasal%20dari%20kata,%2C%20berbuat%20amal%2C%20berbuat%20sesuatu. , diakses pada 12 Maret 2023 pukul 23.02.

Laily, Nurul Iftitah. 2022. “Pengertian Bisnis Beserta Jenis dan Tujuannya - Katadata

“, https://katadata.co.id/safrezi/berita/620dbfd107784/pengertian-bisnis-beserta-jenis-dan-tujuannya#:~:text=Bersumber%20dari%20buku%20Pengantar%20Bisnis,atau%20pekerjaan%20yang%20menghasilkan%20keuntungan., diakses pada tanggal 12 Maret 2023 pukul 23.08

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar