April 04, 2023

Profil Pebisnis Shinta Nurfaiza

 



Oleh : Angeleen Magdalena 


Profil Shinta Nurfaizia

Shinta Nurfauzia dikenal sebagai salah satu founder dan juga CEO dari Lemonilo. Lemonilo (PT Lemonilo Indonesia Sehat) merupakan perusahaan rintisan konsumen yang pertama muncul sebagai lokapasar dengan produk sehat, natural, dan harga terjangkau. Perusahaan ini bergerak di industri makanan sejak 1 Oktober 2016. 

Shinta merupakan lulusan S1 Hukum Universitas Indonesia, tahun ajaran 2006-2010. Sebelum merintis bisnisnya bersama Lemonilo, ia pernah berkarier sebagai peneliti dan konsultan hukum selama beberapa tahun (2009-2014). Saat itu kecintaannya pada dunia bisnis juga dijalani melalui sejumlah usaha sampingan.


Shinta melanjutkan studi S2 Business Law dengan beasiswa LPDP di Harvard Law School, Cambridge, Amerika Serikat di umur 25 tahun. Di sanalah ia bertemu dengan dua orang teman yang menjadi rekan bisnisnya. Awalnya, Shinta dan kedua rekannya merintis Konsula, sebuah startup yang bergerak di ranah kesehatan. Itulah yang belakangan menjadi cikal bakal dari e-commerce makanan kesehatan. Memiliki kesamaan visi, misi, dan tujuan, Shinta bersama Johannes dan Ronald lantas merintis usaha mereka dengan nama Lemonilo. 


Visi & Misi

Shinta dan kedua rekannya memiliki visi yang ingin menyehatkan bangsa Indonesia. Mereka bekerja keras membangun marketplace bagi rakyat yang ingin mencari produk makanan sehat, tentunya dengan harga ekonomis dan terjangkau. Lemonilo sendiri memiliki makna “Warrior of Health”—pejuang kesehatan, yang mengusahakan agar gaya hidup masyarakat bisa semakin sehat dari hari ke hari. 


Mie Instan Jadi Produk Andalan

Produk mie instan Lemonilo diketahui lebih aman dan baik untuk disantap setiap hari. Ini dikarenakan mie instannya terbuat dari bahan alami, tanpa pengawet/pewarna/MSG tambahan, mengandung nutrisi alami, 0% lemak trans, serta lebih rendah gluten sehingga aman dikonsumsi saat diet sehat.


Dalam perkembangannya, Lemonilo juga mulai menjadi sorotan setelah kepercayaan publik kian meningkat pesat. Tak hanya sukses menjual lebih dari 4.000 produk makanan alami dan sehat, Lemonilo pun sukses menerima kucuran dana dari Alpha JWC Ventures serta Unifam Capital di tahun 2018 lalu.


Lemonilo kini telah bekerja sama dengan lebih dari 300 UKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Di samping itu, Lemonilo pun sudah tersedia di 28 wilayah Indonesia dan masih terus berekspansi mengembangkan bisnisnya. Tak hanya ada di berbagai e-commerce, beragam produknya bisa didapatkan di minimarket, supermarket, serta melalui aplikasi mobile.


Mengusung slogan “Setiap langkah berarti”, Lemonilo mendukung proses inovasi bersama dalam membangun Indonesia yang lebih sehat. Melalui slogan tersebut, Lemonilo mengajak semua brand Indonesia lainnya untuk bersama mengeluarkan beraneka produk yang lebih sehat. Di antaranya mencakup produk yang bebas dari bahan pengawet, pewarna, penguat rasa, dengan air rebusan jernih, ataupun inovasi kesehatan lainnya. Terlebih, Lemonilo percaya bahwa komitmen untuk menyehatkan Republik Indonesia tak bisa dilakukan sendirian.


Daftar Pustaka

CErita Shinta Nurfauzia Membangun Kesuksesan Lemonilo. (n.d.). Cermati: Pinjaman, Kartu Kredit, Asuransi & Tagihan Online - Cermati.com. https://www.cermati.com/artikel/shinta-nurfauzia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar