April 04, 2023

Kisah pengusaha muda yang menciptakan merek masker terlaris di tahun 2021

 


 

Biodata Nadya Shavira

Nama: Nadya Shavira

Nama Panggilan: Nadya

Tempat dan tanggal lahir: Jakarta 20 Maret 2000

Pendidikan: SMAN 59 Jakarta Timur

Akun Instagram:  @nadshavv

Akun TikTok: @ndshvv

 

  A. Camille Beauty

 Camille Beauty merupakan salah satu brand skincare pertama dari Indonesia dan merupakan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang produk kecantikan. Siapa sangka, brand tersebut adalah milik seorang wirausahawan muda berusia 21 tahun bernama Nadia Shavira Ia mendirikan Camille Beauty pada tahun 2018, saat ia masih berusia 18 tahun. Berawal dari keinginan nya untuk memiliki penghasilan sendiri, ia memutuskan untuk menjadi reseller sebuah perusahaan masker organik. Produk yang diluncurkan pertama kali adalah produk masker organik dan sudah menggunakan sertifikasi dari BPOM. Produk dari masker
organik ini memiliki beberapa varian yaitu
yaitu strawberry, lemon, green tea, coklat, susu dan kopi. Berbagai macam dari produk tersebut memiliki kandungan yang berbeda, maka dari itu konsumen dapat menyesuaikan kebutuhan bagi perawatan wajah mereka dengan kondisi kulit masing-masing dari individu. Masker yang di produksi oleh Camille Beauty dibuat sendiri oleh Nadya Shavira dibantu oleh sang ibu yaitu seorang apoteker. Pembuatan masker tersebut dibuat karena melihat potensi pasar dari produk kecantikan ini sedang naik. Awal mulanya, Nadya Shavira ingin mencari uang penghasilan sendiri dan bekerja menjadi reseller masker organik di suatu perusahaan. Melihat besarnya minat konsumen dalam melakukan pembelian masker organik pada waktu itu, Nadya mencoba untuk membuat maskernya sendiri karena pangsa pasar yang menjanjikan dengan bermodalkan uang 10 juta rupiah dalam merintis bisnis masker organiknya bersama sang ibu. Camille beauty menyasar kaum millenial yang berusia mulai dari  13 tahun atau remaja karena pada saat umur tersebut remaja pada umumnya mengalami kulit yang berjerawat sehingga membutuhkan produk yang dapat menjadikan kulit mereka terjaga dengan baik. Produk tersebut pada Shopee dan Tokopedia produk terlaris periode Agustus hingga September tahun 2021.

1. Produk

Produk  Camille Beauty dapat di temukan di e-commerce seperti Tokopedia ataupun Shopee. Hal tersebut menjadikan konsumen sangat mudah untuk mendapatkan produk dari Camille Beauty selain itu memang penggunaan platform secara online sangat mendukung bisnis pada saat pandemi, langkah tersebut di lakukan oleh Nadya Shavira dan berhasil mencatatkan penjualan tertinggi di e-commerce Shopee dan Tokopedia sebanyak lebih dari 700 ribu per bulannya dari periode Agustus-September 2021.

 Gambar  Shopee Camille Beauty

Tidak hanya melewait penjualan di e-commerce saja namun dapat juga melakukan pemesanan di website resmi Camille Beauty baik itu sebagai konsumen individu ataupun seller yang ingin menjual produk Camille Beauty. Website yang ditampilkan pun bisa memberikan konsumen promo menarik dan menjadi member Camille Beauty dengan berbagai macam keuntungan.

 Gambar 2.2 Website Camille Beauty


Hingga kini, produk dari Camille Beauty sendiri sudah memiliki puluhan reseller di Indonesia dan lebih dari 8.500 customer yang ada di Indonesia bahkan beberapa negara lain. Selain itu, dalam melakukan promosi yang dilakukan oleh Camille Beauty ini menggunakan akun Tiktok Nadya Shavira untuk menarik minat remaja karena pada usia tersebut pengguna Tiktok di Indonesia sangatlah banyak sehingga langkah tersebut dijadikan sebagai alat komunikasi terhadap konsumennya sekaligus melakukan promosi produk Camille Beauty. Nadya Shavira mulai mempromosikan Camille Beauty melalui akun Tiktoknya pada tahun 2020. Jenis konten pada akun Camille Beauty mengenai informasi dari bahan produk, hasil pemakaian produk, serta konten-konten hiburan. Konten yang diunggah oleh Nadya Shavira dari dulu memang sudah masuk ke kategori video fyp atau video yang viral karena sudah memiliki banyak viewers dan like. Namun pada tahun 2021, jumlah penonton Nadya Shavira mulai naik karena adanya trend produk kecantikan saat era pandemic. Hingga saat ini ada lebih dari 100 konten yang sudah diunggah oleh Nadya Shavira pada akun Tiktok Camille Beauty-nya.

 B. Cara Pemasaran Produk

 Bagi yang sedang menekuni dunia bisnis, bisa mengikuti cara Nadya dalam memasarkan produk. Ia mengutamakan kedekatan dengan pembeli."Saya mengutamakan pendekatan yang akrab dengan para pembeli. Saya ingin mereka merasa membeli produk dari temannya sendiri, selain untuk membangun kepercayaan, juga untuk menginspirasi mereka agar rajin merawat diri dan mengutamakan self-love," tuturnya panjang lebar. "Itulah kenapa saya banyak membuat konten di media sosial, termasuk berbagi tentang perjalanan saya sejak awal mendirikan Camille Beauty dan juga lika-liku berbisnis, terutama untuk anak muda," tambahnya. Sukses membangun bisnis, ia kini sudah mempunyai 60 karyawan. Selain itu, Nadya yang dulunya seorang reseller dari brand lain, kini memiliki distributor untuk produknya sendiri di lebih dari 40 cabang. "Kuncinya ada pada disiplin waktu dan memiliki tim yang solid dan kompak," jelas Nadya. Menurut Nadya, Camille Beauty mulai dikenal berkat word of mouth atau dari mulut ke mulut karena formulanya yang sesuai dengan kulit remaja. Konsumen yang sudah mencoba masker buatannya juga merasa produknya bisa memberikan solusi bagi permasalahan kulit, seperti jerawat, akibat perubahan hormon, dan lainnya. "Selain itu, masker Camille Beauty mudah dipakai, ampuh membasmi masalah-masalah kulit, produk lokal, dan harganya terjangkau," ujar Nadya. Sukses mendirikan bisnis kecantikan di usia muda, Nadya memberikan tips bagi generasi milenial lainnya yang ingin mengikuti jejaknya. "Tips dari saya adalah harus berani memulai, semangat terus melanjutkan yang sudah dimulai, selalu mencoba berinovasi sekaligus mendengarkan kebutuhan pelanggan, dan jangan berhenti belajar," ucapnya. "Selain itu, saya berharap lebih banyak lagi anak muda terjun membuat bisnis, karena saya yakin ide-ide segar yang dibawa akan sangat berpengaruh dalam memajukan perekonomian Indonesia, sekaligus membuka lebih banyak lagi lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitar kita," tutup Nadya.

C.Kontak Perusahaan
1. Alamat : Jalan Cipinang Muara 2 RT. 01/03 Pondok Bambu, Duren
Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13430

 2. Telepon : (021) 349878 / 0898989898767 (Whatsapp)

 3. Website : Camillebeauty.id

D. Daftar Pustaka

https://hypeabis.id/read/9610/berawal-jadi-reseller-perempuan-muda-ini-sukses-berbisnis-masker-organik

 



 

 





 


 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar