April 10, 2023

Kisah Ritesh Agarwal Pebisnis Sukses

Hiba Saputra

@AB04-Hiba



OYO Rooms menjadi salah satu perusahaan rintisan sukses di industri perhotelan. Bahkan di negara tempatnya lahir, OYO disebut sebagai jaringan hotel terbesar di India. Hal ini tentunya berkat kerja keras sang pendiri, Ritesh Agarwal.

Tahun lalu, OYO Rooms tercatat memiliki jejaring hotel lebih dari 43 ribu yang tersebar di 800 kota di berbagai negara. OYO berdiri sebagai hotel murah yang terjangkau, bersih, dan tersedia di kota-kota besar.
Sosok dibalik misi besar OYO Rooms, Ritesh Agarwal pertama kali membangun di tahun 2013 di Odisha. Namun, jauh sebelum itu kehidupan Ritesh sungguh memprihatinkan.
Keluarga kecilnya sangat sederhana dengan perekonomian yang cukup sulit. Ayahnya mengelola sebuah toko kecil di Odisha Selatan, India. Di usia 13 tahun, Ritesh membantu meringankan beban ekonomi keluarganya dengan menjual SIM Card.
Meski sempat optimis untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, Ritesh yang di tahun 2011 merantau ke New Delhi akhirnya memutuskan berhenti dari perkuliahan.
Ia memiliki inisiatif lain untuk meningkatkan taraf hidupnya dan keluarga. Suatu ketika, ia singgah ke sebuah hotel kecil di dekat tempat tinggalnya. Hotel itu dinilai tidak maksimal dalam pengelolaannya.
Ritesh menemui pemilik hotel tersebut untuk memberikan saran dan bantuan untuk mengubah hotel menjadi lebih ramai pengunjung. Dengan senang hati, ia menawarkan pemilik untuk memasarkan hotel tersebut di Internet.
Tak lama setelah itu, ia berhasil memasarkan hotel yang kini dipenuhi pengunjung. Itulah titik awal Ritesh dalam membangun kariernya di dunia perhotelan.
Ketertarikannya terhadap pemasaran dan perhotelan membuatnya memberanikan diri untuk mendirikan hotel mural bernama Oravel Stays. Pendirian hotel tersebut didasari oleh keberhasilan sebelumnya dan minimnya hotel higienis dan murah.
Di awal bisnisnya ini, ia harus menjumpai berbagai rintangan. Dilansir Business Insider, Ritesh gagal membangun hotel pertamanya bahkan lebih dari 5 kali ia mencoba membangun bisnis baru, namun hasilnya tidak memuaskan.
Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, ia berhasil melewati rintangan tersebut dan membongkar pasang model bisnis hotelnya hingga berhasil mendirikan OYO Rooms.
Mulai dari pemasaran lewat situs web hingga di tahun 2016 Ritesh memperbarui sistem bisnisnya tersebut. Sejak itu, OYO Rooms mendapatkan popularitas sebagai layanan perhotelan diiringi dengan perkembangan yang pesat di berbagai kota di dunia.
Sukses besar lewat bisnis hotelnya, Ritesh Agarwal di usia ke 27 ini berhasil memiliki kekayaan bersih senilai USD 612 miliar atau Rp 8,6 triliun tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar