April 02, 2023

KISAH SUKSES NICHOLAS KURNIAWAN (PEDAGANG IKAN HIAS MUDA)


    Jaman sekarang, para generasi muda semaikin kreatif dan berinovasi, terutama dalam hal bisnis. Banyak berbagai anak muda yang saat ini mulai menekuni beberapa bisnis yang akan dikembangkannya mulai dari bisnis F&B, Clothing, dan lain sebagainya. tentu saja dalam memulai bisnis tak semudah membalikkan tangan. Perlu perjuangan bahkan kegagalan berkali-kali sebelum sampai pada kesuksesan.

    Nama Nicholas Kurniawan mungkin sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Ia adalah sosok pemuda sukses yang mengantongi uang ratusan juta rupiah oleh karena usaha suksesnya sebagai eksportir ikan hias. 

    Nicholas yang lahir pada 29 Januari 1993 ini, berasal dari keluarga sederhana yang memiliki keterbatasan dalam hal finansial. Sejak usia 8 tahun, ia sudah membantu ekonomi keluarga dengan menjual beberapa barang kepada teman sekolahnya, mulai dari jajanan, mainan, bahkan pakaian.

    Kebiasaan berdagang itu semakin berkembang ketika Nicholas duduk di bangku SMA. Nicholas yang bertekad kuliah di Prasetiya Mulya Business School, berupaya mencari tambahan uang untuk tabungan uang kuliah karena tak ingin membebani orang tuanya. 

    Bermodalkan iseng, ia kemudian berjualan ikan hias melalui forum jual-beli Kaskus. Ternyata, ikan hias yang dijualnya tersebut banyak yang berminat, khususnya ikan Garra Rufa. Ia berpikir, menjadi pedagang ikan hias tidaklah memungkinkan untuk menabung Rp10 juta setiap bulannya. Lain halnya jika ia menjadi eksportir ikan hias. Dari sinilah, ia mulai menjajal bisnis ekspor ikan hias. Awal mula memulai bisnis ini, ia akui cukup sulit karena tidak banyak ilmu yang ia dapatkan dari orang-orang pengusaha dan eksportir ikan hias. Banyak orang yang menyarankan untuk mencoba bisnis lainnya. Setiap saran yang ia terima malahan membuat ia bertekad bulat bahwa ia pasti bisa.

    Ia pun tetap berusaha untuk mencari berbagai informasi yang berkaitan dengan bisnis ekspor ikan hias. Mulai dari bagaimana mempromosikan bisnis, tempat-tempat memasang iklan, mencari supplier yang baik hingga informasi tentang shipment agent yang menolongnya untuk mengurus segala dokumen untuk keperluan ekspor. Sambil menyelam minum air, Nicholas Kurniawan membangun website dengan mencontek website eksportir lainnya.

    Ternyata toko onlinennya tersebut menarik banyak peminat dan daganannya laku keras. Dari sini, Nicholas kemudian membuat situs web dengan menyalin situs web eksportir lain. Website yang dibangunnya bernama Tropical Fish Indonesia. Dari situs inilah, Nicholas mampu mengekspor ikan hias yang dijualnya ke luar negeri. Dalam waktu kurang darfi 1,5 bulan, Nicholas mampu mengumpulkan Rp100 juta. 

    Tentu tak ada bisnis yang selalu berjalan mulus. Nicholas juga sempat ditipu rekan bisnisnya hingga merugi 30 juta rupee dalam semalam. Namun, kerugian yang dideritanya berbuah kompensasi, yakni masuknya banyak order dari konsumen yang sebelumnya berbisnis dengan mantan rekan bisnis yang menipunya.

    Kerja kerasnya selama ini telah membuahkan hasil. Ia pun mulai mendapatkan omzet ratusan juta setiap bulannya dari bisnis ekspor ikan hias. Ia semakin mengembangkan bisnisnya dan mulai membangun brand dengan nama Venus Aquatics. Pada tahun 2013 Nicho pun dinobatkan sebagai peraih juara satu Nasional Wirausaha Muda Mandiri dan dikenal sebagai eksportir ikan hias sukses termuda di Indonesia.


Daftar Pustaka

Aipassa, Jeanny. 2022. Kisah Nicholas Kurniawan, Penjual Ikan Hias Termuda Indonesia yang Mampu Tembus Pasar Ekspor. Diakses pada 2 april 2023 melalui https://www.inews.id/finance/bisnis/kisah-nicholas-kurniawan-penjual-ikan-hias-termuda-indonesia-yang-mampu-tembus-pasar-ekspor 

Maharani. 2022. Kisah Nicholas Kurniawan, Terlilit Utang Sejak Kecil Kini Jadi Eksportir Ikan Hias Sukses di Indonesia. Diakses pada 2 april 2023 melalui https://www.balinews.id/motivasi/kisah-nicholas-kurniawan-terlilit-utang-sejak-kecil-kini-jadi-eksportir-ikan-hias-sukses-di-indonesia/ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar