April 05, 2023

Kisah sukses William Tanuwijaya pendiri Tokopedia

 


Sumber: Instagram William Tanuwijaya 


William Tanuwijaya, merupakan sosok di balik suksesnya situs belanja online terbesar di Indonesia, Tokopedia. Namun tak banyak yang tahu jika Jalan kehidupan dari William Tanuwijaya ketika menjadi seorang pengusaha cukup pelik. Dan William Tanuwijaya mengaku bahwa beliau bukanlah berasal dari keluarga terpandang justru sebaliknya. Bermodalkan restu orang tua dan semangatnya yang tinggi dalam menempuh perjalanan laut selama empat hari tiga malam demi mencari pengalaman keluar Sumatera Utara.


Biografi:
William Tanuwijaya lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 11 November 1981. Ia mengenyam pendidikan sekolah dasar hingga menengah di kampung halamannya. William yang kala itu baru lulus SMA merantau ke Jakarta untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik, mengikuti keinginan Ayah dan Pamannya. Sayangnya pada tahun kedua perkuliahan, ayah William jatuh sakit sehingga mengharuskan William untuk mencari pekerjaan sampingan agar tetap dapat berkuliah di Jakarta. Keadaan yang mendesak ini lantas memunculkan kecintaan William pada dunia internet. Pekerjaan sampingannya sebagai seorang penjaga warnet ternyata mengantarkan William meluncurkan Tokopedia pada 2009, tentunya setelah melalui berbagai perjuangan yang tidak mudah.











Awal mula perjalanan William Tanuwijaya mendirikan Tokopedia :
Usai lulus dari bangku kuliah William Tanuwijaya bekerja di kantor dengan bidang pengembangan software komputer. Beliau berada selama empat tahun di PT Boleh Net Indonesia kemudian pindah ke PT Signet Pratama selama sembilan bulan lamanya, dilanjut sebagai software developer.
Dengan bekal keahliannya di bagian IT dan Business Development Manager, beliau mendapat ide membangun Tokopedia. Selama dua tahun akhirnya atasannya memberi modal padanya, di tahun 2007 bersama Leontinus Alpha Edison akhirnya Tokopedia dibangun, resmi pada tahun 2009




Berdirinya Tokopedia:
Pada tahun 2009, William Tanuwijaya telah berhasil mendapatkan investor dan tepat di tanggal 6 Februari 2009 beliau resmi mendirikan Tokopedia. Dan saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, situs belanja online diluncurkan ke publik.
Perkembangan Tokopedia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan di tahun 2014 mendapat kucuran dana sebanyak seratus juta dollar dari Softbank Internet dan juga Sequoia Capital demi menjadikan situs tersebut sebagai marketplace internasional.
Tokopedia saat ini merupakan salah satu perusahan rintisan (startup) berstatus unicorn, alias mempunyai valuasi lebih dari US$ 1 miliar.Perusahaan tersebut juga berhasil meraih Android Excellence Apps sebagai aplikasi terbaik pilihan Google di Play Store. William juga berhasil memperoleh penghargaan Young Global Leaders pada tahun 2016, sebagai salah seorang pemimpin muda yang berpengaruh di dunia. Bersama dengan Nadiem Makarim (Founder & CEO PT. Go-Jek Indonesia), dan Achmad Zaky (CEO PT Bukalapak), dan Sigit Arifianto (CEO Lister), William menjadi salah satu CEO Terpopuler Indonesia.




Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/William_Tanuwijaya#:~:text=William%20Tanuwijaya%20(lahir%2011%20November,untuk%20membeli%20barang%20secara%20daring.

https://www.akudigital.com/bisnis-tips/biografi-william-tanuwijaya-orang-dibalik-sukesnya-tokopedia/

https://www.viva.co.id/siapa/

https://katadata.co.id/redaksi/ekonopedia/62ac8f53e3ca7/william-tanuwijaya-kisah-pendiri-tokopedia-di-jajaran-orang-terkaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar