April 13, 2023

OKI SETIANA DEWI, SEORANG PENDAKWAH YANG TERJUN KE INDUSTRI BUSANA MUSLIMAH

 OKI SETIANA DEWI, SEORANG PENDAKWAH YANG TERJUN KE INDUSTRI BUSANA MUSLIMAH



Oleh: Winda Anggelina @AB46-Winda


Abstrak

Oki Setiana Dewi merupakan salah seorang pendakwah dan juga artis yang dikenal masyarakat melalui film Ketika Cinta Bertasbih. Oki terjun ke dalam bisnis hijab dan baju muslimah sekaligus untuk mengasah bakat bisnisnya. Artikel ini akan membahas mengenai perjalanan usaha bisnis muslimah Oki, alasan mengapa ia terjun ke dunia bisnis, serta visi dan misi usaha Oki Setiana Dewi.


Pendahuluan

Oki Setiana Dewi yang merupakan Kakak dari seorang YouTuber Ria Ricis, Ia memulai usaha bisnis entrepreneur sejak tahun 2014 sebagai desainer fashion dan pengusaha busana muslimah. Dalam usaha busana muslimnya ini sendiri Oki membuat busana yang siap pakai yang diberi nama sama dengan namanya yakni brand Oki Setiana Dewi (OSD).


Pembahasan

• Latar belakang Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi seorang yang dikenal sebagai penulis dan pendakwah. Nama Oki mulai dikenal usai membintangi film Ketika Cinta Bertasbih (2009). Di luar karier, wanita kelahiran Batam, 13 Januari 1989 ini juga bersinar di bidang pendidikan. Oki menyelesaikan program doktoralnya di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Kini ia menjadi pimpinan Yayasan Maskanul Huffadz.


Bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-26, Oki bersama suami tercinta membuka toko khusus busana muslim. Keinginan Oki untuk menjalani dunia bisnis akhirnya terwujud. Brand fashion Oki berada di salah satu toko di kawasan Thamrin City, Jakarta.


• Alasan Berbisinis Di Fashion Muslimah

Menurut Oki alasan mengapa ia terjun ke bisnis fashion, khususnya busana muslimah adalah adanya prospek busana muslimah yang sangat menjanjikan. Oki menyatakan bahwa hijab bukan lagi hal yang asing di mata publik. Bahkan baju syar'i yang dulu dilihat aneh saat ini malah booming dan banyak yang disukai oleh masyarakat. Alhasil baju panjang atau abaya ini pun kini sudah bisa dan banyak dijumpai di beberapa tempat termasuk di mall.

Karena peluang bisnis fashion busana muslimah yang makin besar inilah, akhirnya Oki memberanikan diri terjun dan sekaligus mengasah bakat bisnisnya. Selain peluang yang sangat besar, banyaknya pertanyaan dari masyarakat mengenai busana yang dikenakannya membuat dirinya semakin mantap untuk menjalankan bisnis busana muslimah ini.


• Visi dan Misi Usaha Oki Setiana Dewi

Dalam menjalankan bisnis busana muslimah ini sendiri Oki mempunyai visi dan misi. Menurutnya dalam bisnis ini ia tak hanya sekedar mencari keuntungan atau keuntungan saja. Namun lebih dari itu ia ingin mengetuk hati perempuan untuk selalu mengenakan pakaian yang tertutup. Dalam hatinya Oki selalu merasa sedih bila menyaksikan banyak perempuan di luar memakai pakaian yang terbuka dan kemudian digoda oleh laki-laki yang bukan mahramnya.


• Pemasaran dan Promosi Usaha

Untuk mempromosikan usaha bisnisnya, Oki memakai media sosial dengan akun Instagram dan Twitter. Selain media sosial Oki juga melakukan pemasaran melalui pameran pernikahan dan mengikuti berbagai gelaran fashion di dalam negeri dan mancanegara.



Kesimpulan

Oki Setiana Dewi merupakan salah satu penulis, pendakwah, dan artis yang terjun ke dalam bidang usaha fashion muslimah, visi dan misi yang ingin membuat perempuan di luar sana menggunakan pakaian tertutup menjadikan ia akhirnya membuat usaha fashion muslimah ini. Pemasaran dan promosinya yang menarik membuat bisnisnya berkembang tak hanya di dalam negeri tetapi sampai ke mancanegara. 



Daftar Pustaka 

A. Irwan (2016) Membedah Bisnis Oki Setiana Dewi Di Bidang Fashion Busana Muslimah.

Diakses pada tanggal 9 April melalui

https://www.maxmanroe.com/membedah-bisnis-oki-setiana-dewi-di-bidang-fashion-busana-muslimah.html


Fimela (2015) Oki Setiana Dewi Buka Butik Busana Muslim OSD.

Diakses pada tanggal 9 April melalui 

https://www.fimela.com/fashion/read/3744194/oki-setiana-dewi-buka-butik-busana-muslim-osd


S. Hapsari, 2021 Bisnis Fashion Muslimah, Oki Setiana Dewi Tak Hanya Cari Untung. 

Diakses pada tanggal 9 April melalui 

https://mediaini.com/info-terkini/2021/09/25/60271/bisnis-fashion-muslimah-oki-setiana-dewi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar