April 13, 2023

Pentingnya Perilaku dan Peran Generasi Milenial Agar Mampu Berwirausaha (Adelia)

 

Pentingnya Perilaku dan Peran Generasi Milenial Agar Mampu Berwirausaha

Nama: Adelia Wahyu Sapitri

Nim: 46122010089

Kode pebisnis: @Ab28-Adelia

 

Abstrak

Secara bahasa, Wirausaha berasal dari kata Wira dan Usaha. Wira berarti pendekar, pahlawan, pemberani atau kesatria. Usaha merupakan melakukan sesuatu atau bekerja. Jadi kewirausahaan atau Wirausaha adalah perilaku mencoba sesuatu, mengambil resiko, berpikir kreatif dan tangguh. Sehingga Wirausaha bisa disebut Wirausahawan.

Tumbuh di era modern, generasi milenial juga memilih bisnis dan menjadi bagian dari masyarakat yang ingin mengembangkan inovasi dan ide kreatif. Kehadiran para pebisnis milenial ternyata juga memberikan dampak positif bagi negara Indonesia, yaitu dapat berkontribusi dalam pembangunan perekonomian negara dan perannya dalam dunia bisnis, atau selain untuk tujuan bisnis, profit juga dapat memberikan solusi kepada masyarakat melalui layanan atau produk yang ditawarkan dan penciptaan lapangan kerja. Di era teknologi dan informasi serta pengetahuan yang sederhana saat ini, persaingan semakin ketat, begitu juga dalam bisnis.


Pembahasan

Generasi milenial dapat berperan aktif, kreatif dan inovatif dalam berwirausaha di industri ini. Generasi milenial selalu menjadi sorotan dalam berbagai kehidupan, sosial, politik, terutama dalam bisnis. Sudah menjadi hal yang wajar karena baik menyadari atau mungkin tidak menyadari bahwa generasi milenial di bawah 30 tahun dapat menjadi salah satu kunci sukses seorang wirausahawan untuk bergerak maju menuju transformasi. Selain perannya dalam berwirausaha, generasi milenial ini juga berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam menjalankan kewirausahaan, harus ada pelatihan yang dilakukan dengan tujuan agar mereka bisa belajar dan meningkatkan ide-ide tentang bisnis, serta menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan motivasi dalam merintis usaha.

Ada lima langkah yang dapat diterapkan oleh para generasi milenial agar sukses dalam menjalankan wirausaha, yaitu :

 

1. Fokus terhadap tujuan dan visi yang telah dibuat dan dapat mengesampingkan hal-hal yang tidak penting dan terfokus untuk mencapai impian.

2. Dapat membuat dan membangun sebuah cerita mengapa usaha itu dilakukan, apa target yang ingin dicapai, dan bagaimana upaya yang harus dilakukan agar sukses kedepannya. Hal ini menjadi penting karena dengan adanya cerita, dapat menjangkau audiens atau konsumen.

3. Bekerja dengan kompeten dan menyadari kelemahan yang dimiliki. Dengan mengakui kelemahan yang ada, seorang wirausahawan dapat mengoreksi dirinya untuk tidak melakukan kesalahan lagi dan dapat kompeten dalam bekerja dan berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai.

4. Harus optimis dan yakin. Dengan adanya sikap ini, seorang wirausahawan dapat melewati semua situasi yang dihadapi. Seperti berani dalam mengambil risiko dan keputusan, yang kedepannya dapat membawa kesuksesan.

5. Ketahanan dan adanya fleksibilitas. Pasti ada yang namanya kegagalan, tetapi dengan ketahanan yang ada di dalam diri, para wirausahawan dapat bamgkit dan muncul sebagai individu yang lebih kuat dari sebelumnya.





Daftar Pustaka

http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/2239/1387

https://www.kompasiana.com/amp/veronicamaria3065/622f2893bb4486042f784812/peran-generasi-milenial-dalam-mengembangkan-kewirausahaan-di-masa-pandemi-covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar