April 04, 2023

Rentang kisah berdirinya PT AVO Innovation Technology

 


Oleh: Kanaya Azhara (@AA47-Kanaya)

PT AVO Innovation Technology terus mengembangkan perusahaan untuk secara konsisten menyediakan produk kecantikan alami, dengan nilai solidaritas perusahaan yang tinggi. Fokus pada perubahan dan pertumbuhan yang lebih baik, berorientasi pada triple bottom line; Profit, People, dan Planet menjadi satu dan konsisten.

PT AVO Innovation Technology merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri kecantikan asli indonesia. Berdiri sejak 10 Oktober 2014 di yogyakarta. PT AVO Innovation Technology didirikan oleh Anugrah Pakerti, salah satu pengusaha muda yang masuk daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2020 dan telah mengeluarkan beberapa produk kecantikan yang berkelas dengan label avoskin yang terkenal dalam menggunakan bahan-bahan alami, yakni essencial oil. PT AVO Innovation Technology bekerja sama dengan PT Perintis Pelayan Paripurna (Century Healthcare) yang merupakan anak perusahaan dari pharos indonesia sebagai offline store produk Avoskin. Pada awal tahun 2017.

PT AVO Innovation Technology pada Desember 2017 secara resmi mengeluarkan lini bisnis di kosmetik dekoratif dengan merek Looke Cosmetics, pada tahun 2018 meluncurkan merek Lacoco En Nature, lalu di tahun 2021 meluncurkan merek perawatan dermatology Oasea Laboratories.

Perjalanan Anugrah Pakerti membangun Avoskin sebagai brand beauty disruptor dan penggerak ekonomi nasional bukanlah tanpa hambatan. Kesuksesan yang didapatkan saat ini tentu merupakan hasil kerja kerasnya melewati berbagai tantangan dan hambatan. Ia bahkan pernah merugi hingga Rp30 juta hanya dalam kurun waktu satu minggu ketika dirinya masih menjadi seorang trader forex dan saham.

Meski bukan jumlah yang sedikit, kejadian itu tidak lantas membuatnya larut dalam keterpurukan. Sebaliknya, pemilik Avoskin ini justru menjadikan pengalaman tak terlupakan tersebut sebagai salah satu batu loncatan untuk menekuni bisnis lain.

Secara perlahan, Aan bangkit dengan penghasilan dari sales properti. Penghasilan itu pun ia jadikan modal untuk mengembangkan Avoskin.

Kisah pemilik PT AVO Innovation Technology mengembangkan usahanya dimulai dari kamar kos sempit berukuran 3x3 meter, seperti yang dikutip dari sebuah cuitan karyawan Avoskin di media sosial Twitter. Pada waktu itu, Anugrah Pakerti bersama dua orang temannya, Ahmad dan Lulung, mulai mengembangkan bisnis skincare.

Awalnya, bisnis ini masih berupa CV. Kemudian, mereka melakukan research lab dan melakukan produksi melalui sebuah perusahaan. Setelah sukses menjalani uji lab dan berhasil, lahirlah Avoskin pada Oktober 2014 dan ketika itu, Anugrah Pakerti masih berstatus sebagai mahasiswa semester akhir.

Setelah mendirikan Avoskin, Anugrah Pakerti pun masih harus memikirkan bagaimana cara mengembangkan bisnis skincare tersebut, sebab Avoskin bermula dari bisnis yang ditawarkan secara door to door.

Dari metode penjualan tersebut, Avoskin berhasil terjual dalam jumlah puluhan. Pada 2016, produk Avoskin mulai dikenal masyarakat luas dan berhasil meningkatkan penjualannya hingga ribuan.

Tak hanya itu, karyawan Avoskin juga terus bertambah. Dari yang awalnya berjumlah 20 orang ketika berbentuk CV, menjadi ratusan ketika menjadi sebuah PT seperti sekarang. Kunci kesuksesan yang diraih oleh Avoskin bukan hanya karena keuletan saja, melainkan dengan inovasi terhadap produk yang dibutuhkan konsumen. Berinovasi dapat membuat sebuah brand menguasai pasar lebih luas.

Itulah kisah dari pemilik PT AVO Innovation Technology, Anugrah Pakerti. Berdasarkan cerita kesuksesan tersebut, Avoskin tak hanya sukses dari segi kualitas produknya saja, melainkan juga inovasi pelayanan yang memberikan kemudahan pada konsumen. Simak juga kisah selengkapnya mengenai perjalanan Anugrah Pakerti dalam membangun Avoskin di video ini.

Bagi yang juga ingin mengembangkan bisnis, Anda bisa ambil poin-poin penting dari kisah kesuksesan Anugrah Pakerti, khususnya saat ia terus melakukan inovasi. Inovasi tak hanya bisa dilakukan pada produk, tetapi juga pelayanan. Anda bisa mempermudah transaksi pembayaran bisnis dengan menggunakan layanan payment gateway Indonesia dari Midtrans, seperti yang juga dilakukan Anugrah Pakerti dan timnya di Avoskin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar