April 17, 2023

REVIEW VIDEO KEWIRAUSAHAAN

 

 

1.      VIDEO 1

Saya akan mereview video pertama tentang ”lebih dekat dengan kewirausahaan, dicari 4 juta wirausahawan baru.”

 

Dalam video tersebut dibahas tentang pengertian kewirausahaan seperti kewirausahaan merupakan suatu ilmu dan bagaimana mengembangkan kreativitas dan inovasi serta berani menanggung resiko.  Selanjutnya dibahas tentang bagaimana Indonesia membutuhkan 4 juta wirausaha baru didalam era global, serta tujuan kewirausahawan agar lebih berkualitas dalam menghadapi persaingan dan bisa mensejahterakan masyarakat, diharapkan para pelajar bisa memiliki keunggulan untuk melakukan kewirausahawan. Lalu selanjutnya membahas tentang potensi dan motivasi kewirausaan yang bisa dijadikan sebegai penggerak. Selanjutnya dibahas tentang faktor-faktor motivasi berwirausaha seperti;

1.      Faktor lingkungan

2.      Faktor sosiologis

3.      Faktor ketersediaan sumber daya

4.      Faktor personal

5.      Adversity quotient

Selanjutnya ada karakteristik wirausaha

1.      Memiliki komitmen yang tinggi

2.      Disiplin

3.      Percaya diri

4.      Pantang menyerah

5.      Memikiki kreativitas tanpa batas

6.      Berani mengambil resiko

7.      Kemampuan sebagai perorganisasi dan administrator

Lalu dibahas tentang sifat kewirausahaan yang ditujukan agar kita bisa stabil dalam menjalankan kewirausahaan. Dapat disimpulkan bahwa dalam menjalani kewirausaan bisa membuka lapangan kerja bagi orang yang membutuhkan dan dari yang sudah dipaparkan pada video seperti faktor motivasi, karakteristik, keuntungan dan kerugian wirausahaan hal tersebut dipaparkan agar kita mengetahui bagaimana cara menjadi pengusaha yang baik dan berkompeten.

2.      VIDEO 2

Saya akan mereview video kedua tentang ”pentingnya kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan.”

 

Dapat disimpulkan bahwa kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan merupakan hal yang penting agar sebagai wirausahaan kita dapat membuat idea tau gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu kemauan dan kerja keras. Untuk mendapat pimikiran kreatif juga pasti membutuhkan tahapan-tahapan tertentu. Kreativitas dan inovasi juga diperlukan agar bisnis yang kita lakukan tumbuh dan tetap berjalan terus, juga tidak kalah saing dengan bisnis lain karena kita memiliki inovasi yang bisa kita kembangkan.

 

3.      VIDEO 3

Saya akan mereview video ketiga tentang ”eksploitasi imajinasi dan intuisi dalam kewirausahaan.”

 

Dapat kita simpulkan bahwa imajinasi dan intuisi juga diperlukan dalam kewirausahan agar hal tersebut bisa kita kolaborasikan dengan kreatif dan inovasi, jika hal tersebut digabungkan kita sudah mempunyai salah satu modal untuk melakukan wirausaha.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar