Mei 18, 2023

MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA UNTUK KALANGAN MAHASISWA DAN KAUM MUDA

 Rachma Nurfikha Dewi 

(AB26-Rachma)

MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA UNTUK KALANGAN MAHASISWA DAN KAUM MUDA


Dalam beberapa tahun terakhir, ada tren yang berkembang dalam mempromosikan kewirausahaan di kalangan anak muda. Ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa dan dewasa muda yang baru memulai karir profesional mereka. Kemampuan untuk memulai dan menjalankan bisnis adalah keterampilan berharga yang dapat memberikan stabilitas keuangan dan kepuasan pribadi. Untuk tujuan ini, menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan siswa dan dewasa muda telah menjadi prioritas utama bagi para pendidik dan pemimpin bisnis.

            Kewirausahaan telah menjadi aspek mendasar dari masyarakat modern. Ini bukan hanya untuk individu yang ingin memulai bisnis; itu juga bertindak sebagai landasan bagi mereka yang bercita-cita menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing. Tidak terkecuali generasi muda. Memberdayakan pikiran yang lebih muda untuk menjadi pengusaha memungkinkan mereka untuk mengembangkan soft skill di luar kurikulum mereka, seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan kemampuan beradaptasi.

            Kewirausahaan adalah keterampilan penting bagi setiap individu, dan sangat penting bagi kaum muda untuk mengembangkan keterampilan ini sejak dini. Di banyak universitas, program kewirausahaan telah dibuat untuk mengajarkan siswa bagaimana memulai dan menjalankan perusahaan mereka sendiri. Namun, program-program ini seringkali ditujukan untuk mahasiswa di bidang bisnis atau teknik, dan mungkin tidak dapat diakses oleh mahasiswa dari bidang lain. Akibatnya, ada kebutuhan untuk mengembangkan program-program baru yang dapat membantu mahasiswa dari berbagai latar belakang akademis mengembangkan pola pikir kewirausahaan.

            Kewirausahaan adalah keterampilan penting yang semakin berharga di pasar kerja saat ini. Sementara banyak orang percaya bahwa kewirausahaan hanya untuk pemilik bisnis, kenyataannya itu juga merupakan cara berpikir dan pendekatan pemecahan masalah yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang. Dalam paragraf ini, kita akan mengeksplorasi pentingnya menanamkan pola pikir kewirausahaan pada generasi muda, khususnya mahasiswa dan profesional muda, dan bagaimana hal tersebut dapat bermanfaat tidak hanya bagi individu tetapi juga masyarakat luas. Dengan mendorong individu untuk merangkul inovasi dan kreativitas, kami dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih tangguh dan gesit.

            Kewirausahaan adalah aspek penting dari dunia modern, dan telah terjadi peningkatan kebutuhan bagi pelajar dan kaum muda untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan mereka. Di dunia sekarang ini, menjadi pengusaha bukan hanya pilihan karir, itu adalah cara hidup yang membutuhkan pola pikir dan keterampilan yang unik. Banyak universitas dan lembaga pendidikan sekarang mengakui pentingnya mengajarkan keterampilan kewirausahaan kepada siswa mereka. Hal ini mendorong perlunya mengembangkan dan mempromosikan program-program yang membantu menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan anak muda, dan mendorong mereka untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang inovasi dan pertumbuhan di industri masing-masing.

Beberapa tips untuk menumbuhkan kewirausahaan pada generasi muda:

1.     Kita bisa belajar dari kisah sukses orang lain. Banyak kisah para pengusaha sukses yang memulai usahanya dari nol, dengan perjuangan yang berat dan tentunya jatuh bangun, namun akhirnya menjadi pengusaha sukses.

2.     Modal: Kebanyakan orang ragu untuk memulai bisnis karena modal yang terbatas atau tidak ada. Untuk mengatasi hal tersebut, pertama-tama kita bisa berupaya mengumpulkan modal sebelum memulai berwirausaha. Dengan melakukan hal-hal lain di tempat kerja, selain menambah penghasilan, kita mendapatkan pengalaman dalam kehidupan kerja, modal juga diperoleh dengan meminjam dari bank, tetapi itu sangat tidak dianjurkan.

3.     Fokus dalam berwirausaha, sikap fokus ini sangat diperlukan dalam berwirausaha dan selalu ingat untuk memiliki sikap optimis. Seorang entrepreneur harus memiliki dua sikap ini agar tidak cepat menyerah saat mencoba. 

 

DAFTAR PUSTAKA

Mukminin, A., & Purwanti, E. Y. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Di kalangan Mahasiswa STAIMAS Wonogiri Dengan Model Pembelajaran Berbasis Produksi. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM4(2), 119-125.

Ismail, I., Al-Bahri, F. P. F. P., Ahmad, L., & Salam, A. (2020). IbM pelatihan kewirausahaan sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan menggali ide usaha baru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia1(1), 16-22.

Devy. 2022. “Cara Menumbuhkan Minat Kewirausahaan pada Generasi Muda”. https://www.kompasiana.com/devy1104/635c8e1d08a8b509966964c2/cara-menumbuhkan-minat-kewirausahaan-pada-generasi-muda (diakses tanggal  18 mei 2023, pukul 15.08)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar