Mei 02, 2023

REVIEW VIDEO KEWIRAUSAHAAN


Hanifa Zelia

@AB20-Hanifa




 VIDEO 1

PENYEBAB KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN DALAM BERWIRAUSAHA

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan selain sebagai praktek juga merupakan suatu ilmu, yaitu bagaimana cara mengembangkan suatu kreativitas dan inovasi serta berani mengambil risiko terhadap pekerjaan yang kita lakukan guna mewujudkan hasil karya. Dalam berwirausaha banyak peluang yang harus diwujudkan dan dimanfaatkan, sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

INDONESIA BUTUH 4 JUTA WIRAUSAHA BARU

Di Indonesia masih kekurangan wirausahawan. Saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1% dari total populasi penduduk yang mencapai 270 juta jiwa. Di era digital ini wirausahawan masih sangat diperlukan setidaknya 4 juta wirausaha baru untuk meningkatkan struktur ekonomi. Indonesia perlu meningkatkan produktivitas dan daya saing untuk lebih meningkat lagi kontribusinya. Saat ini wirausaha nasional mencapai sekitar 8,06 juta jiwa penduduk Indonesia. Menteri perindustrian menjelaskan, bahwa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 pihaknya telaha menggagas platform e-commerce bertajuk e-Smart IKM, sebagai salah satu upaya strategis pemerintah guna membangun sistem database IKM yang diintegrasikan melalui beberapa marketplace yang sudah ada di Indonesia. Berdasarkan data Aprindo pertumbuhan ritel UKM pada tahun 2018 berkontribusi hingga 60% untuk perekonomian nasional. UKM juga memberi dampak yang baik bagi masyarakat sekitarnya penyerapan tenaga kerja.

TUJUAN KEWIRAUSAHAAN

1. Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.

2. Mewujdukan kemampuan dan kematangan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

3. Membudidayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan dikalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, andal, dan unggul.

4. Menumbuhkembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang Tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat

FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI BERWIRAUSAHA

1. Faktor lingkungan

2. Faktor sosiologis

3. Faktor ketersediaan sumber daya

4. Faktor personal

5. Adversity quotient


FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN SEORANG WIRAUSAHA

1. Faktor peluang

2. Faktor SDM 

3. Faktor keuangan

4. Faktor organisasional

5. Faktor perencanaan 

6. Faktor pemasaran dan penjualan

7. Faktor administrasi


FAKTOR-FAKTOR KEGAGALAN SEORANG WIRAUSAHA

1. Tidak kompeten dalam manajerial

2. Keuangan tidak terkendali

3. Gagal dalam berencana

4. Lokasi yang kurang memadai

5. Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha

6. Ketidakmampuan dalam melakukan transisi kewirausahaan

7. Kurang berpengalaman

Sumber: 



VIDEO 2

PENTINGNYA KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN

PENGERTIAN KREATIVITAS

Kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikit kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan, perhatian, kemauan, kerja keras, dan ketekunan. Kreativitas dapat dikembangkan melalui peningkatan jumlah dan ragam masukan ke otak, terutama hal baru. Dengan memanfaatkan daya ingat, daya khayal dan daya serap otak akan dapat ditumbuhkan berbagai gagasan baru(kreativitas).

Meskipun memiliki arti yang berbeda, namun kreativitas dan inovasi saling berkaitan, khususnya dalam sebuah bisnis. Kreativitas berarti adanya ide-ide baru yang muncul ketika melihat sebuah kesempatan dalam dunia bisnis dan inovasi berarti bagaimana seorang pebisnis mencari solusi untuk mengembangkan ide kreatif yang dimiliki. Dengan adanya kreativitas dan inovasi dalam kegiatan wirausaha, sebuah ide-ide baru akan muncul dengan sendirinya. Hal ini sangat berguna bagi wirausaha untuk mengembangkan bisnis ataupun usaha lainnya. Lalu, mengapa kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis? Hal ini dikarenakan kreativitas merupakan kunci utama berkembangnya sebuah bisnis dan inovasi juga berkaitan erat dengan kreativitas yang kita bangun agar bisnis yang kita jalankan dapat bergerak maju ke depan dan tidak tenggelam. Nah, tentunya untuk bisa memperoleh ide-ide yang brilliant perlu adanya keberanian dan tidak pantang menyerah serta terus belajar hingga kita menemukan titik peluang dalam usaha kita. Manfaat kreativitas dan inovasi

1. Mempertahankan eksistensi bisnis atau usaha Dalam memulai bisnis, kita harus bisa membawa merek tersendiri dan mudah dikenali oleh masyarakat, sehingga konsumen mudah dalam mencari dan menemukan produk atau jasa yang kita tawarkan. Inovasi ini sangat berperan penting dalam memasarkan produk yang akan kita jual. Dengan adanya inovasi baru disertai kreativitas yang tinggi, tentunya, produk akan terus berkembang dan terus melakukan terobosan, sehingga eksistensi bisnis dapat dipertahankan. Bahkan, mampu membuat bisnis semakin melaju pesat.

2. Menarik Para Konsumen

Di dalam dunia bisnis, persaingan pasar selera pasar akan selalu berubah mengikuti zaman dan juga trend yang sedang popular. Maka dari itu, diperlukan adanya pemikiran yang inovatif dan ide yang kreatif agar kita dapat meningkatkan usaha atau bisnis kita.

3. Meningkatknya penjualanan 

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari kreativitas dan inovasi pada sebuah usaha adalah efek dari meningkatnya penjualanan. Salah satu bentuk dari ide-ide kreatif dan diwujudkan melalui inovasi usaha. Jika kita terus konsisten mengembangkan keduanya, maka dampak yang akan kita peroleh akan sebanding dengan usaha yang kita keluarkan.

MODAL KREATIVITAS

1. Modal insani

Modal ini berasal dari diri pribadi. Dalam membangun bisnis kemampuan, seperti kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan sangat diperlukan untuk mengembangkan ide bisnis agar semakin maju dan dikenal oleh banyak orang.

2. Modal sosial

Modal sosial berkaitan dengan interaksi antara pebisnis dengan pelanggan. Hubungan yang kuat antara bisnis dan pelanggan meruapakan salah satu strategi customer engagement. Strategi ini sering diterapkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, kita harus jujur dengan produk yang kita pasarkan, sehingga customer dapat memiliki kepercayaan terhadap penjual.

3. Modal budaya

Setiap daerah memiliki kearifan lokal masing-masing. Dengan adanya kreatviitas dan inovasi yang kita miliki kita bisa kembangkan lebih lanjut dengan kreativitas tertentu. Jadi, kreativitas beserta inovasi dapat kita salurkan melalui Misalnya, kerajinan ondel-ondel dari DKI Jakarta. Ondel-ondel tidak lagi digunakan sebagai objek sakral, tetapi dijadikan media untuk kepentingan bisnis. Dalam hal ini, kita dapat meilihat diberbagai daerah. Biasanya, ondel-ondel ini ada di lampu merah. Bayak sekali, masyarakat yang memanfaatkan itu untuk kepentingan bisnis pribadi dengan cara mengamen. 

4. Modal struktur kelembagaan

Modal ini berhubugan dengan kebijakan pemerintah. Jadi, kita diberikan kebebasan fasilitas, kesempatan oleh pemerintah untuk berkreativitas sekreatif mungkin.

PROSES PEMIKIRAN KREATIF

1. Tahap persiapan

2. Tahap inkubasi

3. Tahap iluminasi

4. Tahap verifikasi

CARA MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM BERWIRAUSAHA

1. Memiliki motivasi yang tinggi, dapat bekerja cerdas, kreatif, dan inovatif

2. Berani mencoba hal baru

3. Berada dilingkungan yang positif dan mendukung 

4. Tidak menyerah

5. Berani mengambil risiko dan tidak takut gagal

6. Konsisten, ulet, dan tekun 

Apa saja ya tuntutan kreativitas dalam berbisnis dimasa kini?

Di era globalisasi sekarang ini persaingan bisnis menjadi sangat ketat. Perusahaan bisnis dituntut untuk memenuhi kebutuhan kinsumen serta berusaha untuk menciptalan sesuatu yang baru, sehingga produk yang akan kita jual dipasaran mempunyai keunggulan dan berbeda dengan produk pesaing lainnya.

INOVASI

Inovasi adalah upaya melakukan suatu pembaruan produk maupun dari layanan suatu perusahaan.

PROSES INOVASI 

1. Tahap discovery

2. Tahap invention

3. Tahap application

4. Tahap diffusion

SUMBER PELUANG INOVASI

1. Penelitian dan pengembangan

2. Keberhasilan/kegagalan

3. Persaingan pasar

4. Perubahan struktur industry/pasar, kebutuhan, keinginan dan daya beli 

masyarakat

5. Perubahan demografi

6. Perubahan persepsi, mood, selera, dan makna

7. Pengetahuan yang baru/ IPTEK baru 

MACAM-MACAM INOVASI

1. Inovasi produk

2. Inovasi proses bisnis

3. Inovasi organisasi

MANFAAT INOVASI DALAM USAHA

1. Memperoleh peluang kemampuan dan pengetahuan menghasilkan produk

2. Peluang menghasilkan nilai tambah baru

3. Peluang merintis usaha baru

4. Peluang melakukan proses/teknik baru

5. Mengembangkan organisasi baru

MANFAAT MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI

1. Meningkatkan efisiensi produk

2. sebagai pembeda atau ciri khas bisnis

3. menarik lebih banyak konsumen

4. menciptakan pasar baru di tengah masyarakat

5. mampu bersaing dengan bisnis competitor




VIDEO 3

EKSPLOITASI IMAJINASI DAN INTUISI UNTUK PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN 

PENGERTIAN IMAJINASI DAN INOVASI

Imajinasi merupakan sebuah gambar objek atau angan yang kita bayangkan atau khayalkan. Imajinasi ini akan memberikan kekuatan untuk memproses citra mental dan ide yang kita pikirkan, sedangkan intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi terbentuk dari pikiran bawah sadar terjadi secara tiba-tiba dan secara naluriah kita mengetahui, bahwa sesuatu yang kita lakukan benar. Misalnya, ketika berbisnis intuisi akan membantu kita dalam menghasilkan ide-ide brilliant yang tidak kita pikirkan sebelumnya. Ada beberapa hal yang bisa kita peroleh dari intuisi, yaitu mendapat kreativitas dan rasa percaya diri.

Strategi untuk mengejar konsep Hammel dan Prahalad yaitu strategi mengejar imajinasi (visi) disebutnya sebagai strategic Intent. Penyusunan startegi ini dikembangkan secara bertahap serta konsisten. Dalam strategi mengejar imajinasi ini, masa depan bukan hanya dibayangkan, tetapi harus dibangun. Berikut hal yang perlu kita ketahui hal apa saja yang dapat mendorong proses bawah sadar, yaitu:

1. Sikap berani

2. Keraguan

3. Banyaknya pengalaman

4. Persiapan yang sempurna dan sungguh-sungguh

5. Menyerah sementara

6. Bertukar pikiran dengan orang lain

7. Tidak gampang kebingungan atau merasa kacau

8. Batas waktu atau deadlines




Tidak ada komentar:

Posting Komentar