Maret 26, 2014

Hemat Mart

250-Ahmad Rifai

TOKO HEMAT MART

Merupakan usaha di bidang mini market, didirikan oleh pasangan cina di daerah Tambun Selatan, Bekasi. Pemilik toko adalah keluarga Tommy. Alamat tokonya ada di Setu dan di desa Mangun Jaya. Toko di Desa Mangun Jaya, Kecamatan Tambun Selatan ini adalah toko utamanya, yang cukup dekat dengan rumahnya.

Rumah utama Tommy memiliki dua lantai, lantai atas berfungsi sebagai rumah. Sedangkan lantai bawah berfungsi sebagai gudang dan tempat tinggal karyawan. Usaha Tommy menurut saya cukup sukses, rumah dua lantai dengan harga beli dahulu katanya Rp. 300 juta itu disulap menjadi rumah serbaguna. Halaman depan rumahnya dapat menampung dua mobil dan masih mampu menampung 1000 kardus indomie.

Bagian tengah dapat menampung pasokan mingguan seperti minyak goreng, sabun, deterjen, terigu, tepung sagu, kecap, kopi, susu dan masih banyak lagi bahan kelontong lainnya. Secara rutin karyawan mengambil stok ke rumah Tommy untuk memasok ketersediaan dagangan di toko Mangun Jaya. Sedangkan untuk toko di Setu, tokonya lebih besar memiliki 2 lantai, sudah seperti Indomaret, memiliki sistem order barang pasokan ke rumah Tommy beberapa hari sekali. Biasanya tiga hari, karyawan Mangun Jaya, juga bertugas menyiapkan pesanan toko Setu. Setelah disiapkan didalam mobil, Ngko bertugas mengantar barang-barang pesanan toko Setu.

Barang-barang pasokan di Setu diletakkan di lantai atas. Baru di pajang di lantai bawahnya. Usaha HEMAT MART sudah cukup berkembang. Setidaknya asetnya kurang-lebih telah mencapai 2 Milyar lebih. Setiap toko memiliki kepala toko, jumlah karyawan tiap toko sekitar 5-7 orang. Sistem pembayaran telah dikomputerisasi, sehingga tidak dijumpai penjualan secara manual. Prinsip/ motto Hemat Mart yang saya pahami adalah “Menyediakan Barang dengan Harga Lebih Murah” ini merupakan kebijakan cukup menarik banyak pelanggan. Salahsatu kunci mengapa toko ini harganya biasanya lebih murah adalah karena membeli dengan cara grosir sebelum dijual di toko. Misalnya Indomie, toko Nci mampu membeli grosir 1000 kardus. Nah ketika di jual di tokonya, Indomie yang ia jual harganya bisa 2000 lebih murah dibandingkan di Alfa Midi tiap kardusnya.

Hal lain yang bisa membuat harga lebih murah adalah seperti promo dengan menggandeng agen, seperti gambar diatas merupakan promo bersama produk JOHNSONS All Varians dengan banyak undian. Hal semacam ini semakin menarik konsumen. Sejauh ini, tokonya belum memiliki logo khusus, hanya nama HEMAT MART sebagai pertanda toko ini. Omzet yang dicapai toko ini dapat mencapai 2-8 juta per hari, tergantung musimnya. Misalnya bulan puasa tentu omzetnya sangat tinggi. Toko HEMAT MART buka dari pukul 07.00 sapai dengan pukul 10.00 WIB. Setiap karyawan memiliki jatah libur satu kali dalam satu minggu, keunggulan toko ini adalah mau memberikan jasa pesan antar melalui panggilan telepon. Pmbayaran dilakukan di tempat. Sekian Observasi saya, banyak kekurangan saya minta maaf sebelumnya. terimakasih telah membaca artikel ini.
----------------------------------------------
DESKRIPSI USAHA
NAMA USAHA: 
Toko Hemat Mart
PEMILIK: 
Keluarga Tommy
JUMLAH TOKO:
2 Unit
ALAMAT:
Toko 1: Desa Mangun Jaya, Kecamatan Tambun Selatan
Toko 2: Ruko Setu, Setu, Bekasi
OMZET PER BULAN:
2-8 Juta Per Hari
FILOSOFI BISNIS:
Menyediakan Barang dengan Harga Lebih Murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar