Mei 07, 2024

Proposal bisnis

 Nama : Alysia Haliza 

Nim : 44120010069


"Mandeh" adalah sebuah bisnis kuliner sejak tahun 2022 yang menawarkan hidangan kekinian dengan citarasa khas Minang. Mandeh menghadirkan beragam hidangan Minang yang disajikan dengan sentuhan modern dan inovatif. Mulai dari Rendang Aglio Olio, Ayam pop, Grilled Chicken dengan bumbu khas minang, dimana semua disajikan dengan citarasa autentik namun dipresentasikan secara menarik dan sesuai dengan selera masa kini. Mandeh juga fokus pada kualitas bahan baku dan pelayanan yang ramah, sehingga memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan bagi para pelanggan.

Dengan sistem budaya “materilinial” khas minang, Mandeh menghubungkan pemberdayaan wanita dalam setiap detail karakternya yang terpatri disetiap benak semua orang, pelayanan layaknya kehangatan seorang ibu dan juga produk dari hulu ke hilir tidak lepas dari peran wanita sebagai penyedia maupun pencetus menu yang ada.

Video Penjualan

NAMA: SHOFALIA AZZAHRA

NIM: 46123010017



AG19_Video Promosi (REVISI)

 NAMA : SHOFALIA AZZAHRA

NIM : 46123010017




Video Penjualan Cincin Manik Flower Ring's


Nama : Wanda Febrianti 
Nim : 46123010010

Flower Ring's 



 

TUTORIAL SIMPLE DIGITAL ART

Nada Assyiffa 
(46123010129)




Review Video “ Strategi Bisnis, Kepemimpinan, dan Managemen”

 


By : Annisa Nuraini, AG-47

Desain presentasi sudah menarik, dengan penggunaan warna cerah dan size huruf yang pas membuat mudah dibaca. Pemaparan materi dalam video juga sudah jelas dan dijabarkan secara detail sehingga saya sebagai pendengar juga cukup paham. Isi materi juga sangat bermanfaat, terutama untuk para pemula pebisnis yang mungkin masih amatir dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat dari video ini. Dari video ini, kita dapat mengetahui mengenai kepemimpinan dan tim dalam suatu organisasi, dan mengetahui fungsi managemen dan seperti apa teknik managemen modern. Namun, sayangnya suara Bapak Atep kurang terdengar dalam video tersebut dan juga tidak seperti judul yang ada variable “strategi bisnis” dalam video tersebut tidak ada penjelasan startegi bisnis sama sekali sehingga memunculkan kesan clickbait.

ARTIKEL diluhur cafe


Oleh : Annisa Nuraini

Abstract

Pada zaman inflansi ini, banyak orang menyadari bahwa penghasilan dari suatu pekerjaaan belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika memiliki satu perkerjaan saja masih kurang cukup, terlebih lagi mereka yang masih kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Salah satu solusi alternatif dari permasalahan ini adalah berbisnis. Ide dari “berwirausaha” itu sendiri tengah popular di kalangan masyarakat kini. Selain dapat menjadi pekerjaan sampingan yang menghasilkan, dengan berwirausaha kita juga dapat menambah lapangan kerja. Banyak sektor usaha yang bisa kita coba, salah satunya adalah sektor kuliner.

Pendahuluan

Melalui kemajuan teknologi, informasi menjadi mudah untuk diakses. Hanya dengan menuliskan keyword pada suatu situs, beragam macam informasi bermunculan. Dari mudahnya akses internet ini munculah istilah “viral”. Hampir setiap hal dapat diviralkan, ditemukan setidaknya pada anak muda mereka senang membuat konten jalan - jalan, mencari tempat nongkrong yang aesthetic. Tidak hanya mencari tempat yang aesthetic, mereka juga suka mereview kuliner di sekitaran tempat tersebut. Berdasarkan kriteria ini, memulai bisnis café dapat memilki peluang awal yang cukup tinggi. Café menjadi salah satu tempat incaran favorit untuk menghabiskan waktu. Pelanggan tidak hanya dapat menikmati makanan yang nikmat, namun café juga menjadi tempat santai untuk bekerja maupun belajar dikarenakan suasananya cenderung berbeda dengan restaurant.

 

Permasalahan

Meskipun memulai bisnis café dapat dikatakan berpeluang tinggi, namun pada nyatanya dalam memulai bisnis kita tidak bisa hanya bergantung pada angka saja. Dalam memulai setiap bisnis dibutuhkan jiwa pebisnis yang handal. Dimulai dari progress dan managemen bisnis yang baik. Pada akhirnya, keputusan untuk membuka cafe adalah keputusan pribadi yang harus dipertimbangkan dengan matang. Membuka café juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Perlu diperhitungkannya biaya tempat, peralatan, bahan baku, karyawan, dan lain sebagainya. Diperlukannya riset pasar untuk mengetahui apakah ada permintaan yang cukup untuk cafe tersebut. Perlu juga mengetahui siapa saja pesaing bisnis dan keunikan tersendiri dari café.

Pembahasan

Diluhur café menyungsung konsep perpaduan tema industrialis dan nature yang memberikan suasana modern namun tetap menyatu dengan alam. Kami berdedikasi memberikan kenyamanan kepada para pelanggan dan terus berinovasi menyempurnakan hidangan yang kami sajikan demi kepuasan pelanggan. 


Kesimpulan

Setiap usaha membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik. Dalam kewirausahaan, manajemen dan kepemimpinan harus berjalan bersama-sama untuk mencapai kesuksesan. Manajemen harus dapat mengatur kegiatan operasional, marketing, keuangan, dan SDM, sedangkan kepemimpinan harus dapat mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Daftar Pustaka

https://delifru.co.id/id/ingin-memulai-bisnis-cafe-ini-yang-dibutuhkan/

https://akuntansi.uma.ac.id/2020/10/20/mengapa-harus-memilih-untuk-b

erwirausaha/

Video Promosi by Sweet Aleta

 Maria Yulita Da Gomez

46123010037

Psikologi










Review Video Urgensi Kepemimpinan Dalam Kewirausahaan



Nama : Siti Aminah Rangkuti

Nim : 46123010044

AG30

Setelah saya menonton dan menyimak isi video tersebut dapat saya pahami bahwa jiwa kepemimpinan didalam kewirausahaan sangat penting, dimana seseoranv yang memiliki kerakteristik kepemimpinan yang disebutkan dapat memimpin dalam membawa usahanya pada kesuksesan dan tidak takut untuk menghadapi kegagalan, dalam kewirausahaan pemimpin diharapkan mampu mengayomi anggota timnya dan dapat menerima segala bentuk komen atau saran dari mereka, sekian review dari saya, Terimakasih





RIVEW VIDIO STRATEGI BISNIS, KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN

Nama : Najwa karomi

Kode : AG29

Nim : 46123010043


Pada materi yang ada di vidio ini menjelaskan tentang apa itu organisasi, konsep dasar tentang manajemen dan kepemimpinan. Organisasi, Manajemen, dan Kepemimpinan sangat berhubungan erat dalam mengelola sebuah bisnis. 

Organisasi adalah hubungan antara beberapa orang yang dimana didalamnya ada pengarahan dari pimpinan agar apa yang menjadi tujuan bersama bisa tercapai. 

Definisi manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi lainnya yang telah ditetapkan. 

Istilah manajemen memiliki 3 unsur, yaitu:

1. Manajemen sebagai suatu proses yang dimana digunakan sebagai ilmu pengetahuan dan keahlian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

2. Manajemen sebagai suatu seni dan ilmu pengetahuan

3. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktifitas manajemen. 


Teknik manajemen modern 

1. Manajemen by delegations

2. Manajemen by exception

3. Manajemen by objective

4. Manajemen by result

5. Management by system

6. Manajemen by participation


Fungsi manajemen ada 6 yaitu: 

1. Perencanaan untuk menentukan tujuan

2. Pengorganisasian = menetapkan posisi>tugas>tanggu jawab yang tepat

3. Pengadaan staf 

4. Pengarahan

5. Pembaharuan

6. Pengawasan, dan perwakilan. 


Bentuk organisasi

1. Usaha perseorangan

2. Usaha patungan

3. Usaha perseroan


Definisi kepemimpinan adalah suatu upaya merealisasikan tujuan perusahaan dengan memadukan kebutuhan para individu untuk terus tumbuh berkembang dengan tujuan organisasi. 


Syarat kepemimpinan

1. Kekuasaan

2. Kewibawaan

3. Kemampuan

Review Video Strategi Bisnis, Kepemimpinan, dan Manajemen

 Nama: Adin Firliany Mulyati

NIM: 46123010132

AG44



Mempelajari strategi bisnis, manajemen, dan kepemimpinan memberikan pemahaman yang luas tentang bagaimana sebuah organisasi dijalankan dan dipimpin. Pengertian organisasi, manajemen, dan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan diberikan oleh Indah Permata Widayani dan Taufik Hidayat. Selain itu, mereka membahas berbagai pendekatan manajemen kontemporer, termasuk Manajemen Berdasarkan Tujuan, Pengecualian, dan Delegasi. ? 

Pembicaraan tentang kepemimpinan juga menekankan betapa pentingnya mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama dan mengingat kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan setiap orang. Dalam manajemen, kepemimpinan bertanggung jawab atas komunikasi, pengarahan, motivasi, dan pelatihan. Pembicaraan tentang tim mencakup apa yang membedakan tim yang kompak, kurang bersatu, dan tidak bersatu, serta seberapa penting manajemen yang efektif untuk memastikan bahwa tim bekerja sama dan produktif.

Secara keseluruhan, materi ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana sebuah organisasi dijalankan, dipimpin, dan dikelola dengan baik. Ini dapat menjadi panduan yang berguna bagi para pemimpin dan manajer dalam mengelola perusahaan mereka dengan sukses.



TUTORIAL MEMBUAT MOCHI

Nama : Nisa Indah Fitriana 

Nim : 46123010135




PRESENTASI PERKEMBANGAN BISNIS KWH 2 (LANJUTAN)

Selasa, 30 April 2024

PRESENTASI PERKEMBANGAN BISNIS 

KWH 2 (LANJUTAN)

Promosi

PRESENTASI PERKEMBANGAN BISNIS KWH 2 (LANJUTAN)

Selasa, 30 April 2024

PRESENTASI PERKEMBANGAN BISNIS 

KWH 2 (LANJUTAN) 

PROMOSI


PRESENTASI DAN REVIEW VIDEO BISNIS KWH 2 DAN 1 (LANJUTAN)

Selasa, 30 April 2024

PRESENTASI DAN REVIEW VIDEO BISNIS 

KWH 2 DAN 1 (LANJUTAN)

PRESENTASI DAN REVIEW VIDEO BISNIS KWH 1

Selasa, 30 April 2024

PRESENTASI DAN REVIEW 

VIDEO BISNIS KWH 1

KAJIAN TEORI BISNIS (MODUL 6) KWH 2 DAN 1 (LANJUTAN)

Selasa, 30 April 2024

KAJIAN TEORI BISNIS (MODUL 6) 

KWH 2 DAN 1 (LANJUTAN)

KAJIAN TEORI BISNIS (MODUL 6) KWH 1 (LANJUTAN)

Selasa, 30 April 2024

KAJIAN TEORI BISNIS 

(MODUL 6) KWH 1 

(LANJUTAN)


KAJIAN TEORI BISNIS (MODUL 6) KWH 1

Selasa, 30 April 2024

KAJIAN TEORI BISNIS 

(MODUL 6) KWH 2


Mei 06, 2024

Video Promosi dan Penjualan LaSha Scented Candle

 Nama: Vanisha Putri Kania

NIM: 41822010082

Kode Pebisnis: AH14


VIDEO PROMOSI DAN PENJUALAN PRODUK LASHA SCENTED CANDLE




riview vidio dan mind map

 Nama : Zahrah Salsabila

Nim: 41822010126

Kode: AH18



Pentingnya kreativitas dan inovasi dlm kewirausahaan.

pentingnya kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan ya ini dua kata kunci Inovasi dan kreativitas yang akan menyebabkan kerusakan berkembangnya tanpa keduanya sulitlah berkembang. kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan perhatian kemauan kerja keras dan ketekunan

kreativitas dapat dikembangkan melalui peningkatan jumlah dan ragam masukkan ke otak terutama hal baru dengan memanfaatkan daya ingat daya hayal dan daya serap otak akan dapat ditumbuhkan berbagai gagasan baru atau kreativitas tipe lebih itu menciptakan mengombinasikan dan kreativitas itu penting  dalam kehidupan seseorang ya kreativitas itu tidak lain adalah kemampuan menuangkan ide atau mengembangkan ide atau melahirkan ide ya atau gagasan ya Jadi ini diawali dengan proses berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang baru atau hasil modifikasi ya dan Memang disini butuh fokus butuh fokus-fokus ke mana termasuk pemusatan perhatian kemauan kerja keras dan ketekunan

jadi memang kreativitas itu identik dengan kerja keras dan ketekunan Nah jadi hari juga orang kerja keras tapi tidak kreatif deh akhirnya tidak berkembang ya ah jadi harus tekun kerja keras ada kemauan yang selanjutnya kita membahas tentang inovasi menurut Everett m Rogers inovasi adalah sebuah ide gagasan objek dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang ataupun kelompok tertentu untuk diaplikasikan arti dari kata inovatif adalah menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda inovasi tidak lepas dari dua kriteria utama yakni kebaruan atau novelty dan perbaikan atau improvement 

Namun demikian masih ada 5 faktor lagi dalam menentukan keberhasilan kewirausahaan

1. Kemauan dan Tekad yang Kuat

Faktor pertama yang mendukung keberhasilan seorang wirausaha adalah memiliki tekad dan kemauan yang kuat untuk maju. Tidak hanya dalam hal membangun usaha, melainkan kemauan untuk mengembangkan usaha ke posisi yang lebih baik


2. Perencanaan yang Matang

faktor wirausaha yang bisa membawa pada kesuksesan adalah dengan memiliki rencana yang matang dan menyeluruh sejak awal merintis usaha. Perencanaan tersebut bisa menjadi pedoman sekaligus sebagai pengingat ketika menjalankan usaha. Jadi, ketika suatu saat dihadapkan pada kendala dan tantangan, kamu bisa mengatasinya dengan baik.


3. Memiliki Koneksi dan Jaringan yang luas

Salah satu faktor keberhasilan wirausaha terletak pada luas tidaknya koneksi dan jaringan yang dimiliki. Untuk itu, perbanyak relasi dengan sesama pengusaha, penanam modal, dan dengan konsumen.


4.Mampu Memanfaatkan Setiap Peluang yang Ada

Faktor wirausaha berikutnya yang bisa membawa pada kesuksesan adalah kepiawaian dalam memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. Walaupun demikian, pertimbangkan dengan matang sebelum melakukan aksi atas peluang tersebut agar tidak menjadi bumerang bagi diri sendiri.


5. Memiliki Strategi Pemasaran yang Efektif

Faktor wirausaha terakhir yang menunjang keberhasilan adalah mempunyai strategi pemasaran. Faktor penunjang yang satu ini akan membantu kamu dalam memperkenalkan bisnis dan produk kepada masyarakat. Misalnya, melakukan promosi melalui media sosial atau membagikan sampel produk ke beberapa teman lalu meminta mereka untuk membuat review dan mengunggahnya di media sosial.



vidio proses pembuatan keju aroma

Nama: Zahrah Salsabila

Nim: 41822010126

Kode: AH18



RIVIEW VIDEO URGENSI KEPEMIMPINAN DALAM KEWIRAUSAHAAN

Nama : Nisa Indah Fitriana 

Nim : 46123010135



Kesimpulan yang bisa diambil dari video tersebut menurut saya yaitu urgensi kepemimpinan dalam kewirausahaan adalah bahwa kepemimpinan yang efektif adalah komponen kunci dalam mencapai kesuksesan dalam dunia kewirausahaan. Kepemimpinan memungkinkan seorang wirausahawan untuk memimpin, mengilhami, dan memotivasi orang lain, serta menciptakan dan mengelola bisnis yang inovatif dan berkelanjutan

Video Promosi "Jelly Licious"

 Nama : Adjeng Rara Rengganis

 NIM  : 41822010079

 Kode Pebisnis : AH12 - ADJENG

 Kewirausahaan II


(Logo Brand)



Video Promosi "Jelly Licious"


Lupici - Video Promosi

 

VIDEO PROMOSI LUPICI
AH15 | Salsa Nurul Laeli (41822010104)







Artikel SAY CHEESE!!

Nama : Zahrah Salsabila 

NIM : 41822010126

Kode : AH18

(BRAND)


Judul: "Camilan Keju Aroma: Menggoda Lidah dengan Kombinasi Keju, Gula, dan Kulit Lumpia"


Pendahuluan

Camilan menjadi bagian penting dalam budaya makan di berbagai belahan dunia. Salah satu camilan yang menarik perhatian adalah camilan keju aroma. Kombinasi unik antara rasa gurih keju, manisnya gula, dan kelezatan kulit lumpia menciptakan sensasi yang menggoda lidah. Artikel ini akan menjelajahi asal-usul, proses pembuatan, dan popularitas camilan keju aroma ini.


Asal-usul

Camilan keju aroma memiliki akar dalam beragam budaya kuliner. Di beberapa negara, camilan dengan bahan dasar keju telah menjadi favorit sejak lama. Di sisi lain, penggunaan gula dan kulit lumpia menambah dimensi baru pada citarasa tradisional.


Proses Pembuatan

Pembuatan camilan keju aroma melibatkan beberapa langkah. Pertama, keju dipadukan dengan gula hingga mencapai konsistensi yang tepat. Kemudian, campuran ini dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng hingga kecoklatan. Proses ini memastikan bahwa semua komponen menyatu secara harmonis, menciptakan rasa yang khas.


Popularitas

Camilan keju aroma telah meraih popularitas yang signifikan di kalangan pecinta makanan. Kombinasi antara keju yang gurih, manisnya gula, dan tekstur renyah kulit lumpia menarik banyak orang untuk mencicipinya. Selain itu, variasi rasa dan tekstur yang dapat disesuaikan membuat camilan ini cocok untuk berbagai kesempatan, mulai dari acara santai hingga pesta formal.


Kesimpulan

Camilan keju aroma adalah contoh yang sempurna dari keberagaman dan inovasi dalam dunia kuliner. Kombinasi yang unik antara keju, gula, dan kulit lumpia menciptakan camilan yang tidak hanya lezat, tetapi juga memuaskan selera untuk sesuatu yang berbeda. Dengan popularitasnya yang terus meningkat, camilan ini telah menjadi salah satu favorit di meja makan di seluruh dunia.

Mei 01, 2024

Review vidio Strategi Bisnis, Kepemimpinan dan Manajemen

 Putri Nailah Sanusi

46123010030 

AG23

Terimakasih kepada pak Atep dan kak Indah permata widya atas pemaparan materinya yang telah di sampaikan. Dari vidio di atas yang saya tangkap adalah Strategi kepemimpinan dan manajemen yang efektif sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam beroganisasi dan berbisnis, organisasi dapat mencapai tujuannya Ketika kita bisa memenuhi semua aspek dalam kepemimpinan sehingga Ketika semua terlaksanan dapat meningkatkan kinerja karyawan, dan menciptakan budaya organisasi yang positif.

Pembuatan Video Promosi Produk

Nama : Shofalia Azzahra
NIM : 46123010017
AG19
 

Review Video Srategi Bisnis, Kepemimpinan, dan Manajemen


Salwa Aulia Safitri, AG-13

Setelah menonton video tersebut, ada banyak hal yang dapat saya tangkap dan pelajari. Video tersebut membahas organisasi dan manajemen, bentuk organisasi bisnis. Video tersebut juga mmebahas tentang kepemimpinan, peran kepemimpinan dalam manajemen, dan syarat menjadi pemimpin yang efektif. Dalam video tersebut juga dipaparkan kasus kepemimpinan dalam tim, disebabkan karena tim kurang kompak. Video tersebut memberi saya pembelajaran yang berharga dan menambah wawasan saya.


April 30, 2024

Riview Video Strategi Bisnis, Kepemimpinan, dan Manajemen

Nama : Fadhillah Iqromah

Nim : 46123010134


Menurut saya didalam video tersebut membahas tentang definisi organisasi dan manajemen, fungsi manajemen. Video tersebut juga membahas berbagai bentuk organisasi bisnis, termasuk usaha perseorangan, usaha patungan, dan usaha perseroan. Setiap bentuk organisasi dibahas dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing, serta berbagai konsep dan teknik terkait manajemen modern, seperti Management by Delegation, Management by Exception, dan Management by Objective, Management by Result, Management by system, dan Management by Participation. Selain itu, juga, terdapat penjelasan tentang kepemimpinan, peran kepemimpinan dalam manajemen, serta syarat-syarat kepemimpinan yang efektif seperti memiliki kekuasaan, kewibawaan, dan kemampuan.

Lalu terdapat juga pembahasan mengenai kasus-kasus kepemimpinan dalam tim, seperti tim yang kompak dan tim yang kurang kompak, serta faktor-faktor yang memengaruhi solidaritas dalam sebuah tim. Penjelasan tersebut didukung juga oleh referensi dari berbagai sumber, sehingga menambah keakuratan informasi yang disampaikan. Video tersebut memberikan gambaran lengkap tentang topik yang dibahas, sehingga dapat menjadi bahan pembelajaran yang berharga bagi saya dan menambah wawasan saya.

VIDIO PROMOSI

Amalia Tantri Hapsari

46123010007

AG15

Perkembangan Evaluasi Bisnis_Mohammad Zaqi Fachrul Rozi_33223010001

Nama: Mohammad Zaqi Fachul Rozi

Kode:AG01 



Review vidio strategis bisnis,kepemimpinan dan manajemen

 Nama:Ashiillahlita Fatimah Azzahra

 Kode:AG27 


Dari vidio yang saya review materi ini menjelaskan tentang strategis bisnis berkaitan tentang kepemimpinan dan manajemen,ada definisi organisasi dan manajemen yaitu:

1.organisasi adalah hubungan antara beberapa orang dimana di dalamnya ada pengarahan dari pemimpinan agar apa yang menjadi tujuan akan tercapai.

2.manajemen merupakan proses perencanaan,pengorganisasian,pengarahan,dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan.

Organisasi itu sendiri berkaitan dengan interaksi lebih dari 2 orang,di dalam organisasi itu ada visi,misi,dan tujuan mencapai bersama.

Ada beberapa istilah lain dalam manajemen yaitu:

1.manajemen sebagai suatu proses

2.manajemen sebagai suatu seni (art) dan ilmu pengetahuan (science)

3.manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen.

Dalam Menejemen itu sendiri juga ada beberapa fungsi manajemen juga yaitu:perencanaan,pengorganisasian,pengadaan staf,pengarahan,pembaharuan,pengawasan,dan perwakilan.terus ada bentuk organisasi yaitu:usaha perseorangan,usaha patungan,usaha pesergan.

Ada Teknik manajemen yang saya tau di dalam vidio ini yaitu di gunakan bila perusahaan semakin berkembang yang dimana tenaga kerja sudah cukup banyak dan serta memiliki banyak cabang.

Ada peran dalam manajemen

Kepemimpinan berperan sangat penting dalam manajemen karena berfungsi sebagai pergerak (actuanting) yang mencakup kegiatan motivasi,komunikasi,pelatihan dan kepemimpinan dalam bentuk bentuk pengaruh pribadi. ada juga beberapa syarat dari kepemimpinan yaitu:

1.kekuasaan:memberikan wewenang kepada pemimpin untuk mempengaruhi dan menggerakkan bawahan untuk berbuat sesuatu dalam rangka penyelesaian tugas tertentu 

2.kewibawaan:keunggulan,kelebihan dan keutamaan sehingga pemimpin mampu mengatur orang lain dan patuh kepada kepemimpinan.

3.kemampuan:sumber daya kekuatan,kesanggupan dan kecakapan secara teknik maupun sosial yang melebihi dari anggota biasa.

REVIEW Strategi Bisnis, Kepemimpinan dan Manajemen dalam Kewirausahaan

Nama : Favian Fawaz Idrakhi

Nim : 41522010260



Favian Fawaz Idrakhi, AG03

Membahas berbagai strategi untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis. Ini mungkin termasuk strategi pemasaran, pengembangan produk, strategi harga, dan lainnya.


1. Kepemimpinan: Pembicaraan tentang kepemimpinan bisa meliputi topik seperti keterampilan komunikasi, pengambilan keputusan, motivasi tim, dan pengembangan visi untuk bisnis.


2. Manajemen: Aspek manajemen yang penting seperti perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pengendalian juga bisa menjadi fokus dalam video ini. Hal ini mungkin melibatkan pembahasan tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia, keuangan, dan waktu secara efektif.


3. Studi Kasus atau Contoh Praktis: Video mungkin akan menggunakan studi kasus atau contoh konkret dari bisnis nyata untuk mengilustrasikan penerapan strategi bisnis, kepemimpinan, dan manajemen. Ini dapat membantu pemirsa dalam memahami konsep-konsep tersebut secara lebih mendalam.


5. Tantangan dan Solusi: Pembahasan juga mungkin mencakup tantangan-tantangan khas yang dihadapi oleh para pengusaha dan manajer, beserta dengan solusi-solusi yang efektif untuk mengatasinya. Ini dapat memberikan wawasan berharga bagi pemirsa yang menghadapi situasi serupa.

Review Video "Urgensi Kepemimpinan dalam Kewirausahaan"

 

Maria Yulita Da Gomez

46123010037

Psikologi


Kepemimpinan dalam Kewirausahaan

  1. Definisi Kepemimpinan

          Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam hal pekerjaan yang              bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

      2. Fungsi Kepemimpinan

          Instruktif: Memberikan perintah dan yang dipimpin berfungsi melaksanakan perintah.

          Konsultatif: Berkomunikasi dua arah untuk menetapkan keputusan.

          Partisipasi: Melibatkan anggota dalam pengambilan keputusan.

          Pengendalian: Melakukan bimbingan, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan.

      3. Keterampilan Memimpin

          Technical Skill: Kemampuan untuk melakukan pekerjaan operasional.

          Human Skill: Kemampuan untuk bekerjasama dan membangun tim.

          Conceptual Skill: Kemampuan untuk menyusun konsep dan berpikir kritis.

      4. Karakteristik Pemimpin

          Keberanian bertindak: Berani menembus ketidakpastian dan mengambil resiko.

          Membangun tim solid: Menjalin kebersamaan dan komitmen para karyawan.

          Pendengar yang baik: Menerima masukan dan kritik.

          Berani mengambil resiko: Berani mengambil keputusan dan menanggung resikonya.

          Pikiran terbuka: Terbuka terhadap saran dan ide baru.

          Percaya diri: Memiliki keyakinan terhadap tujuan dan kemampuan.

      5. Tipe Kepemimpinan

          Karismatik: Memiliki daya tarik luar biasa dan diikuti oleh pengikutnya.

          Paternalistis: Bersikap melindungi bawahan sebagai orang tua.

          Militeris: Menggunakan sistem komando dan otoriter.

          Otokratis: Berdasarkan pada kekuasaan dan paksaan.

          Laissez-faire: Membiarkan karyawan berbuat semaunya sendiri.

          Populistis: Mampu menjadi pemimpin rakyat dengan nilai-nilai masyarakat tradisional.

          Administratif: Mampu menyelenggarakan tugas-tugas administrasi secara efektif.

          Demokratik: Berorientasi pada manusia dan memberikan bimbingan pada pengikutnya.

      6. Indikator Keberhasilan Pemimpin

          Meningkatkan hasil produksi dan pelayanan.

          Sistem administrasi semakin rapi dan manajemen semakin efektif.

          Meningkatnya aktivitas manusiawi atau aspek sosial.

     7.  Alasan Pentingnya Kepemimpinan dalam Berwirausaha?

          Agar kegiatan terorganisir dengan baik.

          Pemimpin bertanggung jawab dalam mengurus dan mengelola usaha.

          Pemimpin mengambil keputusan dan tindakan.

          Pemimpin memberikan wewenang dan tanggung jawab kepada bawahan.

          Kepemimpinan yang baik dapat mencegah kekacauan dan kebangkrutan.

      8. Kesimpulan

          Kepemimpinan sangat penting dalam kewirausahaan untuk mencapai tujuan organisasi dan                      mencegah kekacauan. Pemimpin yang baik harus memiliki karakteristik, keterampilan, dan tipe              kepemimpinan yang sesuai.

Review Video "Aspek Kepemimpinan dan Manajemen dalam Kewirausahaan"

Nadia Salsabila

46123010006

Psikologi

sᴡᴇᴇᴛ ᴄʜᴇᴇsᴇ



Review : 

Pemimpin adalah pengemudi yang mengemudikan organisasi atau kendaraan menuju tujuannya. Seorang pemimpin harus objektif dan menjauhi subjektivitas. Seorang wirausahawan bertanggung jawab terhadap pemikiran, ucapan, dan pelaksanaan tugasnya. Mereka juga harus beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang disebabkan oleh teknologi informasi dan industri 4.0. Pengelolaan organisasi mencakup perencanaan strategis, orientasi strategis yang meliputi inovasi, proaktif, dan pengambilan risiko. Komitmen terhadap peluang, sumber daya, dan kontrol terhadap sumber daya juga penting dalam kewirausahaan. Manajemen dalam kewirausahaan adalah kekuatan yang memastikan kesuksesan perusahaan dengan menggunakan kreativitas dan inovasi. Strategi kewirausahaan meliputi perubahan produk, penetrasi pasar, ekspansi pasar, diversifikasi produk, integrasi regional, ekspansi usaha, dan pengadaan modal investasi. Analisis sumber daya manusia juga penting untuk memastikan keberhasilan implementasi strategi yang telah dibuat.


Review Video "Strategi Bisnis Kepemimpinan dan Manajemen"

Nama : Shofalia Azzahra
NIM : 46123010017




Review:

Setelah menyimak isi video saya dapat mengetahui bahwa organisasi dengan manajemen erat kaitannya dengan interaksi terhadap beberapa orang. Didalam organisasi ada visi dan tujuan yang akan dicapai bersama untuk organisasi, penetapan tujuan yang terukurterukur dan relevan,serta pengembangan tim yang kuatkuat. Adapun kepemimpinan sangat penting dalam manajemen karena berfungsi sebagai penggerak yang mencakup kegiatan motivasi , komukasi, pelatihan, serta kepemimpinan. Setiap organisasi pun memiliki pendekatan yang sedikit berbeda tergantung pada tujuan, pasar, dan lingkungan operasionalnya.

 

Penyebab Kesuksesan dan Kegagalan dalam Berwirausaha

Nama: Ugniati Nuraftina

NIM: 41821010055

Kode Pebisnis: AH04


Penyebab Kesuksesan dan Kegagalan dalam Berwirausaha



        Kewirausahaan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengembangan semangat kreativitas serta berani menanggung risiko terhadap bisnis yang dilakukan. Kewirausahaan dimana kita menciptakan sesuatu yang inovatif dan kreatif untuk menentukan peluang, yang kemudian kedepannya dapat menguntungkan. 

        Indonesia membutuhkan sekiranya 4 juta wirausahawan baru yang dapat mengembangkan dunia bisnis untuk meningkatkan perekonomian dan untuk bersaing dengan negara-negara yang sudah berkembang di dunia bisnis seperti negara Singapura, Korea, Jepang, dan lainnya. Menjadi seorang wirausahawan tidak perlu memiliki potensi dimana individu harus memiliki niat untuk mengelola bisnis dan juga motivasi yang kuat agar usaha yang nantinya usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik dan sukses, faktor motivasi ini biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, sosiologis, ketersediaan sumber daya, personal, dan Adversity Quotient. Selain potensi dan motivasi, wirausahawan harus memiliki karakteristik wirausaha, yaitu:

  1. Memiliki komitmen yang tinggi
  2. Disiplin
  3. Percaya diri
  4. Pantang menyerah
  5. Memiliki Kreativitas
  6. Berani mengambil risiko
  7. Mampu menjadi pengorganisasian dan administrator
        Dengan menjadi wirausahawan, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan, beberapa keuntungan menjadi wirausahawan, yaitu:
  1. Membuka lapangan pekerjaan
  2. Wawasan bertambah
  3. Dapat dengan bebas mengelola keuangan
  4. Memiliki relasi yang luas
        Selain keuntungan, ada juga kerugian yang dapat dialami oleh seorang wirausahawan, beberapa kerugian tersebut diantaranya:
  1. Resiko dan beban tanggung jawab luas
  2. Pendapatan tidak stabil
  3. Jam kerja tidak teratur
Menjadi wirausahawan bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dijalankan. Ada beberapa faktor yang membantu keberhasilan seorang wirausaha, yaitu:
  1. Faktor peluang
  2. Faktor SDM
  3. Faktor keuangan
  4. Faktor organisasional
  5. Faktor perencanaan
  6. Faktor pemasaran dan penjualan
  7. Faktor administrasi 
Jika faktor-faktor tersebut terpenuhi dengan, maka wirausahawan akan lebih mudah untuk menjalani bisnisnya dan lebih mudah mencapai kesuksesan. Namun, terdapat juga faktor yang dapat membuat seorang wirausaha mengalami kegagalan, yaitu:
  1. Tidak kompeten dalam hal manajemen
  2. Tidak dapat mengendalikan keuangan
  3. Perencanaan yang kurang baik
  4. Pemilihan lokasi kurang strategis
  5. Kurang bersungguh-sungguh
  6. Kurangnya pengalaman



Review "Urgensi kepemimpinan dalam kewirausahaan"

 Muhammad Fazle Rabbi, AG35-Fazle



Dari judul video yang tertera yaitu "Urgensi Kepemimpinan dalam Kewirausahaan" Sudah sangat menarik untuk didengar dan juga dipelajari karena kepemimpinan dalam berwirausaha itu sangat penting, apabila tidak dimiliki maka bisnis tidak bisa berjalan dan berkembang. Lalu untuk isi materi menurut saya kemampuan kepemimpinan dalam berwirausaha harus dimiliki oleh seseorang yang sedang membangun bisnisnya agar dapat mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Pemimpin dalam wirausaha dituntut untuk lebih kreatif dan lebih percaya diri agar dapat diikuti oleh anak buahnya. Lalu ada beberapa fungsi kepemimpinan yaitu fungsi instruktif, konsultatif, partisipasi dan pengendalian. Lalu ada 3 keterampilan memimpin yang harus dipunyai oleh pemimpin suatu wirausaha yaitu techinacall skill, human skill dan konseptual skill. Selain itu ada juga tipe pemimpin dalam berwirausaha ada yang kharismatik, miteris dan lain-lain. Jika pemimpin tidak memiliki skill ini maka bisnis bisa mengalami mandet atau paling parah bisa mengalami kebangkrutan. Pemimpin juga harus memiliki sikap anti kritik dan dapat menerima saran. Itu saja dari saya Terima kasih

Riview Vidio "ASPEK KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DALAM KEWIRAUSAHAAN"

 



Nama: Indah Maria
Nim: 46123010028
Kode Pebisnis: AG22


Terimakasih kepada Bapak Atep Afia Hidayat & Kak Fhiladelvia terkait materi mengenai Aspek Kepemimpinan dan Manajemen Dalam Kewirausahaan.

Menurut saya, seorang wirausahaan harus memiliki jiwa leadership, wirausaha bisa dimaknai sebagai kemampuan seseorang dalam memimpin orang lain. Leadership adalah kemampuan seseorang untuk memimpin atau mengkoordinasikan sebuah kelompok untuk mencapai tujuan


Lima Karakter Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha:

1. Keberanian untuk bertindak

2. Percaya diri

3. Menjadi pendengar yang baik

4. Berani mengambil resiko

5. Membangun tim yang solid


Penentuan Potensi Kewirausahaan:

1. Kemampuan inovatif

2. Keinginan untuk terus berprestasi

3. Kemampuan perencanaan realistis

4. Kepemimpinan terorientasi pada tujuan

5. Objektivitas

6. Tanggung jawab pribadi

7. Kemampuan beradaptasi

8. Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator


Proses-proses manajemen dalam kewirausahaan, yaitu:

1. Perencanaan (merencanakan yang berarti memilih)

2. Pengorganisasian (suatu bentuk untuk dapat menetapkan dan menggolongkan dan mengatur suatu macam aktivitas)

3. Pengarahan (menggerakan dan mengarahkan)

4. Pengawasan (melakukan pengukuran kinerja perusahaan)


Kesimpulan

Setiap usaha membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik. Kewirausahaan sendiri adalah kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis serta kemampuan mengoptimalisasikan sumberdaya dan mengambil tindakan serta bermotivasi tinggi dalam mengambil resiko dalam rangka mensukseskan bisnisnya. Dalam kewirausahaan, manajemen dan kepemimpinan harus berjalan bersama-sama untuk mencapai kesuksesan. Manajemen harus dapat mengatur kegiatan operasional, marketing, keuangan, dan SDM, sedangkan kepemimpinan harus dapat mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan bersama.


ARTIKEL DAN MAIND MAP Ann's Clothing Store

Nama : Siti Aminah Rangkuti 

Nim : 46123010044

Kode : AG30



Abstrak

“Ann’s clothing store” merupakan sebuah brand kerajinan tangan yang menunjukan keunikan dan kreativitas dalam setiap produknya, produk dari Ann’s clothing ini menggunakan bahan-bahan yang berkualitas yang tidak hanya menghasilkan karya-karya yang estesis namun juga memberikan dampak positif bagi lingkungan, Brand “anns clothing store” merupakan menifestasi dari pendekatan Design Thingking, dengan fokus pada Design Thingking ini terus berinovasi melalui keterlibatan pelanggan dalam proses design, serta kolaborasi dengan komunitas lokal untuk meningkatkan keberlanjutan dan dampak sosialnya. Strategi pemasaran anns clothing store mengimpletasikan strategi pemasaran yang efektif. Dengan memanfaatkan media sosial dan kolabrorasi dengan pengrajin tangan yang lain dengan ini tidak hanya memperluas jangkauan brand, tetapi juga meningkatkan kreativitas.

Kata kunci :Geara krafty, kerajinan tangan, Design thinking, strategi pemasaran, media sosial, kreativitas


Pendahuluan

Di tengah modernisasi yang terus mengalir, kerajinan tangan masih menjadi sorotan utama dalam dunia kreativitas. Di antara beragam brand kerajinan tangan, “Anns clothing store” hadir untuk menciptakan kreativitas, keunikan dan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan. Brand ini merupakan cerminan dari pendekatan design thinking yang kreatif dan inovatif dalam setiap langkahnya. Pendekatan design thinking berguna dalam bisnis kerajinan tangan, karena ia membantu dalam memecahkan masalah yang kompleks dan menghubungkan kebutuhan pengguna dengan produk yang diberikan. Dengan menggabungkan keindahan, keberlanjutan, inovasi, dan strategi pemasaran yang efektif Anns clothing store bukan hanya sebuah brand kerajinan tangan. Ia juga merupakan bagaimana kreativitas dan bisnis dapat beriringan.

Permasalahan

Bagaimana Anns clothing store mengantisipasi dan menyesuaikan desain produknya dengan perubahan tren dan permintaan pasar yang terus berubah ?

Pembahasan

Anns Clothing Store merupakan brand yang bergerak di bidang kerajinan tangan, Brand ini dibuat untuk para remaja agar memilih baju motif yang sesuai kemauannya, Untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana brand ini dapat memperkuat model bisnisnya dengan pendekatan design thinking

1. Empathize : Memahami Kebutuhan Pelanggan Langkah pertama dalam pendekatan Design Thinking adalah memahami dengan empati kebutuhan dan keinginan pelanggan. Geara Krafty perlu melakukan riset mendalam tentang siapa target pasar mereka, apa yang mereka butuhkan, dan apa yang mereka inginkan dari produk kerajinan tangan.

2. Define : Menganalisis Temuan Setelah memahami kebutuhan pelanggan, langkah berikutnya adalah menganalisis temuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana brand Geara Krafty dapat memberikan nilai tambah. Geara Krafty dapat mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda dengan kebutuhan yang spesifik

3. Ideate: Menciptakan Solusi Kreatif dengan pemahaman yang mendalam tentang pelanggan dan tren pasar, langkah selanjutnya adalah menghasilkan ide-ide kreatif untuk produk dan layanan baru Geara Krafty.

4. Prototype : Menguji Prototipe Langkah selanjutnya adalah menguji prototipe produk atau layanan dengan pelanggan potensial untuk mendapatkan umpan balik yang lebih lanjut. Geara Krafty dapat memulai dengan meluncurkan produk terbatas atau edisi terbatas untuk melihat bagaimana pasar meresponsnya.

5. Test : Membuat Produk dan Layanan FinalSetelah mendapatkan umpan balik yang cukup, Geara Krafty dapat melanjutkan untuk mengimplementasikan produk dan layanan mereka ke pasar. Jika prototipe berhasil, mereka dapat memulai produksi massal produk dengan kualitas yang terjamin. Geara Krafty perlu terus mengevaluasi produk dan layanan mereka untuk memastikan bahwa mereka terus relevan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Menerima umpan balik secara teratur dari pelanggan akan membantu Geara Krafty untuk melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. yang inovatif. Dengan menggunakan pendekatan Design Thinking, Geara Krafty dapat menghasilkan produk kerajinan tangan yang tidak hanya kreatif dan unik, tetapi juga secara efektif memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan mereka. Hal ini akan memperkuat brand mereka di pasar dan membantu mereka tumbuh secara berkelanjutan.

Kesimpulan

“Ann’s clothing store” merupakan sebuah brand kerajinan tangan yang menunjukan keunikan dan kreativitas dalam setiap produknya, produk dari Ann’s clothing ini menggunakan bahan-bahan yang berkualitas yang tidak hanya menghasilkan karya-karya yang estesis namun juga memberikan dampak positif bagi lingkungan, Brand “anns clothing store” merupakan menifestasi dari pendekatan Design Thingking, dengan fokus pada Design Thingking ini terus berinovasi melalui keterlibatan pelanggan dalam proses design, serta kolaborasi dengan komunitas lokal untuk meningkatkan keberlanjutan dan dampak sosialnya. Strategi pemasaran anns clothing store mengimpletasikan strategi pemasaran yang efektif. Dengan memanfaatkan media sosial dan kolabrorasi dengan pengrajin tangan yang lain dengan ini tidak hanya memperluas jangkauan brand, tetapi juga meningkatkan kreativitas.
Kata kunci :Geara krafty, kerajinan tangan, Design thinking, strategi pemasaran, media sosial, kreativitas

Daftar Pustaka 

Utomo T. N. P., “Konsep Pembelajaran Design Thinking dan Business Model Canvas Pada Perancangan Produk Furnitur,” Dimens. Inter., vol. 13, no. 1, pp. 55–62, 2015, doi: 10.9744/interior.13.1.55-.

Amura, D., Karepesina, M., & Layn, A. sari. (2021). Kreatifitas dan inovasi kewirausahaan.

Juliansyah, Ichsan Averushyd. (2022). “Perancangan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan Dengan Metodologi Design Thinking” Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

REVIEW VIDIO "PENYEBAB KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN DALAM KEWIRAUSAHAAN"


    NAMA : Syadella Putri Ardana

    NIM : 41822010037 


(Mind Map)

Kesimpulan Opini  :

Kewirausahaan dianggap sebagai ilmu praktis yang melibatkan semangat kreativitas, inovasi, dan ketegasan dalam menghadapi risiko untuk menciptakan karya baru. Ada banyak peluang yang dapat dimanfaatkan dan diwujudkan.

Pernyataan bahwa "Indonesia Membutuhkan 4 Juta Wirausaha Baru" disampaikan pada tahun 2018. Tanpa disadari, jumlah wirausaha meningkat berkat produktivitas dan daya saing di era digital yang mendorong pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia. Revolusi industri 4.0 telah mengubah berbagai aspek kehidupan, namun hal ini membawa manfaat dengan adanya platform e-commerce dan platform lainnya yang mempermudah transaksi antara pelaku bisnis dan pelanggan. Di platform tersebut, daya saing tinggi tercapai melalui kreativitas dalam mempromosikan produk yang lebih menarik dibandingkan dengan pesaing.

Di era digital, kewirausahaan tidak lagi terbatas pada usia. Di masa lalu, wirausaha harus mencari modal, lokasi strategis, merencanakan dengan matang, dan memperkenalkan produk secara manual. Namun kini, banyak peluang kewirausahaan berbasis internet yang hanya memerlukan sinyal, perangkat digital, dan media sosial. Hal ini menuntut budaya semangat, perilaku, dan kemampuan berwirausaha untuk bersaing secara global dan meraih potensi kewirausahaan yang maksimal.

 



ABSTRAK

Pembuatan aksesoris dari manik manik sudah banyak diketahui oleh beberapa orang, tetapi tidak semua orang bisa membuat sesuai dengan seleranya mereka karena memiliki banyak kesibukan , maka dari itu Atelier Ophelia hadir untuk membantu orang orang yang ingin tampil beda untuk menonjolkan ciri khasnya masing masing melalui aksesoris. disini kita juga tidak akan menolak orang orang yang memiliki idenya sendiri karena kita menerapkan sistem kolaborasi untuk menghadirkan banyak desain yang menarik dan menjadi inspirasi bagi setiap orang yang melihat desainnya.


PENDAHULUAN

Brand kita terbuka dalam pembuatan aksesoris seperti gelang, anting dan kalung untuk membantu orang orang yang memiliki impian dalam mendeskripsikan dirinya selain ootd , melalui aksesoris sehingga akan memiliki ciri khasnya sendiri. semua orang berhak untuk mendeskripsikan dan memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga ia akan menonjol dengan caranya sendiri Atelier Ophelia menyatukan kreatifitas lokal dan ide ide yang unik untuk setiap barangnya, kami menawarkan produk berupa anting, kalung, cincin, gelang, perhiasan rambut dan ikat pingang. Produk ini akan menjadi kolaborasi pemikiran para pembeli dan penjual untuk setiap seri produknya dengan metode custom untuk tiap serinya.

target pasar brand ini merupakan anak muda berusia 15-25 tahun yang memiliki ketertarikan barang unik untuk di kombinasikan dengan baju baju tertentu agar terlihat lebih unik,  Aspek yang kami gunakan dalam bisnis ini adalah aspek kreatif kombinasi antara pemilik brand dan juga pembeli.  


PEMBAHASAN

Setelah sekian lama menekuni dunia permanikan, akhirnya saya mencapai sebuah kesimpulan bahwa: manik-manik adalah semua jenis benda yang memiliki lubang untuk tempat masuknya benang/kawat, untuk kemudian dapat dirangkai menjadi aksesoris/hal lain yang sifatnya dekoratif.
Yang dimaksud benda disini pun cukup beragam, yakni yang alami misalnya : kayu, kerang, batu, tanah liat/lempung, gading, tulang hewan. Dan yang sintetis umumnya terbuat dari : logam, plastik, resin, kain, kertas dan yang paling populer adalah kaca.

Untuk manik-manik yang menggunakan bahan baku dari alam, biasanya pada proses pembuatannya lebih banyak melibatkan unsur manusia. Mulai dari proses mengolah bahan mentah, membentuk desain hingga akhirnya memperindah tampilan manik-manik ( menambahkan ukiran atau menghaluskan permukaan manik-manik tsb)
Sementara manik-manik sintetis umumnya dikerjakan oleh pabrik, yang hanya melibatkan manusia pada proses desain, namun pengerjaannya banyak dilakukan oleh mesin. Salah satu pabrik/perusahaan manik-manik terbesar di dunia dapat ditemukan di Austria (swarovski) Ceko (preciosa) dan yang menguasai nyaris selurus pasar permanikan di dunia adalah manik-manik buatan dari China.

1.Bahan dan alat

  • Manik manik
  • Rantai
  • Benang
  • Kawat
  • Tang kecil
  • Gunting

2. Teknik pembuatan 

Mengukur ukuran pergelangan dengan pengukur apa saja lalu memilih beberapa manik manik yang ingin di gunakan, lalu menggunakan pengait untuk membuat awalan dan menyatukan manik manik sesuai desain yang di rancang sehingga akan terjadi beberapa bentuk yang di inginkan. pemilihhan warna juga sangat mempengaruhi

3. Paid Media

Paid media yang kita gunakan adalah media sosial karena untuk menggunakan media sosial dan melihat mayoritas dari kita menggunakan media sosial ini akan membantu dalam promosi kita kedepannya sehingga peluang ini akan menjadi peluang yang bagus untuk kita.

4. shared media

kita menggunakan media sosial untuk berbagi ide ide unik kita dalam pembuatan manik manik sehingga akan memunculkan berbagai desain baru yang unik dan menjadii sebuah refrensi bagi orang orang.

KESIMPULAN

Brand ini akan membantu kita untuk mendapatkan aksesoris yang dibutuhkan dengan kemauan dan kebutuhan kita sehingga kita memiliki sebuah keunikan tersendiri yang akan membantu kita untuk menjadii menonjol