Mei 07, 2024

ARTIKEL diluhur cafe


Oleh : Annisa Nuraini

Abstract

Pada zaman inflansi ini, banyak orang menyadari bahwa penghasilan dari suatu pekerjaaan belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika memiliki satu perkerjaan saja masih kurang cukup, terlebih lagi mereka yang masih kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Salah satu solusi alternatif dari permasalahan ini adalah berbisnis. Ide dari “berwirausaha” itu sendiri tengah popular di kalangan masyarakat kini. Selain dapat menjadi pekerjaan sampingan yang menghasilkan, dengan berwirausaha kita juga dapat menambah lapangan kerja. Banyak sektor usaha yang bisa kita coba, salah satunya adalah sektor kuliner.

Pendahuluan

Melalui kemajuan teknologi, informasi menjadi mudah untuk diakses. Hanya dengan menuliskan keyword pada suatu situs, beragam macam informasi bermunculan. Dari mudahnya akses internet ini munculah istilah “viral”. Hampir setiap hal dapat diviralkan, ditemukan setidaknya pada anak muda mereka senang membuat konten jalan - jalan, mencari tempat nongkrong yang aesthetic. Tidak hanya mencari tempat yang aesthetic, mereka juga suka mereview kuliner di sekitaran tempat tersebut. Berdasarkan kriteria ini, memulai bisnis café dapat memilki peluang awal yang cukup tinggi. Café menjadi salah satu tempat incaran favorit untuk menghabiskan waktu. Pelanggan tidak hanya dapat menikmati makanan yang nikmat, namun café juga menjadi tempat santai untuk bekerja maupun belajar dikarenakan suasananya cenderung berbeda dengan restaurant.

 

Permasalahan

Meskipun memulai bisnis café dapat dikatakan berpeluang tinggi, namun pada nyatanya dalam memulai bisnis kita tidak bisa hanya bergantung pada angka saja. Dalam memulai setiap bisnis dibutuhkan jiwa pebisnis yang handal. Dimulai dari progress dan managemen bisnis yang baik. Pada akhirnya, keputusan untuk membuka cafe adalah keputusan pribadi yang harus dipertimbangkan dengan matang. Membuka café juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Perlu diperhitungkannya biaya tempat, peralatan, bahan baku, karyawan, dan lain sebagainya. Diperlukannya riset pasar untuk mengetahui apakah ada permintaan yang cukup untuk cafe tersebut. Perlu juga mengetahui siapa saja pesaing bisnis dan keunikan tersendiri dari café.

Pembahasan

Diluhur café menyungsung konsep perpaduan tema industrialis dan nature yang memberikan suasana modern namun tetap menyatu dengan alam. Kami berdedikasi memberikan kenyamanan kepada para pelanggan dan terus berinovasi menyempurnakan hidangan yang kami sajikan demi kepuasan pelanggan. 


Kesimpulan

Setiap usaha membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik. Dalam kewirausahaan, manajemen dan kepemimpinan harus berjalan bersama-sama untuk mencapai kesuksesan. Manajemen harus dapat mengatur kegiatan operasional, marketing, keuangan, dan SDM, sedangkan kepemimpinan harus dapat mempengaruhi perilaku orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Daftar Pustaka

https://delifru.co.id/id/ingin-memulai-bisnis-cafe-ini-yang-dibutuhkan/

https://akuntansi.uma.ac.id/2020/10/20/mengapa-harus-memilih-untuk-b

erwirausaha/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar