April 30, 2024

Penyebab Kesuksesan dan Kegagalan dalam Berwirausaha

Nama: Ugniati Nuraftina

NIM: 41821010055

Kode Pebisnis: AH04


Penyebab Kesuksesan dan Kegagalan dalam Berwirausaha



        Kewirausahaan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengembangan semangat kreativitas serta berani menanggung risiko terhadap bisnis yang dilakukan. Kewirausahaan dimana kita menciptakan sesuatu yang inovatif dan kreatif untuk menentukan peluang, yang kemudian kedepannya dapat menguntungkan. 

        Indonesia membutuhkan sekiranya 4 juta wirausahawan baru yang dapat mengembangkan dunia bisnis untuk meningkatkan perekonomian dan untuk bersaing dengan negara-negara yang sudah berkembang di dunia bisnis seperti negara Singapura, Korea, Jepang, dan lainnya. Menjadi seorang wirausahawan tidak perlu memiliki potensi dimana individu harus memiliki niat untuk mengelola bisnis dan juga motivasi yang kuat agar usaha yang nantinya usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik dan sukses, faktor motivasi ini biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, sosiologis, ketersediaan sumber daya, personal, dan Adversity Quotient. Selain potensi dan motivasi, wirausahawan harus memiliki karakteristik wirausaha, yaitu:

  1. Memiliki komitmen yang tinggi
  2. Disiplin
  3. Percaya diri
  4. Pantang menyerah
  5. Memiliki Kreativitas
  6. Berani mengambil risiko
  7. Mampu menjadi pengorganisasian dan administrator
        Dengan menjadi wirausahawan, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan, beberapa keuntungan menjadi wirausahawan, yaitu:
  1. Membuka lapangan pekerjaan
  2. Wawasan bertambah
  3. Dapat dengan bebas mengelola keuangan
  4. Memiliki relasi yang luas
        Selain keuntungan, ada juga kerugian yang dapat dialami oleh seorang wirausahawan, beberapa kerugian tersebut diantaranya:
  1. Resiko dan beban tanggung jawab luas
  2. Pendapatan tidak stabil
  3. Jam kerja tidak teratur
Menjadi wirausahawan bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dijalankan. Ada beberapa faktor yang membantu keberhasilan seorang wirausaha, yaitu:
  1. Faktor peluang
  2. Faktor SDM
  3. Faktor keuangan
  4. Faktor organisasional
  5. Faktor perencanaan
  6. Faktor pemasaran dan penjualan
  7. Faktor administrasi 
Jika faktor-faktor tersebut terpenuhi dengan, maka wirausahawan akan lebih mudah untuk menjalani bisnisnya dan lebih mudah mencapai kesuksesan. Namun, terdapat juga faktor yang dapat membuat seorang wirausaha mengalami kegagalan, yaitu:
  1. Tidak kompeten dalam hal manajemen
  2. Tidak dapat mengendalikan keuangan
  3. Perencanaan yang kurang baik
  4. Pemilihan lokasi kurang strategis
  5. Kurang bersungguh-sungguh
  6. Kurangnya pengalaman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar