Juni 19, 2015

Rintangan dan Pelajaran dalam Berwirausaha

MELAYANI PEMBELI
Dalam Mengidentifikasi peluang dan memilih jenis usaha, sebelum membuat bazaar seharusnya menganalisa usahawan sukses agar menjadi contoh mendapatkan peluang untuk kedepannya.

MENGANALISA USAHA
Kisah Sukses
Warung Aji Mumpung dan Fenomena Tukul
Kesuksesan Tukul sebagai host di salah satu stasiun televisi, ada saja yang memanfaatkannya sebagai suatu peluang.
Alex Sukamto, bekas majikan Tukul menyatakan ingin membuka usaha bersama Tukul.
Akhirnya Tukul dan Alex dapat meresmikan usaha rumah makan yang mereka idamkan. Nama restoran itu diberi nama sama persis dengan Tukul, Rumah Makan Tukul Arwana.
Kesuksesan Tukul tidak didapat begitu saja, melainkan melalui berbagi rintangan dan pengalaman-pengalaman pahit, yang sebenarnya semua itu adalah proses menuju keberhasilan.


Dari analisa usahawan diatas dapat kita simpulkan bahwa langkah-langkah mengidentifikasi adalah sebagai berikut :
·        Tentukan tujuan besar yang hendak dicapai
TUJUAN BESAR KAMI MENGIKUTI BAZAR ADALAH SEBAGAI TEMPAT BELAJAR MENJADI PENGUSAHA MUDA YANG SUKSES

·        Buatlah daftar ide usaha
     IDE YANG KAMI PILIH ADALAH MEMBUKA USAHA CLOTHING PAKAIAN PRIA DAN WANITA YANG MENYEDIAKAN BARANG BARANG ALA DISTRO. DAN MERUBAH GAYA DISTRO YANG BIASANYA LEBIH GELAP MENJADI LEBIH CERAH DENGAN DEKORASI YANG MENYAJIKAN SEDIKIT EFEK FEMINIM.

·        Penilaian terhadap kemampuan pribadi
KAMI MENYIMPULKAN BAHWA MAHASISWA/MAHASISWI DIKELAS KAMI KEBANYAKAN MEMBUKA USAHA PAKAIAN, JADI CLOTHING LAH YANG KAMI PILIH. DAN MEMADUKAN JUALAN MAHASISWA/MAHASISWI DALAM SATU BAZAR TERSEBUT.

·        Memilih criteria
KRITERIA YANG KAMI PILIH ADALAH BARANG BARANG DISTRO, SEPERTI JEANS PRIA&WANITA, KAOS PRIA&WANITA, SEPATU PRIA&WANITA, DAN JAKET PRIA&WANITA

·        Membandingkan dan dapatkan saran dari pengusaha, konsultan, atau mentor
DARI PERBANDINGAN YANG KAMI LAKUKAN MENGHASILKAN BAHWA BERJUALAN PAKAIAN DIKAMPUS BUKAN HAL YANG AKAN MENJADI LARIS KARENA PAKAIAN ITU HARGANYA TIDAK SAMA DENGAN HARGA JAJAN BIASA. JADI KAMI MEMBUKA HARGA YANG TERJANGKAU BAGI ANAK KAMPUS.

·        Menetapkan pilihan
SETELAH KAMI MENGANALISA SEMUA ITU KAMI MENYIMPULKAN BAHWA PILIHAN TETAP PRODUK DAGANG DIBAZAR KELAS 303 ADALAH CLOTHING PAKAIAN PRIA DAN WANITA.

Terapkan Motto berikut :
1. Berani… Berani... dan lebih berani…!
2. Lebih baik… lebih baik… dan terbaik…!
3. Lakukan… lakukan... dan lakukan…!

Dengan melakukan analisa yang baik, akhirnya kami menyelesaikan bazar tersebut dengan keuntungan lumayan meskipun bukan menjadi bazar terlaris tapi setidaknya kami telah mencoba dan menjalankan usaha dengan baik. Bersikap tekun, sigap dan ramah adalah kunci cara berjualan kami. Bagi saya pribadi, Kelas kami lah yang paling berkerja sama yang baik dan sangat kompak. dan pasti kelas kami yang menang jika ada juara kekompakan. 

Sekarang kami sudah merasakan berusaha yang memang tidak mudah, banyak sekali rintangan meskipun kami baru usaha bazar saja. dan itu bisa menjadi pelajaran untuk kami semua agar ketika berusaha dengan jumlah besar siap menerima rintangan dan bisa mengatasinya dengan baik.

Tahapan - Tahapan Perencanan dan Operasional Usaha

PROSES DESAIN BANNER DAN BACKGROUND
DEKORASI
BERSIAP-SIAP
MEMPROMOSIKAN
@107-anisa
MEMPROMOSIKAN


TIM 
(setelah bazar selesai di hari terakhir)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar