Maret 13, 2023

Wirausaha Dapat Di Mulai Kapan Saja?

Nama : Raehan Saputra

Kode Pebisnis : AB17-Raehan



Menjadi seorang wirausaha bisa dimulai kapan saja tidak terpaku pada usia, seperti J.K. Rowling yang memulai mahakarya nya yaitu Harry Potter pada usia 57 Tahun meskipun karya nya tersebut ditolak sebanyak 12 kali dia tidak menyerah dan terus mencoba menawarkam karya nya tersebut hingga penerbit Bloomsbury kecil memberi J.K. Rowling kesempatan untuk menerbitkan bukunya, bahkan dengan keuntungan kecil. Bayangkan, 12 kali ditolak oleh penerbit Akhirnya novel Harry Potter meledak ke pasar dunia. Dari peristiwa tersebut dapat kita pelajari bahwa memulai suatu bisnis itu tidak harus terpaku pada usia asal ada kemauan pasti ada jalan.


Apa itu kewirausahaan?

Tindakan memulai, mengembangkan, dan mengelola bisnis dengan tujuan menghasilkan keuntungan dikenal sebagai kewirausahaan, bentuk kewirausahaan bisa seperti perusahaan kecil, perusahaan rintisan dengan pertumbuhan tinggi, atau perusahaan sosial atau organisasi nirlaba hanyalah beberapa contoh dari banyak bentuk berbeda yang dapat diambil oleh kewirausahaan. 

Kewirausahaan, bagaimanapun, memiliki tantangan. Proses memulai dan memperluas bisnis bisa sulit dan memakan waktu, membutuhkan sumber daya yang besar dan kemauan untuk mengambil risiko. Namun, pengusaha harus menghadapi persaingan, dinamika pasar yang berubah, dan hambatan peraturan yang dapat membuat kesuksesan menjadi sulit untuk dicapai.

Kewirausahaan juga mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi peluang bisnis yang potensial, merumuskan ide-ide kreatif dan inovatif, serta mengembangkan strategi yang efektif untuk mengelola risiko dan menghasilkan keuntungan. Kewirausahaan juga mencakup kemampuan untuk membangun jaringan bisnis yang kuat dan memperoleh sumber daya yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis.

Pengusaha sukses biasanya memiliki ciri-ciri seperti inovasi, pengambilan risiko, kreativitas, visi dan tujuan yang jelas, dan kemampuan untuk menjalankan bisnis secara efektif. Kewirausahaan penting karena menciptakan lapangan kerja, memperkaya ekonomi dan menambah nilai bagi masyarakat.

Kewirausahaan dapat membawa manfaat bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan, seperti Menciptakan lapangan kerja, memperkaya pengalaman dan pengetahuan, meningkatkan kesejahteraan ekonomi, serta membantu memecahkan masalah sosial dan lingkungan. Kewirausahaan juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan inovasi teknologi.


1. Karakter seorang wirausaha yang ideal


Salah satu penentu kesuksesan usaha adalah karakteristik wirausaha itu sendiri. Menurut Abdullah dan Mansor (2018), karakteristik wirausaha memainkan peranan penting dalam menjamin kesuksesan usaha UMKM. 

Pendapat menurut para ahli :

a. Islam et.al (2011), karakteristik wirausaha menunjuk pada karakteristik demografi, karakteristik individu, sifat pribadi, orientasi berwirausaha dan kesiapan berwirausaha.

b. Reynolds et al. (2000) usia antara 22 - 44 tahun adalah usia yang paling produktif untuk menjadi wirausahawan. Penelitian yang dilakukan oleh Kristiansen, Furuholt dan Wahid (2003) menemukan bahwa terdapat korelasi antara umur dengan kesuksesan bisnis.Wirausahawan yang berusia diatas 25 tahun terbukti lebih sukses dibandingkan dengan yang berusia lebih muda. 

c. Charney dan Libecap (2000) menyimpulkan bahwa seorang wirausaha yang memiliki keahlian teknis atau kompetensi yang memadai untuk usaha yang dijalankan lebih sukses daripada wirausahawan yang tidak memiliki kompetensi atau keahlian teknis sesuai dengan usaha yang dijalani. Memiliki intuisi yang lebih baik sehingga dapat mengelola usaha dengan lebih efektif. Sifat kepribadian seorang wirausaha juga ikut menentukan keberhasilan usaha. 

d. Lumpkin dan Desk (2001) menyatakan bahwa konsep orientasi kewirausahaan mencakup 5 dimensi, yaitu: kemandirian, kemampuan berinovasi, keberanian mengambil risiko, proaktif dan berani bersaing. Lima dimensi tersebut menunjukkan bagaiamana seorang wirausahawan dalam menghadapi pesaingnya. Kesiapan menjadi wirausahawan juga menjadi penentu keberhasilan usaha. Kesiapan menjadi wirausahawan menunjuk pada keyakinan diri untuk memulai usaha dengan segala kewajiban dan konsekwensinya. 

e. Kriatinsen dan Hindarti (2004) membuktikan adanya korelasi antara kesiapan menjadi wirausaha dengan kesuksesan usaha. Karakteristik usaha menunjuk pada asal usul usaha, lama usaha, skala usaha dan sumber permodalan yang memainkan peranan penting dalam kesuksesan usaha. Asal usul usaha menunjuk apakah usaha dirintis dari nol atau merupakan warisan dari keluarga. Wirausahawan yang merintis usahanya dari nol memiliki pengalaman yang semakin banyak sehingga semakin lama kemampuan wirausahanya terasah. .


2. Ketrampilan yang diperlukan oleh seorang wirausaha

 


Keberhasilan  usaha  biasanya  terkait  dengan kemampuan  pengusaha  untuk  menciptakan  dan mendistribusikan  kekayaan,  tetapi  juga  pada diferensiasinya,  yang  biasanya  terkait  dengan inovasi (Vala,  2017).  Penentu utama keberhasilan usaha  terletak pada  ada atau  tidaknya manajemen strategis  yang berkaitan  dengan pengaturan  tujuan organisasi jangka panjang dan pengembangan yang akan  mempertahankan  UMKM  dalam  memenuhi tujuan  yang  ditetapkan  (Aremu,  &  Olodo,  2015). Jaringan sosial  penciptaan usaha  dan pertumbuhan menentukan  keberhasilan  usaha,  dan  bahwa jaringan  ini  bergantung  pada  kepercayaan  antara pengusaha  (Batsaikhan,  2016),  selain  itu kemudahan  informasi,  sangat  penting  untuk kelangsungan  hidup  dan  pertumbuhan  perusahaan (Hunjra,  2011) Dengan  kata  lain,  keberhasilan usaha  sangat  penting  dalam  kelangsungan  usaha yang  telah  dijalankan  dan  untuk  memajukan pertumbuhan ekonomi suatu negara.


3. Rencana bisnis bagi seorang wirausaha


Salah satu kunci sukses memulai usaha adalah adanya kemampuan menuangkan ide-ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif dan mempunyai nilai ekonomi/komersial tinggi ke dalam sebuah Business Plan atau perencanaan bisnis yang matang dan realistis. Apapun jenis usaha yang akan kita jalankan. Lebih-lebih jika ditindaklanjuti dengan menuangkan ide-ide tersebut dalam tulisan sehingga dapat dikomunikasikan kepada pihak-pihak lain. Perencanaan bisnis (Business Plan) adalah rencana-rencana tentang apa yang dikerjakan dalam suatu bisnis ke depan meliputi alokasi sumberdaya, perhatian pada faktor-faktor kunci dan mengolah permasalahan-permasalahan dan peluang yang ada. Secara garis besar isi suatu perencanaan bisnis dimulai dari Ringkasan, Statemen Misi, Faktor-faktor kunci, Analisis Pasar, Produksi, Manajemen dan Analisis Finansial seperti analisis Break Event dan lain-lainnya.

Kebutuhan akan sebuah perencanaan bisnis menjadi mutlak jika kita akan menjalankan suatu bisnis, karena perencanaan bisnis sendiri ibarat sebuah peta dan kompas untuk menjalankan bisnis. Dengan sebuah perencanaan kita dapat menetapkan tujuan utama bisnis kita, skala prioritas, dan menetapkan cash flow. Sementara dengan perencanaan bisnis yang baik akan menjadikan peluang sukses bisnis kita semakin tinggi.


4. Faktor yang mempengaruhi kesuksesan wirausaha

 


Kemajuan zaman yang meningkat sehingga membuat seseorang harus bersaing, seperti persaingan tingkat kesejahteraan kehidupan yang selalu ingin tinggi dan terpandang. Tetapi pada kenyataannya lapangan pekerjaan yang terbatas sehingga membuat seseorang harus menerima kenyataan yang ada walaupun sudah mempunyai pengetahuan sebelum terjun kedunia wirausaha. Wirausaha harus didorong dengan cara pandang dan pola pikir yang mampu berpikir secara kreatif dan inovatif dalam menghadapinya sehingga mampu dan berani menyelesaikan persoalan tersebut. Salah satu solusinya adalah menjadi wirausaha. Persoalan tentang faktor sukses wirausaha dipengaruhi oleh beberapa aspek mikro-makro atau internal-eksternal.




DAFTAR PUSTAKA


Profil Orang Sukses (2022, 03 24) 

https://m.kumparan.com/profil-orang-sukses/kisah-penulis-harry-potter-ditolak-12-penerbit-kini-raup-rp-14-1-t-1xkHyVjEkOo#:~:text=Di%20balik%20kesuksesan%20film%20ini,meraup%20kekayaan%2014%2C1%20triliun.


INDARTO (2020) Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis 13 (1) 54-69

https://journals.usm.ac.id/index.php/jreb/article/download/2202/1433


Sunan Purwa Aji (2018) KETERAMPILAN WIRAUSAHA UNTUK KEBERHASILAN USAHA,

 page. 111-122  111 https://www.researchgate.net/publication/340704257_KETERAMPILAN_WIRAUSAHA_UNTUK_KEBERHASILAN_USAHA


Supriyanto (2009) Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha Vol 6, No 1

https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/590


Dedi Purwana (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN KEWIRAUSAHAAN PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DI INDONESIA 247-256 

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/download/8596/5923/27327&ved=2ahUKEwj7z9n8tNb9AhWSEbcAHTOWBv4QFnoECAwQAQ&usg=AOvVaw3bp27jBGm3BAEPa-WKJtne


Tidak ada komentar:

Posting Komentar