Kamis, September 14

Langkah-langkah Menemukan Ide Bisnis

Menjalankan bisnis adalah dambaan bagi setiap orang di era globalisasi seperti sekarang ini, namun seringkali seseorang biasanya menemukan kesulitan untuk memulai sebuah usaha atau bisnis yang baru. Lalu bagaiman cara menemukan sebuah ide bisnis?
Tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Semakin jeli kita bisa membaca situasi akan semakin mudah kita mengidentifikasi permasalahan yang terjadi.


Pada artikel ini, kami akan menuangkan ide bisnis kami yaitu bisnis kuliner Flower Choco. Sebuah jajanan yang terbuat dari coklat warna warni yang dicetak dengan cetakan berbentuk bunga bunga kecil dengan gagang berwarna putih. Coklat ini nantinya akan dikemas dengan plastik transparant yang bertujuan agar nantinya para konsumen dapat melihat secara langsung bentuk serta warna dari coklat yang kami pasarkan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai proses produksinya, akan lebih baik jika mengetahui tahap tahap dalam menemukan ide bisnis.

Tahap yang paling awal saat kita ingin menemukan ide bisnis adalah :
1). Dengan mentukan impian
Setiap orang yang baru ingin memulai sebuah bisnis, tentu akan memiliki banyak ide dan mimpi. Inilah yang akan membuat kesulitan dalam menentukan ide bisnis mana yang akan digunakan nantinya. Maka dari itu tentukanlah impian yang benar – benar ingin kita capai. Setelah menentukan, tidak perlu menunggu lama, pastikan dengan suatu pembuktian atau action.
2). Tulis Goals
Setelah menentukan mimpi mana yang akan Anda capai, segeralah buat goals dan target. Sebuah usaha tanpa adanya goals dan target tidak akan berpengaruh apapun terhadap selanjutnya. Sekecil apapun goals yang ingin dicapai, itu haru ditulis dan segera dikerjakan. Dibangun dengan target yang jelas, sebuah goals akan tercapai dengan hasil yang memuaskan.

Seperti yang dikutip dari asritadda.com, berikut terdapat 5 metode untuk bisa menemukan ide bisnis:
1.      LAKUKAN RISET PRODUK DAN BISNIS
Melakukan riset produk adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk memastikan produk atau bisnis yang akan kita luncurkan akan mendapatkan “tempat” di pasar.
Dengan bantuan media internet melalui fasilitas browsing, kini sangat mudah melakukan riset untuk menemukan ide produk atau bisnis yang inovatif.
2.      BELAJAR DARI SUKSES BISNIS LAIN
Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah keunggulan.
Konsep sederhananya adalah ATM (Amati, Tiru, kemudian Modifikasi)
3.      INSPIRASI DARI MASALAH PERSONAL
munculnya ide layanan ojek berbasis aplikasi Go-Jek adalah saat Sang Founder Nadiem Makarim sering mendapati ojek langganannya nongkrong begitu lama hanya untuk menunggu calon penumpang.
Terinspirasi oleh masalah itulah, akhirnya muncul ide kreatif Nadiem untuk membuat aplikasi yang bisa membantu tukang ojek menemukan calon penumpang, atau sebaliknya penumpang yang langsung menemukan tukang ojek melalui bantuan teknologi.
4.      BELAJAR DARI MASALAH ORANG LAIN
Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang dikeluhkan oleh orang lain terkait dengan produk atau bisnis yang sudah berjalan.
Khusus untuk tahap ini, kekuatan data yang berisi masukan dari setiap customer menjadi salah satu syarat, baik melalui testimoni langsung, email, chatting maupun komplain bisa dianalisa dengan tepat.
5.      AMATI TREND YANG SEDANG BERKEMBANG
Metode selanjutnya untuk bisa menemukan sebuah ide bisnis adalah dengan memperhatikan trend yang sedang berkembang. Trend adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang saat ini dan kejadiannya berdasarkan fakta. Baik trend pada lingkungan sosial, politik atau lingkungan dan kemudian menjadikannya inspirasi memulai sebuah bisnis yang inovatif.

Selain dari 5 metode diatas, cara menemukan ide bisnis juga dapat dilakukan dengan cara :
·         Memunculkan Ide Kreatif dengan Out of The Box Thinking
Ide-ide kreatif dan inovatif cenderung keluar dari pola pikir normatif yang lumrah kita jumpai. Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita disarankan untuk berpikir di luar kotak (out of the box thinking). Prinsipnya adalah pikirkan hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain. Jika Anda mampu melakukannya pada setiap tahap dan sumber inspirasi ide bisnis di atas, maka akan mudah menemukan ide bisnis kreatif yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Membaca
Buku adalah gudang gagasan, pemikiran, fakta, opini, informasi, dll. Terlepas dari minat anda untuk membaca, buku merupakan cara untuk menajamkan pemikiran anda dan memperluas sudut pandang anda. Jadi, mulailah untuk melatih diri anda sendiri untuk membaca buku dan temukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak anda sadari.
Dan yang paling akhir dan terpenting adalah dengan tidak cepat menyerah.
Jika kalian bertanya kepada enterpreneur sukses manapun, saran terbaik yang akan mereka sampaikan adalah Jangan pernah menyerah dalam mencapai kesuksesan. Jika satu ide gagal, Jangan pernah memaksa diri untuk berganti mencari ide lainnya tapi cobalah mengkoreksi apa yang salah dan kurang dalam bisnis tersebut.

Daftar pustaka :
Islamiyati, Nelsi. 2014. Menemukan Ide Bisnis dengan Cara yang Sederhana. http://mebiso.com/menemukan-ide-bisnis-dengan-cara-yang-sederhana/ (diakses 14 September 2017)
KM . 2017. 5+ Cara Menemukan Ide Bisnis, Terapkan Idemu dan Jadilah Pebisnis Sukses. https://www.klikmania.net/cara-menemukan-ide-bisnis/ (diakses 14 September 2017)

Tadda, Asri. 2015. 5 Cara menemukan ide Bisnis Kreatif dan Inovatif. http://www.asritadda.com/enterpreneurship/5-cara-menemukan-ide-bisnis-kreatif-dan-inovatif.htm (diakses 14 September 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar