Rabu, Januari 11

Bisnis Plan Usaha Fashion (Arta Collection)






Bisnis Plan Usaha Fashion

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Melihat peluang usaha yang tinggi di Jakarta dan semakin berkembangnya serta  semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha Fasion yang dimana produknya berdasarkan update-update fashion masa kini dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan.
Pakaian adalah kebutuhan primer manusia. Selain untuk melindungi dari terik matahari, bagi anak muda pakaian merupakan suatu cara mereka mengekspresikan dirinya. Karenanya akan banyak anak munda yang rela menghabiskan uangnya demi membeli pakaian/mode yang sesuai dengan keinginannya. Pakaian yang tepat dapat membuat pemakainya lebih percaya diri. Apalagi apabila dilakukan dengan memadu padankan baju, celana, jake, sepatu, jam dsb yang dikenakan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan busana yang dikenakan.
Jakarta merupakan tempat yang sangat bagus untuk pemasaran dan pengembangan bisnis fasion. Hal itu dikarenakan masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern dalam dunia fashion. Dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat kami mencari terobosan agar masyarakat dapat tertarik dengan produk buatan kami dan mencari tahu apa yang diinginkan masyarakat di zaman modern ini dan melalui kreasi dan keuletan kami dalam berkarya di luar bidang akademik yaitu Desain, maka fashion pada masa kini bisa semakin berkembang dengan sangat cepat.
1.2 Tujuan
1.      Memberikan pengenalan akan dunia fashion lewat usaha clothing.
2.      Mengurangi dampak pengangguran.
3.      Mendapatkan laba
4.      Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat.
5.      Memberikan produk yang update mengenai fashion masa kini.
6.      Menjalin persahabatan antara pelanggan.
1.3 Manfaat
1.      Meningkatkan penghasilan dalam usaha
2.      Untuk memberikan informasi mengenai produk terupdate
3.      Memunculkan wirausaha yang terampil dan kreatif dalam memberikan suatu gagasan / mutu / ide-ide usaha yang baik.


BAB II
Target Pasar
2.1 Konsumen
Target pasar yang bisa anda ketahui adalah untuk kalangan, anak sekolah,remaja dan dikalangan mahasiswa. Biasanya para produsen pakaian lebih senang menerima pesanan dalam jumlah banyak untuk satu pakaiannya. Karena Fasion kami harganya pun sangat terjangkau untuk kalangan anak sekolah, remaja dan mahasiswa.
BAB III
Memulai Bisnis
3.1  Skill dan Pengetahuan
Sebelum kami menjalankan usaha yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha.Untuk merencanakan pemasaran,perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen. Dalam menjalankan usaha ini pastinya harus membutuhkan skill dalam hal memilih bahan baku untuk pakaian dengan baik dan benar. Pakaian adalah kebutuhan primer manusia, mengetahui tren-tren terbaru fashion apa saja yang sekarang ini lagi booming dikalangan para remaja. dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan. Dan khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama Jakarta dan sekitarnya pada saat ini sangat besar.
3.2  Kerjasama atau Jaringan
Samapai saat ini kami masih usaha sendiri, belum mencoba untuk bekerja sama atau bergabung dengan yang lainnya. Dan saya memasarkan usaha fashion saya ini dengan membuat iklan di sosial media, dan dari mulut ke mulut saja.
3.3  Tenaga Kerja
Mengenai tenaga kerja, saya dan tante saya masih memulai usaha ini dengan sendiri. karena usaha ini masih kecil-kecilan, mungkin kalau usaha ini sudah makin berkembang dan makin meluas sampai sosial media baru kami membutuhkan tega kerja untuk membantu-bantu usaha fashion kami ini.
3.4  Kualitas
Kualitas Arta Collection ini sudah tidak diragukan lagi, karena kami menjual pakaian yang sangat berkualitas dan produknya pun sangat terjamin. Pakaian-pakaian yang kami jual ini pastinya fashion yang lagi booming pada saat ini di kalangan remaja ataupun anak kuliahan. Dan harganyapun sangat terjangkau untuk para pembeli.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
·         Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
·         Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
·         Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
·         sesuai dengan selera masyarakat

3.5  Trending Topic
Arta Collection ini sendiri belum pernah booming di sosial media ataupun di dunia maya, karena kami memulai usaha bisnis fashion ini baru kecil-kecilan dan belum sampai kepada sosial media. Oleh karena itu Arta Collection ini belum pernah menjadi trending topik di sosial media atau belum pernah booming di media sosial pada saat ini.

BAB IV
Keuntungan Bisnis
Keuntungan dari bisnis Fashion ini adalah saya bisa membeli barang-barang yang saya butuhkan  dengan hasil uang saya sendiri dan saya juga bisa menambah untuk uang jajan saya pastinya berkat usaha Fashion ini bersama tante saya.
BAB V
Kendala Bisnis
Kendala yang di dapat dalam usaha fashion ini yaitu, mungkin karena pada saat ini persaingan antara pengusaha lainnya semakin ketat. Jadi kita perlu membangun strategi yang baru dan unik untuk menarik perhatian para konsumen kita.

BAB VI
Strategi Pemasaran
Kami memasarkan Arta Collection melalui promosi yaitu dengan:
·         Membuat Iklan melalui jejaring social
·         Melalui mulut ke mulut
·         Mengandalkan informasi dari pelanggan ke orang lain
·         Meningkatkan kualitas pelayanan
·         Kami akan mempromosikan produk kami melalui jejaring social, promosi face to face.
Strategi penjualan kami adalah dengan cara :
·         Kualitas produk atau layanan jasa yang diberikan
·         Pelayanan yang baik pada saat proses penjualan
·         Promosi dan promosi

BAB VII
Kunci Sukses
Kunci sukses yang selalu diterapkan yaitu, yang pertama tidak pantang menyerah. Apapun yang terjadi pada usaha kami ini, kami tetap selalu semangat menjalankan usaha bisnis fashion ini. dan selalu berfikiran positif untuk kedepannya, menjadi yang terbaik untuk para konsumennya. Dengan mengembangkan fashion-fashion yang lagi booming sekarang ini dan dengan harga yang terjangkau. Selalu belajar dari pengalaman, selalu berdoa dan selalu berusaha.


BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi
Pakaian yang dijual adalah pakaian yang di beli dari pasar grosir.
No
Jenis Produk yg dijual
Harga
1
Kemeja
RP.95.000,- s/d RP.200.000
2
Kaos
RP. 75.000,- s/d RP.150.000
3
Dress
RP. 100.000,- s/d RP. 250.000
4
Baju Atasan
RP. 85.000,- s/d RP. 150.000
5
Jacket
RP. 150.000,- s/d RP. 300.000

Modal Awal :
Plastik bening                                     : Rp 33.000 ( 100 pcs)
Paper bag                                            : Rp. 200.00 ( @ 2.000 x 100 pcs)
Printer struk kasir                                : RP. 599.000
Struk kasir paper roll                           : Rp. 130.000 (@ 13.000 x 10 pcs)
Aneka Pakaian                                    : Rp. 2.000.000
Display tempat usaha                          : Rp 1.000.000
Sewa Tempat                                      : Rp. 6.000.000/th
Komputer                                            : Rp. 4.000.000
Total                                                    : Rp. 13.962.000

Biaya Penyusutan
Peralatan display dan komputer mengalami penyusutan sebagai berikut :
Display tempat usaha :
1/60 bulan x Rp. 1.000.000                : Rp. 16.600
Komputer :
1/48 bulan x Rp. 4.000.000                : Rp. 83.300
Total                                                    : Rp. 99.900

Biaya Operasional
Biaya sewa / bulan :
Rp. 6.000.000 : 12                              : Rp 500.000
Stok produk pakaian                           : Rp 1.000.000
Biaya Listrik                                       : Rp. 150.000
Total                                                    : Rp. 1.650.000

Omset per Bulan
Penjualan pakaian per bulan dengan harga rata-rata
Pakaian :
@ Rp. 100.000 x 50                            : Rp. 5.000.000
Total                                                    : Rp. 5.000.000

Laba bersih per bulan                         :
Rp. 5.000.000 – Rp. 1.650.000           : Rp 3.350.000

BAB IX
PENUTUP
Kesimpulan

Pakaian adalah kebutuhan primer manusia. Selain untuk melindungi dari terik matahari, bagi anak muda pakaian merupakan suatu cara mereka mengekspresikan dirinya. Dan di Arta Collection ini menjual berbagai Fashion untuk kalangan anak sekolah,remaja sampai anak kuliahan. mengetahui tren-tren terbaru fashion apa saja yang sekarang ini lagi booming dikalangan para remaja. dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan. Dan khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar