Rabu, Januari 11

BISNIS PLAN DESIGN SELF



BISNIS PLAN DESIGN SELF

Pendahuluan
1.1  Latar belakang
Design Self atau disingkat DS adalah usaha yang bergerak dibidang jasa. Yang menjual t-shirt dengan desain unik dan kreatif. Dengan pengaplikasian menggunakan cat, teknik sablon, dan print. Design Self dapat menjadi solusi untuk yang bosan dengan desain t-shirt yang itu-itu saja. Kami membuat desain yang unik dan kretif dengan unsur modren dan simply. Untuk dizaman sekarang yang lebih menyukai style yang simple namun terlihat stylist.

1.1  Tujuan
- Memberikan kemudahan dalam memilih t-shirt dengan desain yang menairik
- Membuat seseorang tampil stylist dengan t-shirt yang kami jual.
- Mempermudah sesorang dalam berkreasi dan berkreatifitas

1.3 Manfaat
Agar masyarakat dapat mengenakan t-shirt yang tidak monoton dengan desain yang itu-itu saja sehingga seseorang lebih percaya diri saat menggunakan t-shirt yang kami tawarkan.

BAB II
Target Pasar
2.1 Konsumen
Target pasar kami terlihat dari produk yang kami jual adalah t-shirt kami memilih semua kalangan masyarakat umum terutama kalangan remaja perempuan yang sering kali memakai t-shirt. Dengan desain yang menarik kami menargetkan remaja perempuan karena kalangan remaja permpuan yang mengetahui perkembangan fahsion saat ini. Jadi, lebih mudah untuk mempasarkannya.

BAB III
Memulai Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini dikarenakan saya tidak terlalu suka dengan desain t-shirt yang biasanya lebih dominan full gambar dan bahan yang tidak nyaman ketika dipakai dan warna yang biasa saja. Jadi saya membuat usaha ini agar saya dapat menikmati t-shirt yang sayainginkan sehingga terciptalah usaha ini. Untuk membuat konsumen tidak kecewa dengan t-shirt kebanyakan yang dijual dipasar jadi saya membuat bisnis ini dengan kualitas yang bagus dan desain yang tidak pasaran.

3.2 Kerjasama atau jaringan
Untuk saat ini saya belum bergabung atau berkerjasama dengan pihak maupun jaringan lainnya. Saya masih memulai usaha ini dan memasarkannya melalui internet saja dan melalui reseller yang ingin bergabung. Dan manawarkan kepada orang terdekat hingga dapat tersebar luaskan usaha yang saya jalankan.

3.3 Tenaga Kerja
Untuk saat ini saya menggunakan jasa tukang sablon untuk yang t-shirt jenis disablon namun untuk yang lain saya malakukannya sendiri atau dibantu dengan keluarga dan teman. Mungkin jika bisnisnya berkembang dengan pesat saya akan membeli alat-alat keperluan bisnis saya dan mengambil tenaga kerja untuk berkerja di bisnis yang saya jalankan.

3.4 Kualitas
Kualitas Design Self adalah bahan kain t-shirt yang digunakan aman dan nyaman dipakai tidak panas jika dipakai. Dan warna desain yang tertera di t-shirt tidak akan hilang walau dicuci.

3.5 Trending Topic
Bisnis yang saya jalankan belum menjadi trending topik masih dalam tahap usaha kecil yang belum diketahui banyak orang sehingga belum terlalu tren di kalangan masyarakat. Namun, saya akan berusaha agar bisnis yang saya jalankan dapat tersebar luaskan.

BAB IV
Keuntungan Bisnis
Keuntungan yang saya peroleh belum terlalu banyak namun dapat menutupi kebutuhankeprluan bisnis seperti t-shirt dan lain-lain. Dan sebagian sisanya dapat disimpan untuk diri saya sendiri.
BAB V
Kendala Bisnis
Kendala yang saya alami adalah banyak usaha clothing seperti saya yang mungkin dengan jenis yang sama karna bisnis yang saya jalankan cukup menjamur dikalangan masyarakat sehingga akan terjadi persaingan yang cukup besar. Dan kendala bisnis saya karena belum banyaknya pihak untuk berkerja sama membuat bisnis saya belum tersebar luas dikalangan masyarakat.
BAB VI
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang saya tawarkan adalah desain yang menarik dan warna yang mengambil unsur masa kini yang sedang digemari kalangan remaja perempuan. Dan packaging yang menarik walaupun via online kamu membuat packaging yang menarik saat membukusnya sehingga konsumen tertarik untuk membeli kembali.

BAB VII
Kunci Sukses
Yang saya terapkan dalam diri saya adalah jangan mudah menyerah ketika gagal, ataupun ketika saat pesenan sepi atau malah tidak ada sama sekali saya mencoba untuk tidak menyerah. Dan berusaha mencari peluang agar bisnis yang dijalankan tetap berjalan hingga besar. Dan tidak lupa membaca artikel orang-orang yang sudah sukses dan mencontohnya ATM (Amati Tiru Modifikasi) dan membuat inovasi baru agar masyrakat dapat menerima bisnis yang saya jalankan.

BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi

No
Kegunaan
Rincian
       
Modal awal
Rp 500.000,-
       
Biaya penyusutan
-
       
Biaya produksi perbulan
Rp 3.000.000,-
Biaya ini tergantung pesanan yang datang
       
Omset perbulan
100 – 500 t-shirt
perbulan
       
Laba bersih perbulan
Rp 4.750.00,-
Jika terjual 50 pcs t-shirt jadi,
50 x 95.000

BAB IX
Penutup
Design Self merupakan bisnis jasa yang menjual t-shirt dengan desain masa kini dan tidak pasaran dan sangat cocok untung kalangan remaja prempuan. Design Self juga membandrol harga yang cukup aman dikantong para konsumen dan Design Self mudah ditemukan di via instagram, blog, dan jika usaha saya berjalan sangat pesat dan pesat akan membuat distro sendiri agar konsumen dapat menemukan produk yang Design Self jual.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar