Maret 13, 2014

Kenali dan Kembangkan Potensi dalam Berwirausaha

147-Kiky Sutanto

Setelah membaca dan mempelajari isi tentang “Konsepsi Dasar Kewirausahaan” pada Bab 1, masih banyak pemahaman yang belum sepenuhnya dimengerti oleh saya, karena setiap orang berhak memberikan penjelasan dan pengertian yang luas dalam berwirausaha.

Isi dari topik ini mengajakan saya betapa penting kita Membangun Usaha Sukses Dari Usia Muda. Karena angka pengangguran semakin lama semakin bertambah, sedangkan lapangan pekerjaan tidak dapat menampung sumber daya manusia yang sedang membutuhkan pekerjaan, oleh karena itu kita diharuskan mempunyai modal untuk masa depan.
Kerja keras adalah salah satu modal kita mencapai kesukesan. Namun jika kita bekerja keras menjadi pegawai atau pun karyawan disalah satu perusahaan tidak akan menjamin kelangsungan masa depan kita, karena sekeras apapun kita bekerja terhadap perusahaan itu hanya menguntungkan perusahaan yang mana bukan milik kita, sedangkan gaji atau upah yang kita terima hanya sesuai kontrak dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu dari isi buku ini saya diajarkan betapa pentingnya kita membangun usaha untuk masa depan yang lebih cerah.
 

Setiap orang mempunyai hak dan peluang dalam berwirausaha, namun dalam banyak kasus mereka kurang mengenali potensi dalam dirinya dan walaupun jika mereka telah mengetahui potensinya, pertanyaannya bagaimana cara mengembangkannya?


Sedikit pengertian tentang wirausahawan menurut para pakar, yaitu wirausahawan adalah orang yang menemukan gagasan baru dan selalu berusaha meggunakan sumber daya yang dimiliki secara optimal untuk mencapai tingkat keuntungan tertinggi.


Namun ciri umum yang dimiliki seorang wirausahawan adalah kreatif dan inovatif, oleh karena itu seorang wirausahawan diwajibkan selalu menginovasi dan kreatif terhadap barang atau jasa yg mereka jual, sehingga dapat menarik minat para pembeli.




Sesuai judul diatas kali ini saya akan menjelaskan sedikit pandangan saya dalam berwirausaha. Pertama kenalilah potensi kita dalam berwirausaha, apakah dibidang kuliner, olahraga, musik, fashion, dll. Setelah itu kembangkan hal tersebut menurut pola pikir kita tanpa mengesampingkan sikap dan ciri dalam berwirausaha. Sikap dan ciri seorang wirausahawan itupun adalah disiplin, komitmen tinggi, jujur, mandiri, realisti, kreatif dan inovatif. Dalam berwirausaha semua kemampuan kita harus maksimal jika ingin menghasilkan sesuatu yang berbeda dan terbaik, namun jika sebelumnya kita mempunyai pengalaman bewirausaha tapi gagal atau pun pengalaman lainnya yang mengharuskan kita terus berusaha disanalah kita harus memberikan inovasi serta kreativitas yang bebeda dari sebelumnya.


Setelah kita mengetahui usaha apa yang akan kita jalankan, masalah klasik yang sering timbul adalah modal (dana) dalam membangun usaha. Lakukanlah dengan secara bertahap, yang mana kita pikirkan dengan modal kecil kita dapat membuat usaha, karena setiap hal tak ada yang instan.


Perbedaan dalam seorang wirausahawan dengan pesaingnya adalah pola pikir dan kemampuan dalam mengembangkan usahanya. Tekadang keadaan disekitar memberikan tekanan untuk setiap wirausahawan untuk berinovasi dan menciptakan hal baru dalam usahanya.

Satu hal yang penting bagi seorang wirausahawan adalah laba atau keuntungan. Karena setiap wirausahawan memunyai strategi dalam mengelolah usahanya. Dalam hukum ekonomi laba dan rugi tak dapat dipisahkan. 


Berapakah persentase laba dan rugi yang dapat ditimbulkan dalam usaha kita? Tentunya setiap wirausahaan akan meminimalisir kerugian yang dapat terjadi, dan memperbanyak keuntungan dalam usahanya.


Kesimpulan saya dalam membaca isi buku dari topik Membangun Usaha Sejak Usia Muda yaitu setiap orang dapat dan mampu dalam berusaha jika didasari keinginan yang kuat serta kerja keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar