Maret 13, 2014

Kiat Berwirausaha Dalam Menuju Sukses di Masa Muda

149-Asri Andarini

Berwirausahaan dalam kehidupan kita saat ini sangatlah penting,karena sebagai suatu pekerjaan yang dapat memberikan sekarang, dari usaha kecil sampai besar. Disini saya akan memberikan kiat – kiat dalam berwirausaha.
.
Sebelum itu kita harus tau apa itu berwirausaha(tambahan uang untuk kebutuhan hidup. Maka dari itu berwirausaha sangat lah penting untuk kita lakukan dari kewirausahaan ), Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari  peluang memuju sukses. Inti kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (creative new different ) melalui berfikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang. ( Suryana,2003 )
Kita disini di tuntut untuk membuat sesuatu yang berbeda dari pada yang lain untuk dapat menghasilkan uang dari usaha tersebut. Berfikir kreatif disini sangat lah penting , untuk bagaimana orang dapat berwirausaha dengan lancer dan sukses, disini kita harus bias melihat pasar, atau kegemaran dari consumer , misalnya sedang maraknya gadget sekarang ini, maka kita harus mengikuti , apa yang consumer butuhkan saat ini, pastinya kita harus mempunyai perencanaan usaha.
Perencanaan usaha adalah suatu cetak biru tertulis yang berisikan tentang misi usaha , usulan usaha, operasional,usaha,kemampuan serta keterampilan pengelolaannya. Perencanaan  awal memiliki dua fungsi penting , yaitu sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan usaha ,dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.
Setelah adanya perencnaan , kita harus berani mengambil resiko, dan mengambil keputusan terhadap wirausaha apa yang akan kita ambil. (Suryana , 2003 )
Sebagai pengambil resiko anda harus mengambil keputusan dalam situasi penuh dengan ketidakpastian , sambil menimbang kemungkinan sukses dan ruginya. Apakah anda memilih alternative yang “mengandung risiko” atau alternative “konservatif”, tergantung pada daya tarik setiap alternative, sejauh mana anda bersedia rugi, kemungkinan relative sukses dan gagal, dan seberapa jauh anda dapat meningkatkan kenmungkinan sukses dan mengurangi kemungkinan gagal.(Geoffrey, 1995 )
 Sebagai wirausaha anda haruslah menjadi seorang perencana dalam arti bahwa dapat membayangkan bagaimana ide – ide kreatif anda dapat digunakan. Namun, anda juga harus memiliki kemampuan mengambil resiko agar mampu melaksanakan ide – ide dan melaksanakannya dengan berhasil .(Geoffrey, 1995 )
Membangun suatu usaha haruslah mempunyai teknik untuk menarik pembeli, Pembahasan tentang strategi perusahaan tidak bisa terlepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru:  menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan, memilih pasar sasaran khusus, menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan, dan pemilihan strategi pemasaran. (Suryana,2006)
Dan tidak lupa pengelolaan keuangan dalam berwirausaha sangatlah penting, ada 3 aspek yang harus diperhatikan dalam pengelolaan keuangan , yaituaspek sumber dana, aspek rencana dan penggunaan dana, aspek pengawasan atau pengendalian keuangan .
Setelah semua sudah terorganisir dengan baik kita harus tau bauran pemasaran yang baik untuk usaha kita. Usaha baru yang berhasil pada umumnya memusatkan perhatian pada pengembangan sikap yang berorientasi pada kepuasan para pemilik kepentingan. Dalam pemasaran, orientasi itu tentunya kepada kepuasan pelanggan dengan prinsip pokok sebagai berikut, :
-          Bila ada pelanggan yang merasa kurang puas, penuhilah secepat mungkin kekurangan tersebut.
-          Doronglah pelanggan untuk mengajukan keluhan bila kurang memuaskan.
-          Buatlah komitmen untuk memberikan pelatyanan terbaik kepada konsumen.
-          Hati – hati dalam memilih dan melatih seseorang yang akan berhubungan dengan pelanggan.
-          Kembangkan pelayanan bagi karyawan, sehingga komunikasi betul – betul mengarah pada pelanggan.
Agar berhasil dalam persaingan global , sangatlah penting bagi usaha untuk memperhatikan kualitas barang dan jasa serta pelayanan. Berdasarkan survey menurut Zimmer (1996 ) ada lima kompunen yang perlu diperhatikan :
1.      Ketepatan
2.      Daya tahan , berapa lama barang dan jasa tersebut dpat dipakai.
3.      Mudah digunakan.
4.      Nama Merek yang tekenal dan dipercaya.
5.      Harga yang relative murah.

Kenyamanan,untuk mengetahui kenyamanan , dilakukan dengan cara meminta informasi kepada pelanggan, misalnya kesenangan apa yang mereka inginkan dan mereka harapkan dari pelayanan yang disajikan, untuk memberikan pelayanan yang menyenangkan harus diperhatikan hal berikut :
1.      Lokasi usaha harus dekat dengan pelanggan
2.      Berikan kemudahan kepada pelanggan
3.      Tentukan jam kerja yang menyenangkan bagi pelanggan.
4.      Tetepkan apakah barang perlu diantar atau tidak
5.      Berikan kemudahan kepada pelanggan agar dapat membeli secara kredit.
6.      Lihatlah karyawan untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat, tepat, dan sopan. (Suryana,2006)
Inovasi merupakan kunci keberhasilan bagi usaha baru. Perubahan pasar sangatlah ceopat dan persaingan inovasi yang terus menerus. Inovasi yang terus menerus merupakan kekuatan bagi wirausaha dalam meraih sukses usahannya. Beberapa bentuk inovasi yang lazim dan terkenal antara lain bentuk produk baru, perbedaan teknik/cara, dan pendekatan baru dalam memperkenalkannya.
            Kecepatan merupakan kekuatan dalam persaingan.dengan kecepatan berarti mengurangi biaya , meningkatkan kualitas, dan memenuhi permintaan pasar.
Dan yang terakhir kita harus melihat kepuasan pelanggan akan barang yang kita jual. Wirausaha mengetahuii bahwa salah satu cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru adalah dengan menyajikan pelayanan yang lebih baik dari pada pesaing yang lain.
Cara meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara :
1.      Dengar dan perhatikan pelangggan
2.      Tetapkan pelayanan yang baik
3.      Tetapkan ukuran dan kinerja standar
4.      Berikan perlindungan hak – hak karyawan
5.      Latih karyawan untuk memberikan pelayanan yang istimewa
6.      Gunakan teknologi yang memberikan pelayanan terbaik ( Suryana,2006 )
7.      Berikan hadian bagi pelayan terbaik.
Berikut merupakan kiat – kiat dalam berwirausaha , semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, dan memotivasi kaum remaja , untuk dapat berwirausaha, dan membuat lapangan kerja sendiri. Dan menjadi seorang yang sukses dalam usahannya. Selamat mencoba, jika ada kekurangan kritik dan saran anda saya tunggu dan akan saya perbaiki.

Daftar pustaka:

Suryana.2006. Kiat dan Proses Menuju Sukses, Bandung : Salemba Empat.
Suryana.2003. Pedoman Praktis dan proses menuju Sukses, Bandung: Salemba Empat.
Meredith Geoffrey G.1995.Teori dan Praktek, Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar