Maret 20, 2014

Yang Muda yang Kreatif

117-Yuliah Latifah


Membangun kepribadian adalah hal yang paling penting dalam membangun suatu usaha karena kepribadian mencerminkan keberhasilan untuk diri kita sendiri. Untuk menjadi pengusaha muda memang tidak mudah banyak rintangan serta tantangan yang dialami tetapi memulai usaha diwaktu muda relatif lebih berhasil dari pada di waktu tua. Pasti kalian sering dengar istilah ini "Yang muda yang kreatif dan bergaya", mungkin istilah ini udah sering sekali kalian dengar dan tidak asing lagi ditelinga Anda.


Mempunyai kreatifitas sangatlah penting dalam bisnis anak muda karena dengan mempunyai kreatifitas yang tinggi itu bisa membantu dalam persaingan di dunia bisnis. Ada beberapa hal yang harus di persiapkan untuk menjadi pengusaha muda yaitu :
1.     Membangun Kepribadian Pengusaha Muda
Menganal diri  sendiri dan Mempersiapkan perubahan mental
2.     Mempersiapkan Keterampilan Pengusaha Muda
Menjaga reputasi, naluri mengenali peluang usaha serta kemampuan persuasi dan negosiasi
3.     Membangun Usaha Saat Muda
4.     Merealisasikan Mimpi Menjadi Kenyataan
Setelah bersemangat menjadi pengusaha muda, maka bagaimana mencapai mimpi tersebut? Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu:
  1. Mengubah impian menjadi visi
  2. Menyusun rencana strategis
  3. Menetapkan rencana jangka pendek
  4. Melaksanakan usaha
Berikut studi : Pemburu Dan petualang Balenatara (DR.H.Rahmat Shah)

Dalam Hal Pendekatan Teori Kepribadian kita dapat melihat bapak Rahmat memiliki karakter dan sifat yang telah dibentuk oleh ayahnya dengan prinsip-prinsip hidup disiplin, kerja keras, jujur dan hemat. Sehingga ketika ia sekolah meskipun ia biasa-biasa saja, Rahmat tidak kehilangan teman, malah ia pandai bergaul sehingga ia mempunyai banyak teman. Hal ini karena prinsip yang dipegangnya dalam pergaulan berupa selalu menepati janji, ramah, sopan, serta tanpa pamrih. Sikap inilah yang membuat rahmat banyak teman dari berbagai kalangan di Indonesia dan negara lain.
Dalam Hal Pendekatan Keterampilan kita dapat lihat sejak kecil ia telah di tempa untuk bekerja di sebuah bengkel mobil milik keluarga sebagai montir yang handal, sampai-sampai ia harus terbiasa bangun pagi dan pulang pada waktu larut malam dengan tangan, badan dan pakaian yang kotor terkena oli, hanya demi mencapai cita-cita dan mimpinya.

Dalam hal pendekatan Pembangunan Kekuatan, pada saat bekerja rahmat merupakan seorang pekerja yang handal, ia mampu melakukan lobi-lobi besar dan menerobos pasar asuransi dan perkebunan. Hal ini dikarenakan pendekatan dan janji bapak Rahmat yang tepat. Sehingga ia dipercaya menjadi kuasa direksi dan akhirnya menjadi mitra usaha.

Dalam Hal Realisasi mimpi-mimpi menjadi kenyataan, bapak Rahmat melakukan atau membuka usaha sendiri dengan membuka perusahaan yang bernama PT Utwin Indonesia yang bergerak dalam bidang keagenan produk dari dalam dan luar negri. Melalui kepemimpinannya yang ulet, gigih dan pantang menyerah Rahmat berhasil membangun perusahaannya menjadi besar.

Menurut saya bapak Rahmat merupakan sosok yang tepat bagi kaum muda untuk mengambil pelajaran hidupnya. Yaitu kerja keras, semangat adalah kata kunci untuk mewujudkan cita-cita dan mimpi yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar