Maret 18, 2014

Nasi Bakar Mercon

Windi Wulan Sari


Berawal dari hobby berkuliner makanan-makanan pedas yang sudah saya cicipi dari pedagang kaki lima hingga memasuki restaurant, saya mulai memikirkan untuk mencoba menggeluti bisinis di bidang makanan juga yang harganya tidak terlalu mahal dan akan menjadi favorit untuk yang suka makan makanan pedas.
Saya ingin membuat usaha kecil-kecilan yang akan diberi nama ‘NASI BAKAR MERCON’.

MODAL
Modal yang akan  pakai untuk bisinis ini awalnya saya pinjam terlebih dahulu ke orang tua saya dan jika modal yang diberikan orang tua masih kurang saya akan mengajak teman atau sanak saudara untuk berinvestasi di bisinis ini atau meminjam uang ke Bank dengan mencari bunga seminim mungkin,serta masih banyak lagi cara untuk mendapatkan modal tersebut.

TARGET PASAR
Awal dari bisinis ini saya akan membuka kios disekitar kampus-kampus yang ada di Jakarta sekitarnya, serta pasar-pasar tradisonal yang berada di daerah Tangerang, alasan saya membuka kios ini disekitar kampus karena belum banyak pedagang nasi bakar yang berjualan di kampus. Sampai sejauh ini saya hanya menemukan nasi bakar di Pinggir jalan dan tempat wisata kebanyakan.



PEMASARAN
Cara pemasaran yang akan saya lakukan nanti dengan membagikan brosur kepada teman-teman, sanak saudara serta pengandara yang lewat, dengan mereka mendapatkanya brosur yang saya bagikan mereka bias mendapatkan disct 50% atau free membawa satu teman untuk menikmati NASI BAKAR MERCON yang sangat lezat ini. Gaya hidup masyarakat yang belakangan ini mulai eksis di dunia maya dengan memanfaatkan berbagai macam akun sosial media yang ada, untuk mempromosikan bisnis kuliner yang saya jalankan. Contohnya saja seperti membuat akun Facebook, Twitter, memanfaatkan Blackberry Messenger (BBM), WhatsApp, Instagram, ataupun Path, untuk menginformasikan keberadaan lokasi bisnis saya dan meng-upload menu-menu kuliner yang saya miliki.
Aneka Rasa NASI BAKAR MERCON :
·         Nasi Bakar Mercon Teri
·         Nasi Bakar Mercon Ayam
·         Nasi Bakar Mercon Gurita
·         Nasi Bakar Mercon Cumi
·         Nasi Bakar Mercon Daging Sapi
·         Nasi Bakar Mercon Ati Ampela
Hal yang membuat saya untuk mengggeluti bisnis ini salah satunya dikarenakan cara membuat Nasi Bakar Mercon ini tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan banyak bahan serta harga bahan pun masih terjangkau dan mudah ditemui di Pasar Tradisional. Makanan ini juga tidak menghasilkan banyak lemak dikarenakan nasi ini dibakar dengan ditutupi  daun pisang.
Harga yang akan saya berikan untuk satu porsi Nasi Bakar Mercon ini tidak terlalumahal dan masih terjangkau oleh pelajar atau mahasiswa setaranya yaitu untuk :
·         Nasi Bakar Mercon Teri ( Rp 12.000/Porsi)
·         Nasi Bakar Mercon Ayam ( Rp 11.000/Porsi)
·         Nasi Bakar Mercon Gurita ( Rp 14.000/Porsi)
·         Nasi Bakar Mercon Cumi ( Rp 13.000/Porsi)
·         Nasi Bakar Mercon Daging Sapi (Rp 14.0000/Porsi)
·         Nasi Bakar Mercon Ati Ampela ( Rp 12.000/Porsi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar