Maret 20, 2014

Pengusaha Muda dengan Kepribadian Matang

129 - Amukti Sadat Jati

Seorang pengusaha sudah seharusnya mempunyai kepribadian yang baik dan kuat, apalagi kalau pengusaha tersebut masih terbilang muda. Pengusaha muda harus mempunyai kekuatan yang lebih karena jiwa muda cendrung lebih memiliki ide-ide yang kreatif dan inovatif untuk memajukan usahanya. Pengusaha muda juga lebih mempunyai motivasi tinggi mengejar mimpi yang ada diangan-angan untuk menjadikan itu semua hal yang nyata bukan hanya sekedar mimpi belaka.


Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi pengusaha muda, bukan hanya kepribadian matang saja tetapi juga keterampilan, kekuatan, mental kuat, dan kemauan merealisasikan mimpi menjadi kenyataan.
1.    Memperkuat kepribadian pengusaha muda
Kepribadian matang memudahkan kita mengenal diri sendiri, memahami perubahan sikap mental, serta menyesuaikan diri dengan lingkungan dan orang lain. Ada beberapa hal untuk membangun dan memperkuat kepribadian:
a.    Mengenal diri sendiri
Untuk menentukan pengusaha dalam menemukan, menentukan, dan menjalani profesi pengusaha.
·      Mengenal karakter pribadi, harus mempunyai motivasi tinggi, suka mencari tantangan, tidak mudah putus asa, dan gampang bergaul.
·      Mengetahui bakat dan kemampuan, akan menghasilkan hal yang berkualitas karena kemampuannya.
b.      Mempersiapkan perubahan sikap mental
Mental kita harus siap menerima apapun perubahan kondisi usaha yang kita jalani agar fikiran kita tidak menjadi terbebani saat perubahan itu terjadi.
·      Siap menghadapi ketidakpastian, dengan merencanakan usaha yang baik, detail, dan realistis.
·      Siap mengatakan “BISA”, pantang mengatakan “tidak bisa” selagi pelanggan bersedia membayar maka memjadi kewajiban untuk memenuhinya.
·      Siap bekerja keras, tekun, dan sabar, Thomas Alfa Edison mengatakan bahwa keberhasilan ditentukan oleh 1% kemampuan otak dan 99% kerja keras.
·      Berani mengambil resiko dan jangan sampai rugi, resiko dalam usaha adalah hal yang biasa, maka kita harus mengambil resiko demi memajukan usaha.
2.    Mempersiapkan keterampilan pengusaha muda
Seorang pengusaha harus mempunyai keterampilan dalam mengelola usaha yang dijalaninya agar usaha tersebut tidak mudah goyah apabila menghadapi suatu masalah.
a.    Menjaga reputasi
b.    Kemampuan membangun jaringan
c.    Naluri mengenali peluang usaha
d.   Kemampuan persuasi dan negosiasi
3.    Membangun dan mengembangkan usaha saat muda
Berwirausaha saat muda sangat baik karena dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia dan dapat membuka lowongan pekerjaan bagi para pengangguran khususnya pengangguran di Ibukota.
a.    Adanya kekuatan positif kaum muda karena daya nalar yang baik.
b.    Adanya peluang cukup besar untuk mengatur sistem dalam usaha.
4.    Mencapai suatu mimpi menjadi sebuah kenyataan
Kenyataan dimana usaha yang kita mulai dari nol sudah berkembang dan maju pesat sehingga kita dapat memetik hasil dari sebuah kerja keras yang kita lakukan sebelumnya.



Sumber / Link :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar