Maret 20, 2014

Yang Muda yang Berusaha

105 - Doni Novarianto

Kita sebagai jiwa muda harus harus membangun rasa berwirausaha, mengapa ?
ini ada 7 alasan mengapa kita harus berwirausaha :
  1. Lowongan kerja makin ketat kompetisinya. Disemua level bahkan, dilevel dektoral pun, mencari kerja tidak semudah yang diinginkan. Minimal pekerjaan yang sesuai dengan harapan?! Misalnya doktor ekonomi, ya kalau mau mengajar di PTS kecil mesti mau banyak yang menerima asal dengan gaji seadanya. Artinya peluang menganggur semakin besar karena bisa dipastikan, gengsi ikut berperan disini.
  2. Bahkan yang sudah mapan karirnya pun, tidak selalu mapan kelangsungannya. Lihat Nokia, Blackberry, Sony, dst ... perusahaan sekelas mereka pun limbung, melakukan pemangkasan besar - besaran jumlah karyawannya. Tidak tanggung - tanggung, pengurangan hingga puluhan ribu (lebih dari 25%). Keamanan pekerjaan semakin rapuh jaman sekarang.
  3. Memunculkan peluang. Dan peluang yang muncul itu banyak sekali! jaman dulu, mana ada ibu - ibu jualan diinternet? Sekarang ini, ibu - ibu nyambi jualan tas, baju, tiket pesawat, bermunculan diinternet. Perubahan komunikasi dengan lahirnya internet telah memunculkan cara baru bisnis. Siapa saja bisa berbisnis.
  4. Peluang yang lahir dari perubahan - perubahan yang terus terjadi misalnya, lagi traffic semakin crowded (macet), memunculkan budaya baru dalam berbelanja : online. Fashion, masyarakat kembali kebudaya asli : batik naik daun. Orang semakin menuntut kecepatan : bisnis tiket pesawat marak. Daya beli masyarakat meningkat : peluang bagi hampir semua usaha. Customer makin branded minded : branded goods! Intinya, bagi seorang wirausaha, semua perubahan memunculkan peluang. Tinggal kita seberapa jeli melihatnya.
  5. Wirausaha menjajikan hasil tak terbatas, dalam arti, hasilnya tergantung seberapa keras dan cerdas usaha kita, dengan ijin Allah. kuncinya cuma pada ketekunan dan kesabaran. Pantang menyerah.
  6. The last but not the least, bahkan paling penting, wiraussaha menjajikan kebebasan, kualitas hidup yang lebih baik, kehidupan tanpa pensiun. Jangan khawatir dengan fasilitas pensiun, sudah banyak lembaga keuangan yang bisa membuatkan program pensiun.
  7. Wirausaha bisa diwariskan, contoh : rumah makan ayam goreng suharti misalnya, Sate Kambing pak Slamet, dll.


"LEBIH BAIK MEMBERI DARI PADA MENERIMA"

referensi :
http://melanisnackpurwokerto.wordpress.com/7-alasan-kenapa-harus-ber-wirausaha/
http://www.beritasatu.com/karier/33081-7-hal-patut-paham-sebelum-mulai-wirausaha.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar