Rabu, April 2

Bisnis Plan Usaha Jam Tangan


308-Saputra Ardi Prabowo

Pada saat ini aksesoris untuk pria maupun wanita sangat beragam jenis dan varian nya ada yang hanya sekedar untuk pelengkap atau untuk mempermanis diri saja dan ada juga aksesoris yang di pakai karena memang bermanfaat bagi si pengguna nya. Melihat dari peluang itu intuk itulah saya membuka usaha atau bisnis penjualan jam tangan.


Jam tangan (Arloji) adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan elektrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957di LancasterPennsylvaniaAmerika Serikat oleh The Hamilton Watch Co of Lancaster. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik (digital) tersebut telah dimulai sejak tahun 1946. Namun pada tahun 1969, Hamilton Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. Setelah itu, munculah beberapa merek jam tangan yang masih ada hingga kini.

Pada saat ini jam tangan selain untuk aksesoris atau sekedar fashion di tangan saja, kini jam tangan juga sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kebanyakan orang karena semakin sibuk nya seseorang dan waktu yang sangat singkat memerlukan seseorang untuk harus tahu waktu setiap saat agar dapat menjalani aktivitas nya sesuai jadwal yang diinginkan, melihat dari peluang ini maka saya memutuskan untuk membuka usaha dalam bidang penjualan jam tangan yang menurut saya cukup menjanjikan dan dalam usaha yang baru saya rintis ini saya memasarkan nya baru melalui mulut ke mulut saja dari teman2 dan dari media blackberry messenger.


Konsumen
Target pasar yang bisa saya bidik untuk penjualan jam tangan ini adalah dari semua kalangan masyarakat terutama anak muda, karena jam tangan pada saat ini sudah menjadi mode atau trend tersendiri di kalangan anak muda dan jam tangan yang saya pasarkan ini harganya relatif murah dan bisa dijangkau oleh setiap lapisan masyarakat.


Memulai Bisnis Jam Tangan
Dalam memulai bisnis jam tangan ini ada beerapa hal penting yang perlu disiapkan antara lain :
1.       Yang terpenting saat ini adalah mengetahui model atau jenis jam tangan seperti apa yang sedang trend dipasaran dengan cara mengetahui nya dari majalah atau internet, sehingga produk yang kita tawarkan selalu update mengikuti trend yang ada dan tidak ketinggalan zaman.
2.       Mengetahui harga pasaran jam tangan yang ada di pasaran, sehingga produk yang kita tawarkan pun harga nya bisa bersaing dengan para kompetitor penjual jam tangan yang lain.
3.       Menjalin kerja sama denga supplier barang tersebut dengan memberikan penawaran harga yang murah tetapi tetap tidak mengesampingkan kualitas barang tersebut sehingga kita bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal dengan modal yang sedikit.
4.       Harus bisa jelih melihat pasar atau target konsumen yang akan dicapai dan cara mempromosikan produk yang akan kita tawarkan pun menjadi salah satu kunci berhasil atau sukses nya usaha yang akan kita jalankan ini.


Kendala Bisnis jam tangan
Kendala dalam menjalankan bisnis ini adalah tempat supplier yang sangat jauh dari rumah saya sehingga memerlukan ongkos dan waktu yang tidak sedikit untuk menempuh nya dan juga penjualan jam tangan dengan merk yang sudah ternama semakin meningkat, sehingga usaha yang saya jalankan sulit bersaing dengan jam tangan yang telah mempunyai merk ternama tersebut yang harga nya pun lumayan mahal dan tentu dengan kualitas yang bagus dan dalam masalah pemasaran pun saya hanya menjual nya melalui kontak blackberry messenger dan dari mulut ke mulut belum mempunyai kios atau toko sendiri.


Strategi Pemasaran
Dalam strategi pemasaran saya berencana bila mempunyai modal lebih akan membuka toko atau kios penjualan dan servis jam tangan sendiri dan ingin membuka cabang di kota-kota besar lain nya untuk bisa mempermudah konsumen dalam memilih dan membeli jam tangan yang mereka sukai dan juga memperluas nya dengan penjualan sitem online karena pada era yang sudah sangat maju seperti sekarang ini perkembangan teknologi pun semakin berkembang yang memungkinkan setiap orang bisa mengakses internet kapan pun dan dimanapun sehingga dengan sistem online saya rasa salah satu cara yang cukup ampuh untuk bisa menawarkan produk yang saya tawarkan.


Kunci Sukses
Kunci sukses dalam menjalankan usaha ini adalah harus jeli dalam melihat pasar atau trend yang ada pada saat ini agar produk yang kita tawarkan tidak ketinggalan zaman dan selalu update karena para konsumen rata-rata menginginkan suat barang atau produk yang baru dan juga kita harus bisa menawarkan harga yang bersaing dengan produsen lain agar produk yang kita tawarkan bisa menarik pelanggan dan kita juga harus bisa memberikan jasa garansi kepada produk yang kita jual tersebut agar membuat konsumen menjadi percaya dan loyal kepada kita.


Analisa Ekonomi
Asumsi per hari terjual 3 produk

Rata-rata produk atau jam tangan yang saya jual ini berkisar diantara harga Rp.40.000-Rp.100.000 tergantung dari jenis, model dan merek dari jam tangan tersebut dan keuntungan yang saya ambil dari setiap 1 jam tangan adalah sebesar @Rp.15.000, jadi bila diasumsikan dalam 1 hari terjual 3 buah jam tangan maka keuntungan yang saya ambil per hari dari penjualan tersebut adalah Rp.15.000 x 3 = Rp.45.000 dalam 1 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar