Kamis, November 6

Obaservasi Bisnis Music Studio


Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia serta hidayah-Nya sehingga kelompok kami dapat menyelesaikan Laporan Observasi studio music. Laporan ini sebagai hasil penelitian di jakarta.
Laporan Observasi yang saya buat ini berjudul “LAPORAN OBSERVASI MUSIK STUDIO. DI STUDIO MUSIK PAYU – JAKARTA”.


Laporan ini dapat diselesaikan dengan adanya kerjasama.
Dalam laporan ini dirasakan masih banyak kekurangan, baik dalam sistematika penyusunan maupun penggunaan kata-kata. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun sebagai cerminan kami dalam penyusunan laporan berikutnya.
Akhirnya kepada Allah kami serahkan semuanya. Semoga laporan ini bisa bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi para pembaca. Amin . .


Penulis
hudan kausar

Seiring berkembangnya dunia hiburan khususnya di jalur musik, membuka persewaan studio musik dapat memberikan prospek usaha yang cukup baik. Memang sih banyak orang yang enggan untuk menjajaki bisnis ini karena butuh modal lumayan besar hanya untuk membeli peralatan musiknya. Namun menurut pandangan saya bisnis ini banyak dicari oleh calon pelanggan, karena banyak orang yang memiliki keterbatasan tempat dan uang untuk menyalurkan hobi mereka untuk bermain musik.

Musik merupakan salah satu bidang industri kreatif yang memberikan kontribusi yang baik bagi perkonomian Indonesia karena menunjukkan perkembangan yang positif dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut mengiringi peningkatan kebutuhan para konsumen musik dalam menunjang setiap kegiatan mereka. Studio musik sebagai salah satu sarana pendukung yang cukup penting bagi setiap konsumen musik pun dituntut untuk dapat memberikan fungsi, pelayanan, dan fasilitas yang lebih memadai. Saat ini, konsumen musik tidak hanya membutuhkan studio untuk sekedar melatih kemampuan musikalitas mereka, melainkan juga melatih kemampuan aksi panggung mereka untuk memuaskan penonton/pengunjung pertunjukan mereka.

Hal ini yang menjadi landasan PAYU musicStudio dalam melakukan pengembangan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana kelayakan rencana pengembangan rental studio music PAYU musicStudio di Jl. Kalisari 3,No 45 Jakarta. Penentuan kelayakan tersebut mengacu pada aspek-aspek kewirausahaan dilihat dari analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan, serta fungsi-fungsi manajemen.

Fungsi-fungsi tersebut yaitu manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode analisis deskriptif kualitatif merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran lingkungan usaha PAYU musicStudio serta dilakukan dengan cara mengkaji kondisi pasar, proses produksi, dan strategi pemasaran yang telah dijalani. Variabel yang digunakan yaitu Perencanaan Bisnis yang diuraikan ke dalam beberapa dimensi yaitu Arah Usaha, Rencana Pemasaran, Rencana Operasi, Rencana Sumber Daya Manusia, dan Rencana Keuangan. Pengumpulan data dan informasi diperoleh melalui observasi dan studi literasi. Observasi dilakukan dengan mengunjungi beberapa rental studio musik yang cukup popular di kalangan konsumen musik Kota Jakarta, terutama studio musik yang berada di kawasan Jakarta Timur. PAYU meningkatkan kualitas peralatan dan perlengkapan produksi, meningkatkan kualitas pelayanan konsumen, meningkatkan promosi, dan memperbaiki seluruh aspek bisnis yang berlaku. Keuntungan ini bagi para konsumen musik yang bergelut di kalangan local indie.

Dalam rencana pengembangan bisnis, aspek pemasaran menunjukkan proyeksi penjualan yang bernilai tinggi; aspek operasi menguraikan kapasitas bisnis ini mampu memenuhi kebutuhan pasar; aspek sumber daya manusia menunjukkan bahwa kebutuhan akan pekerja cukup mudah terpenuhi; serta aspek keuangan menunjukkan nilai-nilai analisis pengembalian investasi yang sangat baik. Beberapa hal tersebut mendukung kelayakan bisnis rental studio musik PAYU musicStudio di masa yang akan datang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis merekomendasikan PAYU musicStudio untuk melakukan inovasi secara berkala, menggencarkan promosi dengan berbagai bentuk media yang menarik, meningkatkan kualitas produksi serta mempertahankannya, dan meningkatkan efisiensi biaya produksi. Promosi yang efektif dapat dilakukan dengan menentukan pembagian wilayah sasaran promosi terlebih dahulu, kemudian memulai promosi secara berkala menurut skala prioritas.

Studio music payu yang kami wawancarai ini berdiri pada tahun 2009 yang terletak di jalan kalisari 3,No 45 pemilik dari studio payu ini bernama bapak gilang yang beralamat pada jl.kalisari 3 kirai indah. studio music ini juga mempunyai karyawan yang telah bekerja selama 4 tahun yang bernama Citra(Mbew),dia bekerja sebagai operator juga menjaga dan merawat studio. Studio music payu juga pernah di sponsor oleh sampoerna mild selama kurang lebih 2 tahun dan pernah mengalami renovasi satu kali.

Pemilik Studio music payu mendirikan studio music dengan peralatan dan fasilitas yang baik pemilik mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 100.000.000 , untuk menunjang aktivitas, studio memakai kapasitas daya listrik 3500 volt.

Studio music payu mempunyai jam operasional yang dimulai pada jam 10.00 – 21.00 dan memiliki standart biaya penyewaan sebesar Rp 30.000/jam,dalam satu hari studio payu disewa 5 - 8 band dengan mayoritas penyewa adalah pelajar dan pemasukan perhari kurang lebih Rp 240.000 sehingga dalam satu bulan studio ini bisa memperoleh pendapatan sekitar 3 - 4juta dengan keuntungan bersih 1 – 2 juta/bulan.

biaya yang harus dikeluarkan untuk studio yang meliputi :
· Stock peralatan band/3 bulan : Rp 4.000.000
· Biaya listrik/bulan : Rp 700.000
· Gaji operator : Rp 800.000

Studio music Payu mempunyasi spesifikasi peralatan band sebagai berikut :
· Drum dengan merk pearl sebanyak satu unit
· Gitar dengan merk fender telecaster sebanyak satu unit
· Gitar dengan merk fender squire sebanyak satu unit
· Bass dengan merk BC rish sebanyak satu unit
· Keyboard dengan merk Yamaha sebanyak satu unit
· Sound dengan merk russel sebanyak satu unit
· Sound dengan merk epiphone sebanyak satu unit
· Sound dengan merk laney sebanyak satu unit
· Efect gitar dengan merk metalzone sebanyak satu unit
· Efect gitar dengan merk zoom505 sebanyak satu unit
· AC dengan merk LG sebanyak satu unit.

Dalam setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan juga masalah serta keluhan seperti yang dialami oleh studio music payu, kelebihan dari studio musik payu dari studio-studio yang lain yaitu :

· tempat yang strategis
· lahan parkir yang luas
· kenyamanan dalam studio
· pelayanan yang baik dari operator

kekurangan dari studio musik payu yaitu :

· efek gitar terkadang error
· jak gitar yang suka terlepas.
Beberapa hal yang perlu dan penting diperhatikan untuk bertahan dalam bisnis rental studio music.


1. Selalu utamakan konsumen adalah Raja.
Perlakukan seistimewa mungkin dan tegur seramah mungkin. Sering memang stick drum patah oleh pada penyewa rentalstudio recording, bukan berarti kita berhak untuk marah-marah. Sering terjadi skin snare bolong karena penjiwaan lagu dengan beat menggebu-gebu kita berhak untuk ngomel-ngomel. Bagaimana pun juga penyewa studio bandmengeluarkan koceknya untuk menyewa musik studio mengasah keterampilan mereka dalam bermain musik. Di sini perlu disusun aturan mainnya, jika ada peralatan yang rusak tidak disengaja maupun disengaja, pemilik alangkah baiknya menempelkan aturan-aturan mainnya di tempat rekaman studio yang mudah dilihat.

2. Pemeliharaan Barang
Penting sekali untuk meremajakan peralatan music studiosecara berkala, minimal maintenance-nya. Skin pada drum jika memang sudah tidak bisa mengeluarkan suara yang diinginkan bisa di ganti atau minimal di”tunning” ulang. Snar-snar pada gitar untuk diremajakan agar tetap dalam konsidi bagus. Perawatan kebersihan pada alat dan instrument recording studio lebih baik jika dilakukan 1 jam sebelum studio rental dibuka.

3. Beriklan
Secara bertahap menyebarkan iklan dan promosi studio musik berupa selebaran-selebaran di sebar langsung di jalan atau di tempel di tempat-tempat yang sering dikunjungi. Sekolah, Kampus, Wartel dan kalau perlu di pinggir-pinggir jalan juga bisa. Dan jangan lupa sebarkan iklan-iklan tersebut sesuai dengan waktunya. Misalkan menjelang liburan atau menjelang malam minggu. Promosi ini hukumnya wajib untuk dilaksanakan minimal sebulan sekali, jangan menganggap kegiatan ini hanya buang-buang uang saja. Sebetulnya tidak, cara ini efektif untuk mencari langganan baru.
Sediakan juga stiker untuk dibagikan kepada para penyewa, trik lama ini sebetulnya sangat efektif, beneran dech ! suwer! apalagi jika sticker yang kita buat sangat menarik.

4. Program dan Diskon
Adakan selalu program diskon-diskon yang menarik. Misalnya; tiga kali menyewa studio minmal 2 jam akan diberikan gratis 1 jam penuh. Atau minimal 3 jam sewa akan diberikan free softdrink. Bisa juga minimal 3 jam sewa akan dapat voucher yang dikumpulkan sampai 10 voucher bisa ditukarkan dengan 1 jam sewa gratis. Apa saja dan bagaimana saja caranya.
Berdasarkan observasi yang dilakukan, kami merekomendasikan PAYU musicStudio untuk melakukan inovasi secara berkala, menggencarkan promosi dengan berbagai bentuk media yang menarik, meningkatkan kualitas produksi serta mempertahankannya, dan meningkatkan efisiensi biaya produksi. Promosi yang efektif dapat dilakukan dengan menentukan pembagian wilayah sasaran promosi terlebih dahulu, kemudian memulai promosi secara berkala menurut skala prioritas agar studio music ini selalu eksistensi dan bertahan.

Terima kasih kepada payu music studio yang telah bersedia memberikan informasi tentang usaha rental studio music .sehingga kita dapat melakukan observasi terhadap payu music studio .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar