November 16, 2015

Jasa Pengiriman Barang JNE

Bagi anda yang pernah berbelanja baik online maupun offline jarak jauh, kebanyakan dari anda pasti sudah sangat akrab dengan yang namanya jasa pengiriman barang. Selain lebih efektif dalam waktu pengiriman, menggunakan jasa pengiriman tentunya juga memberikan keuntungan lebih jika barang atau transaksi yang dilakukan cukup banyak.
Bahkan untuk para penjual besar atau perusahaan, keberadaan jasa pengiriman menjadi salah satu mata rantai industri yang hampir tidak bisa dipisahkan dari usaha yang mereka kelola. Karena bagi perusahaan yang membutuhkan pengiriman barang dengan jumlah yang sangat besar serta tempat pengiriman yang tersebar jauh bahkan hingga pelosok, tentunya sangat tidak mungkin untuk melakukan pengiriman sendiri. Selain itu, ditambah lagi dengan makin trendnya jual beli online saat ini, menjadikan lebih banyak orang yang membutuhkan jasa pengiriman untuk mengantar berbagai macam barang.
Sederet alasan tersebut menjadikan bisnis jasa pengiriman barang bisa sangat potensial saat ini. Mulai dari masyarakat kota hingga yang ada di pelosok pedesaan membutuhkan jasa angkutan barang tersebut. Salah satu  jasa pengiriman barang yang mungkin sudah sangat anda kenal adalah titipan kilat JNE. Dengan cabangnya yang ada diseluruh penjuru tanah air, menjadikan JNE sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman barang terbesar yang ada di Indonesia.
PT. JNE (id.wikipedia.org/wiki/Jne)  atau yang merupakan singkatan dari  PT. Jalur Nugraha Ekakurir adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman barang terbesar dan dengan jaringan terluas di Indonesia saat ini. Perusahaan tersebut didirikan oleh seorang pengusaha bernama Soeprapto Suparno pada tahun 1990. Pada awalnya sebenarnya perusahaan tersebut adalah merupakan bagian salah satu divisi dari perusahaan pengiriman barang  internasional PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) (www.tiki-online.com). Bermula dari beberapa orang personel dan modal usaha sebesar 100 juta rupiah, JNE mulai berkembang menjadi penyedia jasa pengiriman barang internasional pada waktu itu. JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “kurir yang diberkahi/diberkati.”

Pada tahun 1991, JNE mulai melebarkan sayapnya saat bergabung dengan asosiasi yang menaungi perusahaan kurir di Asia ACCA yang berpusat di Hongkong. Setelah itu nama JNE semakin dikenal tidak hanya di luar namun juga di dalam negeri. Dan melihat potensi pengiriman barang dalam negeri yang mulai berkembang pada waktu itu. JNE kembali mengembangkan usaha nya ke dalam negeri.
Sejak mulai masuk dalam pasar lokal, JNE mulai mengalami perbedaan visi dengan perusahaan induknya yang juga dikenal dengan nama TiKi. Dan pada akhirnya perusahaan gabungan tersebut memutuskan untuk memisahkan diri dan memulai usaha masing-masing. Dan bahkan hingga saat ini kedua perusahaan tersebut dikenal menjadi saingan berat satu sama lain di bidang jasa pengiriman.
Pasca berpisah, JNE makin berinvasi. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan gencar memperluas jaringan pengirimannya. Tidak hanya menyentuh kota besar, JNE juga telah masuk hingga ke pelosok daerah. Semua usaha tersebut tidak terlepas dari tawaran kerja sama keagenan yang dibuka oleh JNE. Dan nyatanya program tersebut pelan tapi pasti berkembang dan semakin banyak orang yang tertarik untuk menjalin kerja sama keagenan pengiriman barang JNE. Saat ini keagenan JNE sudah mencapai ratusan dan tersebar di seluruh penjuru nusantara.
Visi :Menjadi Perusahaan Logistik Utama Kelas Dunia
Misi :Memberi Pengalaman Terbaik kepada Pelanggan Secara Konsisten
Artinya : Kita semua baik agen maupun manajemen JNE berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten di setiap tahap. Paling tidak ada 4 tahap pengalaman yang harus dibangun dengan pelanggan :
1.     Tahap ketika pelanggan mulai bertanya melalui telpon, SMS, email atau datang langsung ke counter
2.     Tahap ketika pelanggan mulai akan bertransaksi, mencari counter yang cocok dan melakukan transaksi produk JNE di counter
3.     Tahap ketika proses operasional kiriman dilaksanakan
4.     Tahap ketika pelanggan membutuhkan layanan purna jual seperti status kiriman, komplain dll
Setiap tahap harus dilalui dengan pengalaman yang terbaik kepada pelanggan. Yang menjadi luar biasa bagi counter (Agen dan Perwakilan) adalah, tahap 1, tahap 2, dan tahap 3 dilakukan secara dominan di counter. Untuk itu pentingnya kualitas SDM, performa layanan, kenyamanan, wawasan SDM dan layanan purna jual yang terbaik di counter (Agen dan Perwakilan)
Target pencapaian JNE hingga 2050 :
2012 – re-launching (melaunching kembali) layanan logistik
2015 – tuan rumah perusahaan jasa express di Indonesia.
2020 – perusahaan logistik Indonesia
2025 – tuan rumah perusahaan logistik di Indonesia.
2030 – perusahaan logistik kelas dunia
2040 – perusahaan supply chain Indonesia
2050 – perusahaan supply chain kelas dunia
Jenis Pengiriman:
Diplomat
Bagi kiriman peka waktu yang menuntut pengamanan optimal, JNE menyediakan petugas khusus yang selalu siap mengantarkan sendiri dengan menggunakan moda transportasi tercepat. Layanan yang dikenal dengan sebutan ‘DIPLOMAT’ ini memungkinkan pengawasan ketat dari petugas kami mulai saat penjemputan di lokasi pengirim hingga serah terima di lokasi penerima.
 Layanan Super Speed
Pelanggan yang memiliki kiriman peka waktu dan harus diberangkatkan segera diluar jadwal rutin dan rute tetap JNE dapat memanfaatkan layanan ‘SUPER SPEED’ (SS). Layanan ini menggunakan moda transportasi udara (direct flight) atau darat langsung ke tujuan, sepanjang jadwal penerbangan tersedia. Target waktu penyampaian kiriman dengan layanan SS adalah dalam kurun waktu 24 jam sejak saat penjemputan di tempat pengirim.
 Yakin Esok Sampai
JNE mengantisipasi kebutuhan dengan target pengantaran di tujuan pada keesokan harinya dengan menawarkan layanan premium pengantaran dalam waktu satu hari yang disebut Yakin Esok Sampai atau YES. Dan sebagai bentuk tanggung jawab atas kualitas layanan ini, JNE memberikan jaminan uang kembali (biaya kirim) apabila kiriman tidak terantar pada keesokan harinya.
 Layanan Regular
Memahami gaya hidup masyarakat modern yang dinamis dan pentingnya nilai-nilai efektif dan efisiensi, JNE melalui layanan REGULAR menawarkan layanan pengantaran cepat, aman dan handal sampai ke pelosok Indonesia. Jaringan JNE yang luas dan layanan yang profesional telah terbukti menjadi dukungan yang tepat bagi dunia usaha dalam pendistribusian produk dan meningkatkan daya saing.
 Ongkos Kirim Ekonomis
Khusus kiriman dengan ukuran besar atau berat, JNE menawarkan layanan Ongkos Kirim Ekonomis atau OKE. Layanan dengan harga ekonomis ini memanfaatkan moda transportasi Cargo udara dan angkutan darat, menghubungkan kota-kota besar, ibu kota propinsi sampai ke kabupaten.
Hingga kini nampaknya peluang menjadi agen JNE masih sangat menjanjikan. Terutama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan makin banyaknya orang yang melakukan transaksi jarak jauh menjadikan jasa pengiriman barang semakin dibutuhkan.
Daftar Pustaka:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar