Maret 31, 2016

Berbisnis Ala Orang Cina





Oleh: Dyah Ayu Pitaloka



Seperti yang sudah kita ketahui, etnis cina merupakan suku yang selalu ada dimana-mana. Hampir di setiap daerah kita pasti menemukan orang yang berasal atau memang keturunan etnis ini. Kebanyakan dari mereka memiliki pekerjaan yang hampir sama, yaitu berbisnis atau berdagang. Karena banyak ditemukan kesuksesan pada usaha mereka, maka orang-orang pun banyak yang ingin mengetahui apa sebenarnya rahasia maupun kiat sukses mereka dalam berbisnis. Orang china selalu berfokus dalam mencapai tujuan. Upaya mencapai tujuan tersebut dilakukan secara konsisten melalui peningkatan serta perbaikan secara terus-menerus.
Orang china termasuk pekerja keras, walaupun mereka sudah berhasil mereka tetap bekerja keras. Asas kepercayaan menjadi hal penting yang diterapkan oleh mereka dalam menjalankan bisnisnya. Mereka sudah terbiasa lembur hingga pagi. Jika ada kesempatan, seperti hari menjelang Lebaran, mereka tahu bahwa permintaan akan meningkat, maka mereka akan bekerja keras untuk memenuhi permintaan tersebut karena mereka menyadari bahwa Lebaran hanya satu kali dalam satu tahu. Moto orang Tionghoa dalam kerja keras yang sering saya dengar adalah “Kita harus bisa memindahkan gunung” dan “Kita harus bisa seperti orang lain walaupun kita melakukannya 100 kali lebih keras dari mereka.” Dan juga sebelum mereka melakukan bisnis, biasanya mereka akan terlebih dahulu mencari dan menggali informasi tentang bisnis yang akan mereka jalankan. Atau biasa disebut dengan “berguru” entah itu ke sanak saudara mereka maupun kepada orang yang memang mereka anggap sudah berhasil dan patut untuk dijadikan contoh bagi mereka.
Walaupun orang Tionghoa sangat kompetitif, tetapi mereka selalu sadar bahwa membina relasi adalah salah satu kunci keberhasil usaha mereka. Untuk membina hubungan baik mereka tidak ragu untuk mengeluarkan pengorbanan tertentu, seperti pemberian hadiah, mengundang makan dan melakukan entertain terhadap relasi mereka.
Siapa saja yang bisa membantu melancarkan dan mengembangkan usaha adalah relasi mereka. Dengan pembinaan relasi yang baik, akan terbuka kerja sama yang saling menguntungkan.  Selain itu, teknik atau kemampuan pemasaran yang dilakukan orang cina juga sangat bagus, mereka biasanya menjual produk dagangan mereka dengan harga yang lebih murah dibanding dengan toko-toko lainnya. Hal ini agar bisa menarik perhatian pelanggan yang akan membeli. Sehingga dengan begitu banyak pelanggan yang akan datang ke toko mereka. Semoga saja hal baik yang mereka lakukan dalam berbisnis dapat menjadikan contoh bagi kita yang ingin mulai berbisnis.

Sumber:
Suharyadi, dkk. 2007. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.
 Jakarta: Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar