Maret 12, 2016

Konsepsi Dasar Kewirausahaan


 

     Mmenjadi pengusaha dengan modal kecil pun dapat menyerap banyak tenaga kerja dan mendapatkan keuntungan yang besar pula. MAU JADI PENGUSAHA YANG SUKSES???

      SUKSES MEMBUTUHKAN KERJA KERAS. tidak ada kesuksesan tanpa kerja kerasapapun usahanya, tidak akan berhasil tanpa adanya kerja keras. menjadi pengusaha saat ini tidak hanya membutuhkan skil. tetapi harus bisa tetap berkembang dan memperoleh keuntungan besar dalam persaingan yang terus menerus. 

     kewirausahaan adalah seseorang yang memiliki ciri kreatif dan inovatif didalam dirinya. dan juga mempunyai pemikiran serta seni untuk membangun suatu usaha nya sendiri. wirausahawan akan bereaksi terhadap perubahan ekonomi dan kemudian menjadi pelaku dalam mengubah permintaan menjadi produksi.

     KEUNTUNGAN MENJADI WIRAUSAHAWAN. kewirausahaan adalah suatu permainan yang harus dimainkan secara cerdik dan menerima keuntungan yang besar. jadi, sebagai calon usahawan, kalia harus berhati-hati dalam mengelola usaha. agar usaha tidak sia-sia. keuntungan menjadi usahawan yaitu:
- memounyai kebebasan tujuan yang dikehendaki.
      kebebasan adalah sesuatu yang bernilai sangat tinggi bagi seseorang. wirausahawan memiliki kebebasan untuk mengolah usahanya sendiri.
- mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan potensi diri secara penuh.
      banyak orang berfikiran bahwa menjadi pekerja adalah pekerjaan yang sangat membosankan, tidak menantang. beda dari usawahan, yang selalu merasa senang karna usahanya, dan selalu merasa ada tantangan.
- memperoleh manfaat dan laba yang maksimal.
      menjadi usahawan bisa menentukan sendiri berapa keuntungan untuknya. dan keuntungan itu bisa difikirkan lagi untuk usaha yang baru.
- terbuka kesempatan untuk melakukan perubahan.
      menjadi karyawan tidak bebas untuk melakukan perubahan apapun. setiap perubahan harus atas persetujuan pimpinan atau pemilik. jika kita menjadi pengusaha, maka dengan bebas kita bisa mengubah apapun itu tentang perusahaan kita sendiri, tanpa harus menunggu ijin dari atasan.
- membuka nya lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
      selain menjadi pemimpin. bila kita memiliki suatu usaha, kita juga bisa membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan untuk bekerja diperusahaab kita. atau dikenal dalam pembukaan lapangan pekerjaan.
- terbuka peluang untuk pengakuan dari masyarakat atas usaha mereka.
      jika semakin menarik dan semakin bagus hasil dari usaha kita, maka masyarakatpun percaya akan usaha yang telah kita bentuk.

CIRI DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN. menjadi seorang pengusaha harus memiliki sikap yang sebagai berikut:
1. percaya diri
    menjadi pengusaha harus dengan percaya diri yang tinggi. tidak boleh lemah.
2. berorientasi pada tugas dan hasil
    para pengusaha harus fokus pada usaha dan hasil.
3. berani mengambil resiko.
    menjadi pengusaha tidak harus mencoba sekali langsung berhasil. biasanya harus ada kegagalan dalam usaha. agar kegagalan itu menjadi pengalaman yang baik. dan agar tidak gagal lagi. itulah harus bisa dan berani dalam mengambil resiko agar cepat sukses,
4. kepemimpinan.
    harus berjiwa kepemimpinan.
5. keorisinalan.
    keorisinalan akan sangat berpengaruh dalam dunia bersaing. dan dalam mencapai kesuksesan serta keuntungan.
6. berorientasi pada masa depan.
    selalu mengarah kedepan dan selalu berfikiran maju.

tidak hanya itu, seorang usahawan juga harus disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri, serta realistis.

dan jika ingin sukses menjadi pengusaha diindonesia, harus memiliki kemauan yang kuat dan semangat mandiri. mampu mengambil keputusan yang kuat. tekun, teliti, produktif. dan mengetahui etika berbisnis yang baik.  

mungkin hanya itu dari saya untuk memjadi pengusaha yang sukses. semoga bermanfaat. thanks

oleh : Ayu Wulandary -46115010121
L43-Ayu


referensi : gambar oleh elqorni.wordpress.com
Referensi Buku Kewirausahaan Oleh : Suhardi - Arissetyanto Nugroho
 Purwanto S.K. - Maman Faturohman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar