Maret 11, 2016

Menjadi Wirausaha Cerdas


Banyak orang berfikir menjadi seorang pengusaha adalah hal yang sulit dilakukan semua itu karna untuk memulai sebuah usaha membutuhkan modal yang sangat besar, kecenderrungan ini banyak membuat orang lebih memilih untuk bekerja dalam sebuah perusahaan.

Sama seperti halnya mahasiswa, yang ada dalam  fikirannya ketika mereka telah menyelesaikan masa studi dalam jenjang sarjana mereka hanya berfikir untuk memulai bekerja di sebuah perusahaan jarang sekali mahasiswa mencoba untuk membuka sebuah usaha karna di anggap lebih sulit.

Hal ini menjadikan peluang kerja yang didapatkan lebih kecil serta akan banyak sekali pengangguran karna orientasi mereka hanya berpacu dalam sebuah pekerjaan yang ada dalam perusahaan tanpa bisa dipastikan akan di terima di perusahaan tersebut.

Maka dari itu marilah kita mencoba mengubah pola fikir kita dari keinginan menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan untuk berubah menjadi seorang wirausahawan.

  1. Pengertian Kewirausahaan

Menurut Raymond W. Y Kao (1995) : kewirausahaan adalah sebagai suatu proses menciptakan yang baru (kreasi baru) dan membuat suatu yang berbeda dari yang sudah ada (inovasi), tujuannya adalah tercapainya kesejahteraan individu dan nilai tambah bagi masyarakat. Sedang wirausaha adalah orang yang melaksanakan proses penciptaan kesejahteraan atau kekayaan dan nilai tambah melalui peneloran gagasan, memadukan sumberdaya dan merealisasikan gagasan tersebut menjadi kenyataan.

Kiat awal menjadi pengusaha sukses.

  1. Berfikir secara cerdas untuk memulai sebuah usaha.
  2. Melihat nilai peluang usaha yang akan dijalankan.
  3. Management dalam berwirausaha yang baik.
  4. Memimiliki visi serta misi yang jelas.

Manfaat Wirausaha

  1. Berusaha untuk mendidik masyarakat hidup lebih efisien, ekonomis, dan tidak berfoya-foya.
  2. Dapat membuka lapangan kerja baru sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  3. Menjadi seorang yang lebih mandiri, dan dapat menjadi panutan bagi masyrakat sekitarnya.
  4. Mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Karakteristik dalam menjadi pengusaha.

  1. Berani dalam mencoba hal baru.
  2. Pantang menyerah.
  3. Berfikir matang sebelum memilih usaha yang akan dijalankan.
  4. Memiliki rasa optimis dan selalu berusa.
  5. Memiliki Rasa tanggung jawab.
  6. Selalu mau belajar.



Semua itu menjadi hal-hal yang sangat penting dalam mewujudkan menjadi seorang pengusaha yang sukses karna dengan mengetahui akan manfaat dari wirausaha kita mampu memperhitungkan apa yang akan di dapatkan nantinya. Serta kita harus memiliki sifat-sifat yang selalu dapat menunjang untuk mendapatkan keberhasilan dalam berwirausaha.





Seorang pengusaha juga sangat memerlukan daya kreatifitas yang tinggi karna untuk memajukan sebuah usaha sangat diperlukan kreatifitas dan inovatif agar mendapatkan sebuah ide-ide dalam mengembangkan secara maksimal.








DAFTAR PUSTAKA



  1. Wahid, Mudjiarto Aliaras. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian. Graha Ilmu: Yogyakarta.
  2. Kasmir. 2006. kewirausahaan. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.
  3. Tunggal, Amin Widjaja. 2008. Dasar-dasar Manajemen Kewirausahaan. Harvarindo: Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar