Sabtu, Mei 14

Bagaimana Cara Mengelola Usaha?


Oleh: Denna Lerisha

Dalam memulai usaha baru perlu dibuat perencanaan yang matang, baik yang menyangkut input, proses, output, maupun rencana pemasarannya. Untuk membuat usaha baru, kita harus benar-benar memahami proses bisnis dari A sampai Z tentang usaha yang akan digeluti seperti bidang usaha, lokasi, perizinan, teknologi, pemasaran, dan risiko-risikonya. Sebagai contoh suatu usaha yang memperhatikan hal-hal tersebut di atas, yaitu antara lain :

Pisang Goreng Mr. Banana
Uya Kuya (Artist) meraih keberhasilan usahanya terletak pada perencanaan yang matang tentang penentuan lokasi, keterlibatan masyarakat, berbisnis dengan sepenuh hati, dan menciptakan produk berkualitas.

Usaha Kosmetik Tradisional
Hermin Setiawati (pengusaha Salon Kecantikan) yang mengawali usahanya dengan memanfaatkan ruangan tamu, yang serba terbatas, tetapi dengan kerja keras dan memberikan pelayanan kualitas akhirnya berhasil dan sukses.

Kaidah Perencanaan Usaha

Perencanaan yang detail juga akan membuat kita lebih siap dalam menghadapi resiko. Kerena segala sisi dari usaha telah diperhitungkan dengan baik. Perencanaan yang baik akan mendorong rasa percaya diri yang tinggu dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang kelolanya.
Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan, dan untuk itu berpikir dengan SMART, yang dapat diuraikan sebagai berikut :
1.       Specific, mengandung arti bahwa perencanaan yang dibuat tidak akan bermakna ganda, sehingga pencapaian tujuan akan lebih terarah karena dalam perencanaan tersebut lebih terfokus dan sangat jelas mengenai apa yang diinginkan.
2.       Measurable, perencanaan yang dibuat harus dapat terukur, sehingga kita akan tahu kapan perencanaan tersebut telah tercapai.
3.       Achievable, bahwa perencanaan yang telah dibuat tersebut harus dapat dicapai, jangan terlalu jauh memikirkan hal-hal yang besar, kita harus memecahnya menjadi lebih kecil.
4.       Reasonable, dimana perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan factual dan realistis.
5.       Timely, setiap perencanaan yang telah dibuat dalam pencapaian tujuan usaha, harus dapat dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan.


Daftar Pustaka
Suharyadi, dkk. 2007. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat
Enaliya Sudartama. 2012. Perencanan dan Operasional Usaha.  http://belajarkomunikasilagi.blogspot.co.id/2012/02/perencanan-dan-operasional-usaha.html, 12 Mei 2016
Dasar-dasar Kewirausahaan, Drs. Astim Riyanto, SH, MH, Yapemdo, Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar