Rabu, Mei 25

Motivasi Menjadi Pengusaha Baru


Memulai sebuah usaha memang membuat orang merasa yakin sukses dan bersemangat untuk menjalankan. Hal tersebut memang penting dan bisa menjadi modal penting dalam menjadi wirausaha, percaya diri dan semangat.
Akan tetapi, hal itu terkadang menjadi bumerang bagi diri sendiri dan menjadi pemacu hal-hal yang kontra-produktif bagi usaha yang sedang dirintis, karena kebanyakan wirausahawan sering hanya berpatokan dengan hasil akhir dan terkadang lupa untuk bersabar dan lebih fokus terhadap apa yang dihadapi saat ini.
Disini saya akan memmberikan beberapa motivasi untuk menjadi pengusaha baru :
Mengalahkan mitos
Prestasi didapatkan dari proses belajar dan kerja keras yang didorong oleh motivasi diri yang kuat untuk meraih kesuksesan

Mitos : wirausaha merupakan bakat dan keturunan
Banyak orang menganggap bakat dan keturunan merupakan satu-satunya faktor untuk menjadi wirausaha. Keyataannya banyak pengusaha dapat meraih kesuksesan yang diawali oleh adanya keterpaksaan dan kondisi hidup yang sulit.

 Mitos: pengusaha adalah pelaku bukan pemikir
Pegusaha merupakan pelaku dan pemikir, memikirkan untuk mencapai kesuksesan.

Mitos: pengusaha adalah selalu sebagai investor
Pendapat tersebut benar tetapi akan menjadi salah jika hal tersebut dianggap satu-satunya, sebab seorang investor juga harus memiliki prilaku yang inovatif

Mitos: pengusaha membutuhkan keberuntungan
Keberuntungan terjadi ketika sudah dilakukan persiapan untuk menemukan peluang. Pengusaha disiapkan untuk menangkap peluang.

Mitos: pengusaha harus selalu sukses dan tidak boleh gagal
Pengusaha yang sukses selalu membangun bisnisnya dengan jatuh bangun dan banyak yang mengalami kegagalan, ini hal yang wajar bila pengusaha mengalami kegagalan terlebih dahulu sebelum meraih kesuksesan.

  
Sumber :
Muhammad ajie. 2014 kewirausahaan
Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba   Empat , Jakarta  (Universitas Mercu Buana)  
http://muhammadadjies.blogspot.co.id/2013/04/motivasi-menjadi-pengusaha-sukses-bab-4.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar