Mei 31, 2016

perencanaan usaha

Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organsasi. Perencanaan adalah proses penentuan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dan bagaimana cara terbaik untuk melakukan hal tersebut. Perencanaan merupakan prses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain, pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota satu organisasi.

Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha bau perlu dirumuskan, dan untuk itu, cobalah berfikir dengan SMART (specific, measurable, achiveable, reasonable, trackable), yang dapat diuraikan satu persatu sebagai berikut :

  • specific, megandung arti bahwa perencanaan yang dibuat tidak akan bermkna ganda,sehingga pencapaian tujuan akan lebih terarah karena dalam perencanaan tersebut lebih terfokus dan sangat jelas mengenai apa yang diinginkan.
  • measurable, perencanaan yang dibuat harus dapat terukur, sehingga kita akan tahu kapan perencanaan tersebut telah tercapai.
  • achiavable, bahwa perencanaan yang telah dibuat tersebut harus dapat dicapai, jangan terlalu jauh memikirkan hal-hal yang besar, kita harus memecahnya menjadi lebih kecil.
  • reasonable, dimana perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan faktual dan realistis.
  • trackable, setiap perencaan yang telah dibuat dalam pecapaian tujuan usaha, dapat dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan.
Penentuan lokasi dan fasilitas pendukung (layout)

lokasi sangat menentukan keberhasilan suatuusaha, tanpa pertimbangan dengan baik dalam menentukan lokasi, maka akan berakibat pada sepinya pengunjung atau tidak dapatnya perusahaan melakukan perluasan. Untuk memilih lokasi perlu dipertimbangkan sesuai keperluannya, yaitu antara lain :
  1. lokasi kantor
  2. lokasi oabrik
  3. lokasi gudang
  4. lokasi cabang
Pengorganisasian dan pengelolaan sumber daya manusia

yang menjalankan usaha adalah manusia, smeua factor produksi berupa tanah, mesin, dan bangunan tidak akan berarti tanpa adanya manusia. Organisasi diperlukan untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menggambarkan kerja sama dalam mencapai tujuan yang efisien.

http://daranurulfitri.blogspot.co.id/2013/01/proses-perencanaan-penetapan-tujuan-dan.html

http://monicaiza1.blogspot.co.id/2013/06/bab-7-perencanaan-dan-operasionalisasi.html

http://komvis10ikha.blogspot.co.id/2012/05/bab-7-perencanaan-dan-operasionalisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar