Senin, Mei 23

Strategi Rencana

Perencanaan yang baik akan mendorong rasa percaya diri yang tinggi dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang dikelolanya, usaha yang sudah direncanakan dengan baik pun kadang kala mangalami kegagalan.
    Tetapi dengan perencanaan yang baik, kita dapat menjawab semua pertanyaan yang mungkin timbul dimasa datang, dengan perumusan Specifik (perencanaan tidak bermakna ganda), measurable (perencanaan dapat terukur), achievable (perencanaan dapat tercapai), Reasonable (perencanaan yang memenuhi persyaratan fakual dan realistis), dan trackable (perencanaan yang dapat dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan).

    Hal yang pertama ialah lokasi yang sangat menentukan keberhasilan suatu usaha yang memerlukan kemampuan seni yang tinggi serta tata letak fasilitas dapat menentukan sejumlah efisiensi baik dalam produksi maupun operasi.
    Hal yang kedua ialah manusia, karena semua faktor produksi berupa tanah, mesin, dan bangunan tidak akan berarti tanpa adanya manusia. Tetapi manusia juga perlu kerjasama dengan manusia lain yang membentuk organisasi yaitu untuk mencapai tujuan. Organisasi memiliki struktur yang berbentuk unitary membagi perusahaan berdasarkan fungsi-fungsi usaha, serta berbentuk multidivisional (M-From) membagi kegiatan ke dalam beberapa divisi.
    Adapun pendekatan mutu terhadap proses operasionalisasi wirausaha dengan pentingnya wirausaha baru harus memperhatikan masalah mutu dalam proses produksi, pelayanan, dan manajemen. Total Quality Management yaitu adanya kemauan untuk melakukan perbaikan secara terus menerus. Melibatkan semua karyawan untuk mencapai kualitas yang “excelent” melalui proses manajemen.
    Kepemimpinan wirausaha harus memikul berbagai peranan, tugas, dan tanggung jawab. Tetapi tidak ada yang lebih penting daripada pernanan pemimpin. Karena kepimimpinan adalah proses mempengaruhi dan memberikan semangat kepada orang lain.
Pendirian suatu perusahaan akan sangat tergantung pada pemilihan jenis badan usahanya.


Dafatar pustaka :
Suryahadi,2008. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar