Minggu, Mei 29

Tujuan Seseorang dalam Menentukan Usaha


Tujuan itu sangat penting dalam melakukan suatu hal. Kegiatan yang dilakukan tanpa tujuan akan menjadi sia-sia belaka karena kegiatan tersebut tidak memiliki arah dan titik akhir.
Tujuan juga akan mempertegas mengenai apa saja hal atau kegiatan yang harus kita lakukan dan yang semestinya tidak kita lakukan dalam rangka mencapai tujuan tersebut.
Tujuan Perencanaan Strategi :

  • Mengukur dan memanfaatkan kesempatan /peluang sehingga mampu mencapai keberhasilan.
  • Membantu meringankan beban manajer dalam tugasnya menyususn dan mengimplementasikan manajemen strategi.
  • Agar lebih terlebih terorganisasikan aktivitas-aktivitas yang dilakukan.
  • Sebagai landasan untuk memonitor perubahan – perubahan yang terjadi, sehingga dapat dilakukan penyusaian .
  • Sebagai cermin atau evaluasi perencanaan selanjutnya sehingga bisa menjadi bahan penyempurnaan.
  •  
  • Tidak dapat dipungkiri sebagai pelaku bisnis, tujuan utama dari usaha/bisnis yang  dijalankan  adalah  sebagai  ladang  untuk  mendapatkan  penghasilan.  Setiap usaha  yang  dijalankan  pasti membutuhkan modal  baik  dari  orang  lain,  pinjaman, atau  dari  mereka    sendiri  dan  juga  tujuan  akhirnya  adalah  minimal  untuk  bisa mengembalikan  modal  yang  sudah  dikeluarkan  serta  diharapkan  juga  bisa memberikan penghasilan yang berkesinambungan.
    Untuk  mewujudkan  tujuan  utama  di  atas,  maka  perlu  juga  ditentukan beberapa tujuan pendukung, antara lain:
    • Terwujudnya  JURAGAN  DEGAN  sebagai  brand  produk  kuliner  degan  yang portable dan non konvensional.
    • Mampu menciptakan suatu sistem atau SOP (standar operasional prosedur) yang tersusun rapi.
    • Mampu memperkanalkan produk kuliner degan dengan variasi rasa dan  inovasi yang  merupakan  produk  asli  Indonesia  kepada  masyarakat  luas  melalui perluasan jaringan/cabang.
    • Terwujudnya  keterampilan  berwirausaha  bagi mahasiswa,  sehingga mahasiswa mampu berkontribusi nyata dalam dunia bisnis.
    • Mampu  menyerap  tenaga  kerja  yang  dibutuhkan  sehingga  tercipta  suatu lapangan pekerjaan baru.
    Tujuan kita berbisnis/berdagang bukan semata-mata hanya mencari keuntungan ekonomi (baca : duit) tapi jauh dari itu adalah memberi manfaat atau nilai tambah kepada orang lain,
    seorang produsen tas harus berpikir keras bagaimana caranya agar uang yg dibelanjakan customer kepda dia menjadi sepadan dgn manfaat ketika tas itu dipakai customer, bisa jadi dgn adanya tas tsb si customer menjadi lebih PD, tidak ribet bawa barang2 ketika bepergian atau mungkin jadi lebih menarik/eye catching dan enak dipandang
    kemudian nilai manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh si customer, tapi juga oleh orang karyawan si produsen tsb, bagaimana caranya agar karyawan bisa tetap terpenuhi kebutuhan keluarganya, bagaimana caranya agar karyawan merasa puas atas hasil kerjanya
    dan lebih jauh lagi dari itu, seharusnya nilai manfaat bisa juga dirasakan oleh orang lain yg bahkan tdk berkaitan dengan usaha kita, si produsen harus peduli kpda orang-orang yg kurang beruntung dari segi ekonomi, kesehatan, kekurangan sandang, si produsen hrs peduli kepada lingkungan alam sekitar, dll, kalo bahasa kerennya CSR (corporate social responsibility)

    SUMBER:
    http://daranurulfitri.blogspot.co.id/2013/01/proses-perencanaan-penetapan-tujuan-dan.html

    https://www.facebook.com/GaleriMini99/posts/746740112003343

    https://juragandegan.wordpress.com/tujuan-dan-manfaat-usaha/
     
    http://inspirasikecilku.blogspot.co.id/2012/03/pentingnya-tujuan.html
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar